"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Salah satu faktor penyebab mesin SOHC yang sudah berumur menjadi berisik!





Sepeda motor yang sudah mulai berumur biasanya sudah mulai menimbulkan suara suara yang tak nyaman didengar , salah satunya ditimbulkan suara gemelitik , semacam tak tik tak tik tek tek tek di area cylinder head … biasanya pemilik sepeda motor mengeluhkan adanya suara gemelitik ataupun suara kasar mirip besi beradu , nah kali ini akan saya utarakan penyebab kasarnya suara mesin yang diantaranya bersumber dari dalam cylinder head ! , kebetulan contoh praktek saya kali ini adalah saat melakukan pembongkaran pada jenis motor bebek ” Suzuki FD 110 ” atau Shogun 110 ,

^ dari gambar diatas terjadi kerusakan /keausan pada permukaan pin rocker arm sehingga terjadi clearence antara diameter luar pin terhadap diameter dalam (lubang rocker arm) , selain berisik efeknya akan merembet ke gerakan rocker arm yang kurang presisi , akibat yang di timbulkan pangkal rocker arm akan bergesekan kurang beraturan terhadap bubungan noken As / cam shaft !




pangkal permukaan rocker arm yang tergerus memiliki permukaan yang tidak rata , sehingga gesekan rocker arm yang profilnya tidak rata terhadap camshaft mengakibatkan efek bukaan klep yang tidak presisi & timbul noise



rembetan lainnya menuju permukaan profil bubungan / tonjolan cam shaft ……. tidak ratanya / terkikisnya tonjolan cam shaft selain menyebabkan efek berisik , juga akan mengurangi performa mesin …. yaps tentu saja karena hisapan bahan bakar diatur oleh valve yang sumber gerakannya di atur oleh tonjolan camshaft ini ………

#diantara kerusakan kerusakan diatas …. , biasanya penyebabnya diawali dari :

1.faktor usia & pemakaian yang ekstra berat

2.ketidak disiplinan melakukan penggantian oli / volume oli berkurang / atau bahkan kehabisan oli

3.sirkulasi pelumasan di area cylinder head kurang lancar / tidak bekerja secara optimal

kalau sohc yang dengan RRA/ roller rocker arm trus gimana?

( roller rocker arm memang di desain untuk meminimalisasi gesekan , namun jika permukaan roller juga terserang kerusakan permukaan yang aus tidak rata , atau roller nya kocak ya kebisingan tetap bisa terjadi )

itulah sedikit faktor penyebab kebisingan mesin di area cylinder head….. masih banyak penyebab lainnya yang harus dilihat dari kasus & ciri cirinya ……. kebetulan temuan tersebut pada shogun 110 milik teman saya namun tak menutup kemunkinan semua motor / mobil dengan type valve train seperti ini memiliki sumber penyebab yang mirip dengan kasus diatas


Post By : Warung DOHC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar