Written by: MorTech
Tidak bisa di ingkari jupiter Z berhasil mendongkrak pamor yamaha sebagai pemain utama di segmen bebek indonesia dan di pasar sepeda motor nasional. Penjualan jupiter berkontribusi baik dan DNA racing Yamaha tersalurkan melalui karakter kecepatan yang terbangun dari mesinnya hal inilah yang membuat pasar yamaha sangat terkenal.
Metamorfosis jupiter Z dimulai pada tahun 2000. Nama awalnya Jupiter, diambil dari salah satu planet. Tiga tahun kemudian ditambahkan Z menjadi Jupiter Z di tahun 2003. Penambahan ini karena alfabet Z adalah alfabet terakhir yang diartikan sebagai Jupiter Z memiliki teknologi paling terakhir dan terkini.
Berikut adalah Generasi Yamaha Jupiter Dari Masa ke Masa
Generasi 1 Jupiter ( 2000 – 2003 )
Diawali di tahun 2000 Yamaha jupiter
motor di genre kan atau disesain untuk menyalurkan hobi ngebut. Jupiter
mampu bertanding dan mengalahkan motor-motor sekelasnya karena Yamaha
telah menjadi salah satu produsen sepeda motor indonesia yang selalu
memiliki target penjualan yang tinggi. di bawah adalah gambar yamaha
jupiter generasi pertama.
Di tahun 2003, Pertama, motor ini
mengadopsi teknologi pendinginan piston ala Yamaha YZF-R1 yang disebut
piston cooler. Dimana, pendingin piston bekerja dengan cara injeksi yang
menyemprotkan oli ke piston agar suhunya tetap ideal.Kerja injeksi
menggunakan nosel yang segaris dengan kruk as untuk menyemburkan pelumas
ke piston. Semprotan dilakukan pompa oli secara simultan saat piston
melakukan langkah kompresi maupun dekompresi. Agar nosel injeksi
menyemburkan tekanan oli kuat ke piston, pabrikan Yamaha memodifikasi
pompa oli Jupiter Z dengan mengubah roda gear dan lebar pompa lebih
besar. Sistem piston cooler lebih sempurna dibantu terpaan angin membuat
suhu mesin turun hingga 20 persen.Gesekan piston di liner silinder
lebih lancar, suara mesin lebih halus. Hasilnya, berdampak ke bearing
kruk as, connecting rod, dan pin piston yang lebih awet. Risiko piston
macet atau dinding liner silinder tergores dapat diminimalkan.
Jupiter Z terbagi kedalam dua varian yang
berbeda yaitu, tipe spoke wheel (velg jari-jari) dan tipe cast wheel
(velg palang/racing). Yang membedakan keduanya selain penggunaan velg
adalah perpaduan warna dan pengaplikasian lampu rem belakang model LED
(light emitting diode) pada tipe cast wheel.
Generasi 3 Jupiter Z (2006 – 2009 )
Generasi ketiga Yamaha Jupiter Z yang
biasa dikenal dengan Jupiter Burhan (burung hantu), hal ini disebabkan
headlamp depan berbentuk membulat menyerupai mata burung hantu. Motor
ini masih banyak disukai penggemar bebek yamaha karena memiliki tampilan
yang bagus dengan performa mesin yang baik dan handling yang mudah
dikendarai.
Sebagai bukti kualitas yang tidak
terhentikan dan terkini. Dengan kubikasi tetap 110 CC dan tetap
dipertahankan sampai tahun 2009. Jupiter Z Burhan meskipun hanya
bermesin 110cc namun memiliki performance yang dapat diandalkan, mesin
lebih halus, lebih irit dan memiliki power yang panjang di trek lurus.
Generasi 4 Jupiter Z ( 2010 – 2012 )
Yamaha Jupiter muncul dengan mesin 115
yang merupakan desain mesin baru dari Yamaha. Perbedaan generasi Jupiter
Z dengan New Jupiter Z ada pada tiga konsep yang cukup mencolok.
Pertama desain body berbasis R1 & R6, sehingga lebih gagah, kokoh
dan seimbang. Kedua, desain di area speedometer yang futuristik. Dan
ketiga adalah desain mesin yang berubah menjadi 115cc dari 110cc. Tidak
tanggung-tanggung Yamaha mengganti mesin Jupiter Z dengan mesin baru
dengan segala kelebihan yang dimilikinya.
Inilah perubahan perubahan fitur yang ada pada penampilan Jupiter Z anyar ini:
- desain lampu depan baru yang lebih sporty serta tambahan tampilan flasher light yang membuatnya lebih mirip dengan Jupiter MX.
- desain speedoleter baru yang menggunakan LED ilumination berwarna biru, yang sanggup memendarkan cahaya terang saat malam hari.
- bentuk lampu belakang yang meruncing dan futuristik
- cover handle, bagasi yang lebih besar, serta guard key pada kunci starternya. Mirip dengan yang selama ini diterapkan pada motor-motor keluaran Honda.
- Perubahan pada sisi mesin, New Jupiter Z memiliki mesin 115 cc.
- bebek baru Yamaha ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 6.0 kW pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 8.3 Nm di 4.500 rpm. Bila dibandingkan dengan jupiter lama bermesin 110 cc hanya menghasilkan tenaga yang serupa yakni 6.55 kW di 8.000 rpm dengan torsi 9.0 Nm di 5.000 rpm.Namun demikian walau bos YMKI mengatakan New Jupiter Z ini menggunakan rangka motor balap Yamaha, tetapi dari spesifikasi yang tampak, motor ini sama dengan versi lawasnya.
- Rangka baja underbone dengan suspensi telescopic di depan dan lengan ayun di belakang. Ukuran ban juga masih sama 70/90-17 di depan serta 80/90-17 untuk ban belakang.
- Rem Tromol pada roda belakang. Sementara di ban depan dilengkapi cakram.
New Jupiter Z mengadopsi teknologi balap dengan menggunakan frame dari Yamaha R1
Generasi 5 Jupiter Z1 ( 2012 – 2014 )
Sebagai motor pembaharuan tentunya banyak
hal-hal baru dan inovatif yang telah disematkan kedalam motor ini.
Pembaharuan ( fitur-fitur ) yang dimiliki dan ditawarkan didalam motor
yamaha jupiter z1 ini adalah:
- Fuel Injection, motor ini telah menggunakan teknologi injeksi terbaru yamaha yang tidak hanya membuat performa motor ini menjadi tinggi saja, namun juga membuat motor ini irit bahan bakar (BBM)
- Diamond Shaped Speedometer, motor ini memiliki desain spedometer yang keren nan modern
- Forged piston, membuat motor ini berforma tinggi dan membuatnya semakin cepat.
- Sporty – Striped Casting Wheel, memiliki pelg warna yang membuat motor ini kian sporty
- Arrow Shaped Tail Light, bagian belakang motor ini didesain dengan gaya yang lancip ( mirip hiu ) yang membuat motor ini terkesan futuristik dan aerodinamis
- Double Head Lamp, dibekali lampu ganda yang keren dan menghasilkan cahaya yang terang. Lampu ini akan secara otomatis menyala ketika mesin motor ini dihidupkan
- Arodynamic Air – Flow System, desain fairing yang sengaja dimiripkan dengan motoGp, ini bisa membuat aliran pada mesin menjadi sempurna, alhasil mesin tidak akan terlalu panas saat dalam kecepatan yang tinggi
Motor besutan yamaha ini dipersenjatai
dengan mesin berkapasitas 113 cc, 2 Valve,, SOHC, 4 Langkah yang
bersistem pendingin berupa cairan ( radiator ) yang mampu menghasilkan
tenaga maksimal sebesar 7,4 kW / 7.750 rpm dan torsi maksimum mencapai
hingga 9,9 Nm / 6.500 rpm. Dalam sebuah test ride ( uji coba ) motor
yamaha jupiter z1 ini bisa mampu melaju dan menembus kecepatan 115
km/jam. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya ( BBM ) lumayan irit
yakni 46 km/liter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar