"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Penyebab Honda Beat Tersendat di kecepatan 40-60 km/jam

Honda beAT sebagai  light matic scooter kini  mulai  banyak dipakai oleh biker commuters untuk beraktifitas sehari hari , uniknya meski dimensi matic ini terbilang  kecil namun penggunanya dari  berbagai kalangan , dari anak sekolah hingga  bapak bapak  :lol:  emang  ringan  sich di pakai di berbagai kondisi jalanan namun selain nilai  lebih , banyak juga yang  mengeluhkan & bertanya kepada saya,  kenapa  di  kecepatan sedang menengah ( 40-60 kpj) di panteng secara stabil si matic ini  sering terasa ada yang nyangkut laju nya  ……  (grendet-grendet ……  nggrenjel :mrgreen: / tersendat & terasa ada  vibrasi di unit CVT )

oke  ,  saya benarkan hal itu  juga saya alami di beAT kepunyaan WD …….   meski sebenarnya  kasus  seperti ini  bisa menimpa semua matic  dari merk apapun  …….  memang  CVT  kalau sudah berumur  ya  seperti ini  mas bro ,  harus dilakukan  schedule maintenanance ! berikut ini beberapa diantara penyumbang terjadinya ubnormal vibration tersebut :

kasus  tersendat  tersebut terjadi pada unit CVT dan di Pulley bagian  depan atau disebut driven face  dimana pulley ini  bisa mengembang /menyempit sesuai kecepatan motor , mengembang ..nya pulley  ini karena di sebelah dalam pulley terdapat rollerpemberat / roller weight (gambar no 7 ) yang bisa bergerak karena gaya sentri fugal dan bisa menggeser pulley sebelah dalam (  face movable drive)
pict autoalliance.blogspo
nah roller pemberat berjumlah 6 biji yang berbentuk silindris tersebut terbuat dari  bahan seperti atom plastik , dimana setiap saat  bekerja bergesekan dengan pulley face movable drive sehingga  roller bisa terkikis  dan  bentuknya tak lagi  silindris, namun  cenderung benjol gitu dech  :mrgreen: ,  nah  kalau sudah benjol bisa dipastikan pergerakan mengembangnya pulley tidak smoth , karena pergerakan face movable drive yang di picu oleh  desakan roller pemberat  tidak serentak berbarengan . so  saat  di hunakan ber akselerasi atau kecepatan sedang maka  vibrasi akan sangat terasa pada matic tersebut . solusi nya  ===>>  ganti roller pemberat sesuai jadwal penggantian / sesuaikan selera akselerasi dengan kombinasi berat roller yang akan di aplikasikan ..
=====================================================
ada lagi kasus suara bergesek mirip cakram yang kampas nya habis…..  paling kerasa saat jalan pelan dan handle gas ditutup atau saat motor didorong dalam keadaan mati  ….. sring  sriing   sreeekk  :twisted:

kalau kejadian tersebut terjadi pada unit  cvt pulley  belakang , paling  banyak di temui pada yamaha mio,  namun juga bisa menyerang semua jenis matic …  penyebabnya adalah RUBBER, CLUTCH DAMPER (no 5) yang sudah melar ….  karet dumper tersebut ada 3 biji ,  dan  karena  kerja sentrifugal cluth pada pulley  belakang  bergesekan pada kecepatan tinggi , maka karena panas suhu tinggi seiring  umur  pasti akan menyebabkan karet melar, akibatnya kampas sentrifugal sudah menyentuh permukaan outer comp cluth (gambar no 1)  sebelum   kampas sentri fugal mendapat gaya pental dari rpm tinggi
tips murahnya adalah , potong permukaan karet yang melar……, namun  kalau  spare part tersedia mending ganti sekalian :)
kalau di matic WD  kejadiannya  gimana?
hmmm  gejala  memang terasa namun masih ringan  belum parah & di km odometer mendekati 10.000km   , nah ada juga  yag  tanya  ..  beat ku masih baru kok  udah  nggrenjel?  wah kalau masih  baru  coba  komplain  ke  dealer mas mumpung masih garansi!   :mrgreen:
lha tutorial e  mana  mas?
whhoo  besok ya  kalau  si genduk biru ku  udah masuk jadwal maintenance cvt bakal tak bongkar  dech!  , saat  ini  belum waktunya ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar