Posted by iwanbanaran in
Bro dan sis sekalian…seperti biasa AHM
menyodorkan presentasi dengan judul similar dan unsimilar part antara
new Vario125 vs Vario150. Walau hanya beda kubikasi ternyata cukup
banyak part yang tidak sama. Detilnya seperti apa?. Berikut penjabaran
teknis yang dipaparkan oleh pak Sarwono Edhi (Department technical
AHM)….
Secara kubikasi jelas beda. Namun jika
ditelisik lebih dalam….perbedaan tentu saja tidak hanya pada diplacement
engine. Jika Vario125 mengusung mesin yang sama dengan gen sebelumnya
(walau nggak sama plek…akan kita kupas diartikel terpisah)….maka
Vario150 lebih cenderung mendekati PCX150 yang disesuikan dengan species
anyar. Seperti apa??. Berikut perbedaan teknisnya (kiri new Vario125
kanan Vario150)…..
1. Engine
Mesin jelas beda. Kubikasi Vario125
adalah 124,8cm3 maka untuk Vario150 adalah 149.3cm3. Selain
itu…..kompresinya keduanya juga tidak sama yakni 11:1 melawan 10,6:1.
Menurut pak Edi keduanya tetap tidak masalah walau dijejali bensin ron
88. Hal ini berlaku bagi sampeyan yang kesulitan mendapatkan bensin ron
92 khususnya dikota-kota pelosok…
2. Silinder head
Tentu saja menyesuikan kubikasi valve seat serta size valve berbeda.
3. Valve in & Ex
4. Silinder
5. Piston
6. Crankshaft
7. Throttle body
8. Injector
9. Radiator
10. Roller
11. Spring Driven
12. Peer kopling
13. Movable drive
14. Drive Belt
15. Final reduction gear
Yup….secara total ada 15 perbedaan yang
disodorkan AHM mzbro. Selain itu tentu saja soal output power juga beda.
Ketika Vario125 memuntahkan power 8.3KW/8500RPM torsi 10.8NM@5500RPM,
maka Vario150 mencapai 9.3KW/8500RPM dengan torsi 12.8NM@5000RPM. Jadi
accelerasi Vario150 memang lebih nampol sejak bawah dan bisa diraih
dengan RPM yang lebih rendah. Lebih kurangnya seperti itu. Btw…sesi test
ride sudah IWB siapkan dan akan kita kupas diartikel berikutnya.
Ditunggu yo…digodok sik. Sekarang mau dlosor dulu rek. Wis ora kuat melek mripat koyok dipulut ki. Good nite….sugeng dalu…sampurasunnnn ….(iwb)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar