Jika saringan oli tersebut sudah mengalami
penyumbatan, maka akan berakibat berkurangnya debit oli yang dialirkan.
Jadi, pelumasan pasti tidak akan maksimal.Akibatnya noken as dan pelatuk
klep serta komponen di cylinder jadi cepat aus,bahkan timbul nglitik
jika pelumasan sudah tidak maksimal.
Untuk itu pemeriksaan dan perawatan pada komponen ini, tidak boleh diabaikan.Pada motor 4-Tak yang menggunakan sistem pelumasan tipe basah atau wet sum type pelumas didistribusikan oleh sebuah pompa oli ke komponen-komponen yang bergerak.
Sebelum oli dipompakan ke komponen mesin seperti noken as dan juga
poros engkol, oli tersebut disaring terlebih dahulu. Sehingga kotoran
tidak ikut terbawa. Nah, kondisi saringan juga menentukan kualitas oli
yang dialirkan. Jika saringan sudah penuh dengan kotoran, maka oli yang
dialirkan pun tidak akan bisa maksimal.Untuk itu pemeriksaan dan perawatan pada komponen ini, tidak boleh diabaikan.Pada motor 4-Tak yang menggunakan sistem pelumasan tipe basah atau wet sum type pelumas didistribusikan oleh sebuah pompa oli ke komponen-komponen yang bergerak.
Bahayanya, friksi yang terjadi antar komponen menjadi lebih tinggi. Selain suhu mesin menjadi lebih panas, efek terparahnya bisa bikin mesin jebol.Perlu kita ketahui juga, pada sepeda motor dengan pelumasan tipe basah terdapat dua buah saringan. Saringan kasa dan saringan oli kertas. Dua saringan ini membutuhkan perlakukan yang berbeda saat kita lakukan pembersihan,
Untuk saringan oli model kasa, biasanya terletak di
bawah mesin. Untuk di motor tipe bebek, kudu membuka bak kopling alias
bak oli lebih dulu. Setelah terbuka, bersihkan dengan cara menyemprot
saringan itu dengan udara bertekanan atau angin kompresor.
Dan untuk filter oli yang kedua, karena terbuat dari bahan kertas jadi sangat mudah untuk menangkap kotoran.
Mantapnya, tak hanya bagian dalam saja yang bisa menangkap kotoran. Tetapi kertas bagian luar juga bisa menahan kotoran semacam geram, hasil gesekan antar komponen besi agar tak terbawa lagi.
Filter oli kertas jangan dibiarkan kotor. Sebab, jika tersumbat kotoran, maka pelumasan jadi tidak lancar! Untuk filter oli jenis kertas ini rata2 dianjurkan dilakukan penggantian maksimal setiap 9ribu km.
Dan untuk filter oli yang kedua, karena terbuat dari bahan kertas jadi sangat mudah untuk menangkap kotoran.
Mantapnya, tak hanya bagian dalam saja yang bisa menangkap kotoran. Tetapi kertas bagian luar juga bisa menahan kotoran semacam geram, hasil gesekan antar komponen besi agar tak terbawa lagi.
Filter oli kertas jangan dibiarkan kotor. Sebab, jika tersumbat kotoran, maka pelumasan jadi tidak lancar! Untuk filter oli jenis kertas ini rata2 dianjurkan dilakukan penggantian maksimal setiap 9ribu km.
Untuk filter oli scorpio cukup dibersihkan
saja,caranya dicelupkan ke dalam bensin lalu di semprot pakai angin
kompresor,ingat ! saat menyemprot anginnya jangan terlalu kencang agar
filter oli tidak rusak karena terbuat dari bahan campuran seng dan kertas.Tapi
jika kondisi filter oli sudak rusak wajib diganti juga,biasanya umur
filter oli scorpio ini lebih panjang bisa sampai 5 tahunan.Harganya
filter oli scorpio ini 82ribu,jika kantong lagi kering bisa di subtitusi
pakai filter oli jupiter mx yang terbuat dari kertas harganya 24ribu
tapi selalu di cek kondisi dan lakukan penggantian filter olinya setiap
9ribu km.
post by : Aripitstop
Tidak ada komentar:
Posting Komentar