BERIKUT ADALAH GENERASI JUPITER MX DARI TAHUN KE TAHUN
Generasi 1 Jupiter MX (2005 – 2010 )
Pada tahun 2005 jupiter mx pertama kali
di produksi dan yamaha mengeluarkan varian jupiter mx tidak menggunakan
kopling manual atau masih menggunakan kopling ganda.
dan di tahun yang sama jupiter mx
mengganti striping tidak ada prubahan pada body jupiter mx hanya saja
model baru ini menggunakan velg racing gambar bisa dilihat di bawah ini
Generasi 2 New Jupiter MX ( 2010 – 2014 )
Pada tahun 2010 Jupiter MX untuk pertama
kali mendapatkan facelifted dengan fitur-fitur baru. Bahkan untuk versi
manual clutch diperlengkapi dengan transmisi 5-speed dan telah
menggunakan double disc brake. Bukan hanya fitur-fitur saja yang berubah
tapi juga power mesinnya naik hingga 12,52 PS di putaran 8.500 rpm.
Detail perubahan New Jupiter MX:
- Pada bagian depan yang berubah adalah model kap, lampu utama, dan sein.
- Tudung depan New Jupiter MX (NJMX) lebih tajam dan lebih dekat dengan sepatbor depan.
- Panel instrumen total baru. Versi lama modelnya segi lima dan sekarang berbentuk bulat.
- Semua bagian setang berubah total. Bahkan, sudut lekukan setang sudah lebih ke dalam. Penghubung antara setang dan bodi belakang desainnya juga berubah.
- Tempat kunci kontak NJMX menggunakan model baru telah dilengkapi dengan pengaman.
- Pada body bagian depan NJMX terdapat kisi-kisi untuk memudahkan mesin mendapatkan pasukan udara. Bagian di bawah juga dibuat berbentuk seperti segitiga.
- Pada bagian samping body yang membungkus mesin bagian depan juga berbeda.
- Di bagian bawah body dilengkapi dengan sirip yang fungsinya mengarahkan udara ke mesin dan bagian luar bodi (ke kaki pengendara).
- Roda belakang NJMX telah dilengkapi sepatbor kecil di atas roda, spatbor ini bersambungan dengan penutup rantai.
Ukuran bodi belakang lebih besar dan kekar. - Desain lampu belakang lebih meruncing.
- Ukuran pelek lebih besar dengan profil ban 100/70-17. Tapi model peleknya tetap sama dengan Jupiter MX lawas.
- Model knalpot juga berubahan.
- Selain itu yang baru juga ada pada roda belakang yang sekarang dilengkapi dengan rem cakram. Sebuah trobosan. Mengingat Semua motor keluaran Yamaha di Indonesia rem belakangnya hanya menggunakan rem teromol.
- Tutup samping mesin kanan dan kiri berubah, tapi kapasitas, diameter, dan langkah tetap sama.
- Yang paling hebat lagi transmisi NJMX sudah 5-speed seperti Vixion.
Tersedia dalam 2 tipe automatic clutch dan manual clutch , New JUPITER MX versi Racing Champion merupakan edisi terakhir versi karburator . untuk perkembangan selanjutnya Yamaha jupiter MX akan menggunakan teknologi injeksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar