Dikutip Dr IWB
1. Yamaha menggunakan filosofi
“fastest-lightest-advance” dalam meracik R25. Bisa diartikan sebagai
terkencang…paling ringan serta canggih….
2. Filosofi kedua dan dijadikan acuan
insinyur Yamaha pada R25 adalah “Superbike you can ride everyday”…motor
super yang bisa digunakan sebagai harian
3. Dalam desain Yamaha R25 ada 4 poin
yang ditonjolkan yakni mass forward silhouette, two eye headlight,
center positioned air duct, aerodynamic with muscular looks like a
trained athlete, dan up cutting tail section. Untuk detil penjabaran
monggo intip lampiran dibawah..
4. Kubikasi murni R25 adalah 249,6cc….4 tak 8 katup, dua silinder Double cam. Diameter x langkah yaitu 60 x 44,1 mm.
5. Soal engine R25 dibekali teknologi
terkini kelas 250cc. Sebut saja intake manifold dengan desain downdraft
yang membuat pembakaran lebih cepat, throttle body besar (32mm),
injektor 12 lubang, forged piston dan diasil silinder, deep bottom oil
pan (posisi oli dibawah membantu center gravity) dan masih banyak lagi
lainnya yang bisa mzbro intip dari gambar terlampir. Tidak heran power
melonjak hingga 36PS (klik untuk zooming)….
6. Soal desain dan ergonomi juga
dihitung secara detil untuk memastikan kenyamanan berkendara harian
sekalipun. Radius putar paling lebar untuk motor fairing yakni 34
derajat. Jadi mau nyelip-nyelip dikemacetan bukan masalah berart buat
R25…
7. FI system pada R25 terbilang sangat
komplit. Dalam perangkat ECU yang dibenamkan pada sang fairing, ada
sensor TPS, IAPS, IATS, Crankshaft position sensor, coolant temperature
sensor, Oxygen sensor, lean angle sensor, speed sensor, dan oil pressure
switch. Yang terakhir adalah sensor khusus untuk membaca tekanan oli
yang akan mendeteksi sejak dini jika tekanan lemah untuk menghindari
kerusakan silinder head ataupun jerohan lain akibar low pressure oil.
Sinyal akan diteruskan dalam bentuk informasi via speedometer…
8. Progressive-shape pulley adalah
semacam pulley khusus yang ditanamkan pada THB. Fungsinya adalah untuk
mengontrol bukaan gas agar lebih lembut dan tidak mengejutkan. Yamaha
menyebutnya “control power as you like”. Semua makin sempurna dengan
adanya setingan kopling yang diklaim paling presisi sehingga secara
feeling akan lembut namun agresif…
9. Long Assymetric rear arm. Desain arm
R25 sebelah kanan tidak sama dengan kiri (lebih melengkung). Hal ini
disengaja untuk menahan tekanan tenaga atau pressure sebelah kiri.
Efeknya kendati dibetot kencang….handling motor tetap anteng. Yang kedua
adalah panjang swing arm yang mencapai 573mm dengan wheel travel 125mm.
Karena alasan wheel travel inilah maka R25 diklaim tidak perlu
menggunakan link cushion….
10. Para rangka atau sasis penopang
engine, R25 dibekali rubber mounting untuk mengurangi getaran. Tidak
heran kendati mesin besar, saat digeber vibrasi R25 tetap halus….
11. Yamaha menyebutnya excellent weight
balance karena hanya R25 yang mempunyai keseimbangan nyaris sempurna
yakni 50 : 50. Distribusi berat seimbang ini menjadikan R25 gampang
melibas rute dan model jalanan apapun. Cornering oke….straightpun tetap
senyum..
Yup…itulah beberapa kelebihan dari R25.
Mungkin IWB tidak menjabarkan seluruhnya secara detil karena jika
dijelaskan per-item…weleh banyak bener. Driji iso keriting rekkkk
. So….monggo diklik saja lampiran satu persatu dan dibaca, diresapin
kemudian dimengerti. Jika ada yang kurang mudeng silahkan curahkan
dikolom komentar untuk dibahas bersama-sama. Piye brosis??….sudah dapat
gambarankan??…..(iwb)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar