Untuk
tenaga standar dari pabrik tidak cukup untuk memuaskan para penggemar
motor sport yang sering turun di ajang “Road Race”, maka kebanyakan dari
mereka memilih untuk menambah kecepatan pada kendaraan kesayangan
mereka. hampir seluruh raiders tanah air yang suka melakukan perombakan
terhadap sepeda motor mereka baik yang baru maupun kendaraan yang sudah
tua. asalkan dapat memuaskan hasrat mereka rela mengeluarkan biaya yang
lumayan besar dan tidak tanggung-tanggung sampai melakukan korek
terhadap mesin yang masih dalam kondisi orisinil dan STD. seperti apa
tindakan mereka terhadap Sepeda Motor Honda Tiger? yuk kita intip hasil
oprekan yang telah kami himpun di berbagai bengkel-bengkel yang sudah
terkenal.
Baiklah,
kita menuju ke pokok pembahasan yaitu bagaimana membuat Honda Tiger
Lebih Kencang. istilah menambah kecepatan atau sering disebut upgrade
performa disini anda diharuskan untuk mengeluarkan biaya dan sedikit
keahlian dalam bidan otomotif. mengapa kami katakan sedikit keahlian,
karena tips bikin Honda Tiger Lebih Kencang yaitu dengan melakukan
Bore-UP Mesin, untuk melakukan hal ini anda juga diharuskan untuk
memiliki peralatan lengkap dan onderdil untuk dipasangkan nantinya.
berikut ini cara mudah Upgrade Performa Honda Tiger agar lebih kencang
dan bertenaga.
Peralatan Yang Dibutuhkan
Piston
Camshaft (Noken As)
Knalpot
Per Kopling
Tips Mudah Bikin Honda Tiger Makin Kencang
Berikut panduan untuk menambah tenaga Honda Tiger Lebih Kencang dengan mudah
- Camshaft atau
biasa dikenal dengan nama “Noken As” sangat berpengaru pada sistem
kecepatn mesin sepeda motor. Waktu membuka dan menutup klep masuk maupun
buang, akan mempengaruhi tenaga yang dihasilkan. Komponen aftermarket
untuk Tiger masih jarang, jika pun ada hasilnya belum tentu sesuai
harapan. sebaiknya jika anda ada pengalaman lakukan riset sendiri dari
noken as standar. Untuk harian bagian bebas cukup dibubut 1 mm,
durasinya 266º dihitung saat klep mengangkat 1 mm dengan setelan 0,1 mm.
- Piston
merupakan komponen yang juga sangat besar pengaruhnya pada sistem
percepatan langkah mesin Honda Tiger anda. Agar ledakan di ruang bakar
lebih dahsyat, kompresi dinaikkan, pakai piston Honda GL Pro
Neotech/Mega Pro. Pakai piston ini tinggal pasang, hanya di bagian
coakan klep diperdalam 1 mm, agar tak benturan sama klep.
- Kepala Silinder
perlu dilakukan porting dan polish. Lalu setting klep agak renggang
serta dibubut sedikit dan diatur ulang sudutnya. Bos klep juga kena
papas bor tuner. Tujuannya agar aliran bahan bakar dan udara yang mau
masuk ke ruang bakar lebih lancar dan terarah, juga sisa pembakarannya.
- Karburator
juga berfungsi untuk menyesuaikan aliran dan sedotan ke ruang bakar
yang meningkat, komponen pengabut bahan bakar dan udara ini juga harus
disesuaikan. Tak perlu diganti, hanya venturinya perlu direamer jadi 28
mm, dari yang standarnya 26 mm, sehingga jumlah udara yang masuk bisa
lebih sempurna. jangan lupa juga untuk setting spuyer sesuai kemauan
mesin. Paling pilot jet naik satu step jadi 40, kalau main jet cukup
standar.
- Kopling perlu juga ada perombakan agar sentakan mesin lebih cepat dan agresif serta tenaga yang dihimpun tak mubazir lantaran terjadi selip kopling, maka perlu diantisipasi. Tak perlu per kopling racing, Cukup pakai kampas kopling asli dan menambah ring setebal 2 mm pada per koplingnya, alhasil tenaga tersalurkan dengan sempurna ke roda belakang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar