"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Rawat Dengan Rutin Kuras Tangki Bahan Bakar Motor Sport

Posted by aripitstop TANGKI KARAT (1)
Tangki karatan sampai berlumpur kejadian ini tidak akan bisa terjadi jika kita selalu cek kondisi di dalam tangki cukup tangki dibuka kemudian dilihat apakah ada air di dalam tangki begitu juga minimal setiap satu tahun sekali tangki dikuras dibersihkan dari semua kotoran didalam tangki.

Seperti motor vixion ini, selama hampir 6 tahun pakai premium belum pernah sekalipun kuras tangki, kejadian seperti ini tidak akan terjadi jika kita selalu cek kondisi tangki. Pastikan kondisi tangki motor kita selalu dalam keadaan bersih, lakukan pembersihan tangki (kuras tangki) minimal setahun sekali apalagi buat motor injeksi, jangan lupa cek kondisi filter fuel pump jika kotor atau rusak maka wajib ganti. Siapa yang mau beli fuel pump yang harganya 650ribu ?.
AIR TANGKI
Kenapa tangki bisa karatan ? Bisa baca disini :

Merawat Tangki Motor Sport Agar Lebih Awet

Cegah Motor Mogok,Perhatikan Kondisi Filter Fuel Pump di Tangki

Fuel Pump Macet, Waspada Tangki Karatan

Penampakan Air Masuk ke Tangki. Motor Injeksi Mudah Mogok dan Fuel Pump Macet

Banyak pertanyaan yang masuk ke saya apakah mencampur premium dengan pertamax itu bagus dan aman ?, sudah banyak fenomena biker mencampur premium dengan pertamax yang bertujuan untuk membersihkan kotoran di saluran bensin dan ruang bakar, jika sudah terbiasa minum premium kemudian minum pertamax dengan tujuan membersihkan kerak di piston atau ruang bakar sebenarnya tidak sepenuhnya betul. Memang pembakaran dari konsumsi pertamax hasilnya lebih bagus karena kompresi lebih padat akhirnya pembakaran jauh lebih sempurna dan merata sehingga power motorpun ikut meningkat dibandingkan dengan konsumsi minum premium, tapi ingat…! minum pertamax itu tidak bisa membersihkan kotoran atau kerak diruang bakar loch…tapi meminimalkan kerak di ruang bakar, jadi jangan berharap dengan terbiasa minum premiumkemudian satu kali sebulan minum pertamax habis itu berfikiran ruang bakar akan bersih apalagi sampai karbarator atau injeksi akan menjadi bersih… itu salah kaprah, kalau tidak percaya sampeyan bongkar motor sampeyan yang terbiasa minum premium kemudian satu kali konsumsi pertamax full tank jika pertamax sudah habis kemudian buka karbuarator atau intake manifoldnya…apakah bersih ? TIDAK.
TANGKI KARAT (2)
Begitu juga kondisi tangki motor, banyak pula yang berfikiran kalau minum pertamax bisa membersihkan tangki…tepok jidat… kata mas iwan…!. Lawong premium dicampur pertamax saja tetap karatan kok ini buktinya… vixion tahun 2009 jadi sudah hampir 5 tahun motor ini dari sering mencampur premium dengan pertamax dengan perbandingan 50:50 dengan perbandaingan yang sama,tapikenyataannya tangkinya karatan karena tidak pernah di cek juga…sang owner akhir2 ini mengeluhkan ketika volume bensin hampir habis sudah hampir menyentuh huruf ”E” maka motor jadi brebet anahnya ketika bensin diisi full tank maka motor kembali normal, kenapa fenomena ini terjadi ? kondisi filter fuelpump sudah kotor hampir mampet jadi tekanan bensin didalam tangki yang disedot oleh fuelpump berkurang alhasil aliran jadi tersumbat ketika bensin full maka tekanan bensin bisa normal ( seperti halnya sampeyan bawa batu kecil dan batu besar… tekanan batu besar lebih kuat ketika kita bawa).
FUELPUMP
Kondisi didalam tangki yang selama 5 tahun tidak perbah dicek ternyata dalamnya banyak kotoran bahkan sudah mengandung lumpur, ini bisa terjadi karena kotoran atau endapan dari premium yang semakin lama semakin banyak akhirnya menimbulkan karat di tangki, jadi premium di campur dengan pertamax memang untuk hasil pembakaran dan kompresi di ruang bakar lebih bagus dan kerak yang ditimbulkan memang lebih sedikit dari konsumsi murni premium tapi efek diluar tetap terasa seperti karburator tetap kotor intak manifold tetap mengandung kerak hitam begitu juga dengan kondisi tangki…
Intinya selalu cek kondisi tangki agar tidak timbul karat bahkan motor injeksi bisa mogok kalau fullpump macet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar