Penulis : Arsen
Foto : Arsen
Kebanyakan pembesut skubek bore up
masih memperlakukan oli mesin tunggangannya layaknya seperti motor
standar. Pelumas mesin baru dicek atau diganti pas jatuh temponya
servis, sekitar 2.000 - 2.500 km. Padahal banyak kasus oli mesin motor
bore up cepat berkurang, bahkan habis sebelum jarak tempuh segitu.
Sebenarnya, Padahal, ada aturan ganti oli matic bore up.
Kalau enggak ikut Padahal aturan ganti oli matic bore up mesinnya jebol, cuy! Seperti dialami Nurul pada Yamaha Mio bore up miliknya. “Sampe ngejim mesinnya,” keluh warga Jakarta ini.
Perlakuan oli mesin, khususnya pada motor yang udah bore up, jangan dianggap enteng deh. Jangan pula disamakan kayak motor standar. Apalagi motor sering dipakai wara-wiri harian. Untuk olinya sendiri juga harus pintar memilihnya. Salah pilih, bisa-bisa juga bikin kacau mesin.
"Untuk mesin bore up 58-an, kalau sering dipakai setiap hari, paling maksimal itu 3 mingguan umur olinya, bro. Di atas itu, wah gak kebayang deh nantinya mesin jadi kayak apa," sharing
Anggi mekanik R-59 Racing di Ciputat, Tangerang Selatan. "Kalau bore
upnya di atas 58 mm, bisa lebih singkat lagi jadwal penggantiannya.
Bisa-bisa cuma 2 mingguan,” imbuhya.
Kualitas oli yang kurang bagus juga bisa
mempengaruhi kinerja oli itu sendiri. Karena mesin bore up itu identik
dengan panas yang lebih hebat di ruang bakar. "Nah itu dia, kualitas oli
juga mempengaruhi banget! Kan mesin bore up suhunya lebih
tinggi dari motor standar. Sehingga, tingkat penguapan oli jadi lebih
tinggi pula. Sebaiknya cari oli yang tingkat penguapannya rendah,” saran
Anggi yang bengkelnya di Jl. Dewi Sartika No.32, Ciputat, Tangerang.
Soale, lanjutnya, pernah ada
skubek bore up ngejim yang minta bantuan bengkelnya untuk diperbaiki.
“Pas dibongkar, olinya udah jadi kaya gemuk!" tutur Anggi. Ihh.. jangan sampe keleess terjadi di motor kite.. Yuk, sebaiknya bikin jadwal penggantian oli mulai sekarang, bor! (www.motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar