Stroke Up
|
ilustrasi stroke up |
Stroke up adalah proses menambah kapasitas mesin dengan cara menambah langkah
piston.
Secara umum, posisi big end digeser lebih ke arah luar, sehingga gerak
naik turun piston dari TMA hingga TMB bertambah jauh. Banyak orang yang
salah persepsi, mengganti stang piston lebih panjang maka akan menaikkan
stroke. padahal, sekedar mengganti stang piston (con rod) dengan stang
lebih panjang tak akan merubah stroke selama poros big end tak berubah.
Terdapat beberapa alternatif di dalam pemilihan proses stroke up, antara lain:
1. Bubut kruk as ke arah luar
Cara pertama yaitu dengan menggeser big end ke arah luar. Cara nya
adalah dengan menutup lubang big end yang lama dengan las dan membuat
coakan big end yang baru. Kesulitannya adalah menyamakan lubang kiri dan
kanan dari masing-masing daun kruk as. Jika melenceng sedikit saja,
maka getaran mesin akan sangat terasa dan
power
mesin malah jauh terbuang. Cara ini sangat murah, bisa sekitar 100 -
400 rb tergantung bengkel bubut masing-masing. Cara ini sangat
membutuhkan keahlian yang luar biasa.
|
kruk as modified |
2. Pen stroke
Pen big end standar berupa silinder lurus, sedangkan pen stroke memiliki
perubahan di tengah nya. Hal ini mampu menggeser posisi big end as kruk
tanpa mengubah posisi lubang big end. Hanya saja harganya bervariasi
mulai dari 300 ribu hingga 700 ribu. Cara pemasangannya hanya tinggal
mengganti pen nya saja. Jika pen stroke lebih dari 5 mm, maka dibutuhkan
laher bambu tipe belah.
|
pen stroke up |
3. Swap kruk as
Mengganti kruk.as dengan kruk.as
motor lain yang stroke standar-nya lebih besar. Ini memungkinkan stroke up secara aman. Tetapi masalah utama yang timbul yaitu :
- Kruk as mentok di batang pompa oli (pada mesin C-series Honda)
- Gigi gearbox semakin rawan bersentuhan dengan kruk as
- Perbedaan diameter daun kruk as
- Perbedaan lengan kruk as
- Harga yang jauh lebih mahal
|
as kruk motor lain |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar