"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Bedah Teknologi New Honda Mega Pro F1

 



Penulis : Athaya

Foto : Indra GT, Athaya













Dapur pacu berteknologi PGM-FI, mampu memuntahkan 12 hp di 8.500 rpm
Kehadiran New Honda MegaPro FI menggantikan New MegaPro (NMP) karburator diyakini pihak PT Astra Honda Motor (AHM) bakal mendongkrak market share Honda di segmen motor sport. Pasalnya, NMP FI kini dipersenjatai dapur pacu berteknologi PGM-FI yang diklaim bertenaga, irit bahan bakar dan ramah lingkungan.
Belum lagi beragam fitur menarik yang cukup memanjakan pengendaranya. Seperti sistem peredam getaran di setang, berupa karet yang dipasang pada sambungan antara riser dengan klem segitiga. “Pemakaian dumper ini membuat setang kalau ditekan akan terasa agak fleksibel. Fungsinya mencegah getaran mesin menjalar ke setang. Sehingga pengendara selalu nyaman,” terang Endro Sutarno, Instruktur Astra Honda Training Center (AHTC).
Lalu pada panel saklar di kanan setang, dilengkapi passing lamp buat nge-beam. Trus, sistem pengereman sudah disc brake depan-belakang, suspensi belakang monosok yang bisa disetel kekerasannya (soft dan hard).












Durasi kem in 225º, ex 220º
Selain itu, ada beberapa bagian yang diperbarui pada NMP FI bila dibanding versi seblumnya (karbu). Antara lain desain shroud yang dibuat lebih kecil, namun berkesan gagah dan agresif. Harmonis dengan rancangan side cover baru bernuansa karbon kombinasi silver.
Trus, kalau ente perhatikan, footstep belakang tak lagi terpisah kayak di NMP karbu. Melainkan dibuat menyatu pada rangka belakang. Jadi, tampak lebih sporti. Rangkanya sendiri ambil basis dari Honda Verza, seperti sudah disebutkan di edisi minggu lalu. Juga ada penambahan rear inner fender (hugger) untuk meminimalkan cipratan kotoran ke monosok.












Bank Angle Sensor diukur kemiringannya. Memutus arus di 60°(± 5°)
Bagaimana dengan dapur pacunya? “Basisnya masih sama dengan NMP karbu. Hanya beda di cylinder headnya saja. Yang sekarang, ada dudukan sensor injeksinya kayak di Verza. Diluar komponen PGM-FI, komponen lainnya sama persis alias common part,” lanjut Edhi.
Sementara sistem PGM-FI sendiri kata Edhi bisa dibilang sama dengan Verza. Sensor-sensornya terdiri dari engine oil temperature (EOT), throttle position (TP) sensor, pulse generator (CKP) sensor, O2 sensor, bank angel sensor. Tekanan fuel pumpnya juga podo (sama, red), yakni 294kPa.












Knalpot dengan 3 room, dilengkapi katalis dan peredam serabut logam
Tapi, meski sama dengan Verza, menurut Eijiro Asakawa, Chief Engineer Honda R&D Southeast Asia Co.,Ltd, mesin NMP FI dirancang sudah penuhi standar emisi Euro 3. Malah dari hasil test pakai metode metode ECE-R40, tingkat emisi gas buang masih lebih ramah ketimbang standar regulasi Euro 3. “Sekalipun nenggak Premium,” yakinnya. Tingkat kebisingannya juga jauh lebih rendah.
Hal itu bisa dicapai selain pada settingan PGM-FI nya, juga berkat rancang knalpot baru. Ruang silencer dibuat 3 sekat yang dilengkapi catalytic coverter ditambah peredam serabut logam yang berfungsi meredam panas dan membentuk suara. (www.motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar