Ini Dia Perbedaan Honda Vario 150 Dengan PCX150
New Honda Vario 150 eSP dan Honda Vario 125 eSP yang diluncurkan pada
Rabu kemarin (14/1) mempunyai penampilan bentuk bodi yang sama. Tapi
pada pilihan warna yang diusung, masing-masing punya perbedaan sendiri.
Untuk
Honda Vario 150, memang mesinnya masih berbasis sama dengan Honda
PCX150. "Sepintas kedua motor tersebut memang mempunyai mesin yang sama.
Tapi pada bentuk detailnya ada sedikit perbedaan,"bilang Sarwono Edhi,
Technical Instructur PT. Astra Honda Motor (AHM).
Throttle Body
Pada
Honda PCX150 bagian ini mempunyai sensor IACV (Idle Air Control Valve)
yang mempunyai banyak sensor. Sedangkan Vario 150 menggunakan FISV (Fast
Idle Selenoid Valve) yang mempunyai jalur udara pada throttle body.
Kemudian throttle Vario 150 mempunyai sensor yang lebih sedikit
dibanding PCX150 tapi dengan kemampuan kinerja yang sama.
Ruang Bakar
Bagian
piston perbedaannya berada pada diameter. Untuk Honda PCX150, pistonnya
berdiameter 57,97 mm dengan total kapasitas 153cc. Sedangkan Vario 150
57,27 mm dan otomatis kapasitasnya pun sedikit lebih kecil dari pada
PCX150, yaitu 149,3cc.
Roller
Berat
roller PCX150 masing-masing 16 gram dengan jumlah 6 buah. Total
beratnya 96 gram. Sedangkan Vario 150 dengan roller berjumlah sama
mempunyai berat roller masing-masing 15,5 gram dan total beratnya 93
gram.
Jadi, Honda PCX150
dengan roller yang lebih berat lebih cocok untuk karakter top speed dan
pas untuk perjalanan jauh. Sedangkan untuk Honda Vario 150 punya roller
dengan bobot lebih ringan. Ringkasnya, Vario 150 lebih memprioritaskan
akselarasi dan cocok untuk lalu lintas perkotaan yang berkarakter stop
and go.
Final Gear
Honda
PCX150 punya final gear 54/17 dengan reduksi akhir 10,751. Sedangkan
Vario 150 53/18 dengan reduksi akhir 9,966. Final gear ini menyesuaikan
dengan bobot dan karakter mesin. Maklum saja bobot PCX150 lebih berat
21kg dibanding Vario 150 yang hanya 110kg.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar