Penulis : Athaya
Foto : Indra GT, Athaya
Kehadiran New Honda
MegaPro FI menggantikan New MegaPro (NMP) karburator diyakini pihak PT
Astra Honda Motor (AHM) bakal mendongkrak market share Honda di segmen
motor sport. Pasalnya, NMP FI kini dipersenjatai dapur pacu berteknologi
PGM-FI yang diklaim bertenaga, irit bahan bakar dan ramah lingkungan.
Belum lagi beragam fitur menarik yang
cukup memanjakan pengendaranya. Seperti sistem peredam getaran di
setang, berupa karet yang dipasang pada sambungan antara riser dengan
klem segitiga. “Pemakaian dumper ini membuat setang kalau ditekan akan
terasa agak fleksibel. Fungsinya mencegah getaran mesin menjalar ke
setang. Sehingga pengendara selalu nyaman,” terang Endro Sutarno,
Instruktur Astra Honda Training Center (AHTC).
Lalu pada panel saklar di kanan setang,
dilengkapi passing lamp buat nge-beam. Trus, sistem pengereman sudah
disc brake depan-belakang, suspensi belakang monosok yang bisa disetel
kekerasannya (soft dan hard).
Selain itu, ada beberapa bagian yang
diperbarui pada NMP FI bila dibanding versi seblumnya (karbu). Antara
lain desain shroud yang dibuat lebih kecil, namun berkesan gagah dan
agresif. Harmonis dengan rancangan side cover baru bernuansa karbon
kombinasi silver.
Trus, kalau ente perhatikan, footstep
belakang tak lagi terpisah kayak di NMP karbu. Melainkan dibuat menyatu
pada rangka belakang. Jadi, tampak lebih sporti. Rangkanya sendiri ambil
basis dari Honda Verza, seperti sudah disebutkan di edisi minggu lalu.
Juga ada penambahan rear inner fender (hugger) untuk meminimalkan
cipratan kotoran ke monosok.
Bagaimana dengan dapur pacunya? “Basisnya
masih sama dengan NMP karbu. Hanya beda di cylinder headnya saja. Yang
sekarang, ada dudukan sensor injeksinya kayak di Verza. Diluar komponen
PGM-FI, komponen lainnya sama persis alias common part,” lanjut Edhi.
Sementara sistem PGM-FI sendiri kata Edhi
bisa dibilang sama dengan Verza. Sensor-sensornya terdiri dari engine
oil temperature (EOT), throttle position (TP) sensor, pulse generator
(CKP) sensor, O2 sensor, bank angel sensor. Tekanan fuel pumpnya juga
podo (sama, red), yakni 294kPa.
Tapi, meski sama dengan Verza, menurut
Eijiro Asakawa, Chief Engineer Honda R&D Southeast Asia Co.,Ltd,
mesin NMP FI dirancang sudah penuhi standar emisi Euro 3. Malah dari
hasil test pakai metode metode ECE-R40, tingkat emisi gas buang masih
lebih ramah ketimbang standar regulasi Euro 3. “Sekalipun nenggak
Premium,” yakinnya. Tingkat kebisingannya juga jauh lebih rendah.
Hal itu bisa dicapai selain pada settingan
PGM-FI nya, juga berkat rancang knalpot baru. Ruang silencer dibuat 3
sekat yang dilengkapi catalytic coverter ditambah peredam serabut logam
yang berfungsi meredam panas dan membentuk suara. (www.motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar