Penulis : Niko
Foto : Silo
Jangan pernah kepikiran kalau ganti kipas magnet di skubek, enggak akan pengaruh ke mesin. Kipas magnet sembarang ganti mesin jebol.
“Kipas magnet dirancang khusus untuk membantu pendinginan mesin. Asal ganti bahaya. Apalagi di mesin skubek balap, power
bisa turun, malah mesin bisa jebol,” ujar Ahin, Direktur Engineering
Tong Yah Electronic Technology Co., Ltd, produsen Koso Taiwan. Koso juga
produsen kipas magnet untuk skubek.
Meski aslinya dari luar Indonesia, enggak tahunya Ahin tahu banget kalau di pasaran, banyak beredar komponen pembuat angin aftermarket
untuk rotor skubek. “Bobot kipas dan siripnya sangat berpengaruh untuk
mendinginkan. Jadi sirip di kipas bukan cuma pemanis,” kata Ahin.
Ahin kasih penjelasan detail soal sirip
kipas. Sirip komponen pembikin angin harus bisa membuat udara secara
cepat. “Saya lihat ada di aftermarket, jarak antar sirip di kipas
lebar-lebar. Desain seperti itu bermasalah. Pasti angin yang dibikin
tidak sebesar bawaan standar,” kata pria yang berambut cepak.
Artinya, kipas magnet sembarang ganti mesin jebol. “Paling aman sebaiknya pilih kipas yang bentuk sirip dan beratnya persis dengan yang standar,” tutup Ahin. (www.motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar