Salah satu faktor penyebab mesin SOHC yang sudah berumur menjadi berisik!
Sepeda motor yang sudah mulai berumur biasanya sudah mulai menimbulkan suara suara yang tak nyaman didengar , salah satunya ditimbulkan suara gemelitik , semacam tak tik tak tik tek tek tek di area cylinder head … biasanya pemilik sepeda motor mengeluhkan adanya suara gemelitik ataupun suara kasar mirip besi beradu , nah kali ini akan saya utarakan penyebab kasarnya suara mesin yang diantaranya bersumber dari dalam cylinder head ! , kebetulan contoh praktek saya kali ini adalah saat melakukan pembongkaran pada jenis motor bebek ” Suzuki FD 110 ” atau Shogun 110 ,
^ dari gambar diatas terjadi kerusakan /keausan pada permukaan pin rocker arm sehingga terjadi clearence antara diameter luar pin terhadap diameter dalam (lubang rocker arm) , selain berisik efeknya akan merembet ke gerakan rocker arm yang kurang presisi , akibat yang di timbulkan pangkal rocker arm akan bergesekan kurang beraturan terhadap bubungan noken As / cam shaft !
pangkal permukaan rocker arm yang tergerus memiliki permukaan yang tidak rata , sehingga gesekan rocker arm yang profilnya tidak rata terhadap camshaft mengakibatkan efek bukaan klep yang tidak presisi & timbul noise
rembetan lainnya menuju permukaan profil bubungan / tonjolan cam shaft ……. tidak ratanya / terkikisnya tonjolan cam shaft selain menyebabkan efek berisik , juga akan mengurangi performa mesin …. yaps tentu saja karena hisapan bahan bakar diatur oleh valve yang sumber gerakannya di atur oleh tonjolan camshaft ini ………
#diantara kerusakan kerusakan diatas …. , biasanya penyebabnya diawali dari :
1.faktor usia & pemakaian yang ekstra berat
2.ketidak disiplinan melakukan penggantian oli / volume oli berkurang / atau bahkan kehabisan oli
3.sirkulasi pelumasan di area cylinder head kurang lancar / tidak bekerja secara optimal
kalau sohc yang dengan RRA/ roller rocker arm trus gimana?
( roller rocker arm memang di desain untuk meminimalisasi gesekan , namun jika permukaan roller juga terserang kerusakan permukaan yang aus tidak rata , atau roller nya kocak ya kebisingan tetap bisa terjadi )
itulah sedikit faktor penyebab kebisingan mesin di area cylinder head….. masih banyak penyebab lainnya yang harus dilihat dari kasus & ciri cirinya ……. kebetulan temuan tersebut pada shogun 110 milik teman saya namun tak menutup kemunkinan semua motor / mobil dengan type valve train seperti ini memiliki sumber penyebab yang mirip dengan kasus diatas
Post By : Warung DOHC
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar