Pada sekitar tahun 1999, dimana Honda Supra mulai merubah sistem pengereman di roda depan yang semula tromol menjadi hidrolik dan menambahkan embel-embel huruf X dibelakang Supra menjadi Supra X. pada tahun 2002 PT. AHM meluncurkan dua varian baru Honda Supra, yakni Honda Supra XX (Kopling Manual dan Double Starter) dan Supra V (Kopling Manual dan Kick Starter). Tahun 2003 untuk memantapkan dominasi Honda Supra AHM kembali meluncurkan varian Supra edisi ekonomis berlabel Supra Fit menemani Honda Supra hingga 2006-2007.
Dan AHM mengeluarkan Honda Karisma motor yang memiliki mesin sangat awet ini , dimana di produksi dan rilis sejak keluaran pertama yaitu pada tahun 2003 sampai 2006 dan belum ada produk kharisma terbarunya sampai kurun waktu sekarang ini.
Selanjutnya, pada tahun 2005, AHM memperkenalkan Honda Supra X125 dengan desain dan mesin baru, termasuk varian PGM-FI (Programmed Fuel Injection) yang tercatat sebagai motor berteknologi injeksi pertama di Indonesia. Pada 2007, AHM merilis Honda New Supra X 125 dengan perubahan desain bodi baru yang lebih sporty.
Di penghujung tahun 2011, AHM meluncurkan Honda Supra X125 Helm in yang menawarkan nilai fungsional baru melalui kelapangan bagasi dengan kapasitas total 19,5 liter dan tangki BBM dengan kapasitas terbesar di segmen bebek yaitu 5,6 liter, serta memiliki desain yang modern-elegant dilengkapi dengan mesin yang bertenaga dan efisien.
Berikut Adalah Urutan Generasi Supra X 125
Generasi 1 Supra X 125 ( 2005 – 2007 )
Sejak peluncuran Honda ini yakni pada
tahun 2005, motor ini menjadi pilihan konsumen, yang membuat pihak AHM
memilihnya sebagai petarung yang sampai saat ini masih berjaya dengan
selalu mengikuti perkembangan jaman.
pada tahun 2005 – 2007 Honda mengeluarkan
tiga varian supra x 125 cc yaitu supra x 125D (spook), supra x 125R
(CW) dan supra x 125 ( FI )
Supra X125 dan Supra X125 R ( CW ) Masih Menggunakan Karburator Sedangkan Supra X125 FI Sudah Menggunakan Teknologi Injeksi.
Honda Supra X125 dilengkapi dengan mesin
125cc, 4 tak yang telah terbukti kemampuannya sebagai sepeda motor yang
bertenaga dan tangguh, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Terkait
fitur, model ini juga dilengkapi beberapa fitur unggulan seperti Secure
Key Shutter, Rear Disc Brake dan Combined Analog-Digital Speedometer.
Generasi 2 Supra x 125 Double Disc (2008 – 2011)
Di generasi selanjutnya honda supra x 125
mengeluarkan model baru yaitu supra x 125 double disc perbedaan
supra double disc ini adalah pada lampu depan atau kepala terjadi
perubahan dan bagian body kit samping juga terjadi prubahan sedikit
lebih ramping dan sporty kemudian di bagian pengereman mengusung sistem
dobel cakram atau double disc untuk tipe cw dan PGM – FI.
dan Honda Supra X125 masih dilengkapi
dengan mesin 125cc dan supra double disc ini bertahan hingga tahun 2011
dan hanya melakukan perubahan di model striping saja
Supra X125 dan Supra X125 R ( CW ) Masih Menggunakan Karburator Sedangkan Supra X125 FI Sudah Menggunakan Teknologi Injeksi
Generasi 3 Supra x 125 PGM-FI (2012 – 2013)
Di akhir tahun 2011 honda mengeluarkan
model terbarunya atau bisa di bilang generasi ke 3 PT Astra Honda Motor
(AHM) meluncurkan Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI dengan striping dan
warna baru yang membuatnya terlihat lebih elegan dan berkarakter lebih
kuat dengan icon X yang lebih modern.
Dari sisi mesin, Honda Supra X 125 Helm
in PGM-FI bermesin 4-tak telah terbukti sebagai sepeda motor bertenaga,
performa tinggi, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Teknologi
PGM-FI yang diaplikasikan dalam model ini mampu menyumbang emisi bersih
melalui perpaduan sensor cerdas dan catalytic converter yang mampu
menekan emisi gas buang.
Dari sisi fitur, Honda Supra X 125 Helm
in PGM-FI telah dilengkapi bagasi luas yang serba guna dengan kapasitas
19,5 liter. Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI merupakan pelopor fitur
unggulan ini di segmen bebek. Fitur unggulan lainnya adalah kapasitas
tangki BBM 5,6 liter atau yang terbesar di segmennya dengan kemampuan
menempuh jarak hingga 336 kilometer dan memberi manfaat lebih untuk
konsumen.
Dari sisi desain, striping baru dan
tambahan warna baru membuat tampilan Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI
lebih ramping dan elegan cocok untuk bebek kelas atas.
Model ini memiiliki desain modern yang
elegan dilengkapi dengan lampu utama ganda dengan desain modern, sayap
samping 3D yang fungsional, lampu belakang ganda tampil modern dengan
LED (Light Emitted Diode). Selain itu, motor ini juga memiliki desain
pijakan kaki belakang yang modern terbuat dari bahan aluminium casting,
serta desain knalpot dengan pelindung yang elegan.
Generasi 4 New Honda Supra x 125 FI (2013 – 2014)
Motor ini memiliki desain yang sangat
stylish dan modern. Dimana balutan stripping khas Honda yang tajam
membalut dengan halusnya di body motor bebek 125cc ini. Spesifikasi
Honda Supra x 125 FI 2014 lainnya adalah pada bagian velgnya terpasang
velg yang memiliki ukuran yang lebih ramping pada cakram-cakramnya yang
membuat motor ini tampak lebih sporty. Fitur baru lainnya juga terlihat
pada Stoplamp (Tail Light) yang sudah menggunakan teknologi LED. Hal ini
membuat Spesifikasi Honda Supra Injeksi 2014 ini tampak terlihat lebih
sporty dan modern.Fitur-fitur baru lainnya juga ditanamkan pada
spesifikasi Honda Supra X 125 FI 2014 ini adalah seperti adanya fitur
Socket sebagai tempat untuk pengisian baterai dari perangkat elektronik
anda seperti Handphone.
Dari segi dapur pacunya sendiri
spesifikasi Honda Supra X 125 FI 2014 sudah menerapkan teknologi PGM-FI
atau injeksi yang siap memberikan performa mesin yang lebih maksimal.
Mesin tipe 4 langkah, SOHC PGM-FI yang berkapasitas 124,8 cc dapat
menghantarkan tenaga maksimal 9,63 PS / 7.500 rpm dan torsi maksimal
yang dapat dihasilkan adalah 1,08 kgf.m / 5.500 rpm.
Honda sendiri
menghadirkan seri motor Supra terbaru 2014 ini dalam 2 varian yaitu
Spoke Wheel dan Cast Wheel, Honda Supra telah mendominasi pasar motor
bebek nasional dengan mencatatkan rekor penjualan yang luar biasa. Hal
ini semakin mengukuhkan Honda sebagai Rajanya Motor Bebek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar