Sepeda motor pertama di buat oleh ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler
tahun 1885 ketika dia memasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna
pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri. Sepeda tersebut
memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan (seperti roda pada
sepeda anak-anak). Putra Daimler menjadi orang pertama yang mengendarai sepeda motor ketika dia mencoba kreasi ayahnya tersebut pada tanggal 10 November 1885 dengan kecepatan mendekati 10Kpj.
Beberapa model sepeda motor kemudian di
perkenalkan di Jerman, Perancis dan Inggris dengan fokus pengembangan
pada kepraktisannya sebagai alat transportasi. Tahun 1903, Arthur
Davidson dan saudaranya Walter bersama tetangganya William Harley
membuat motor Harley-Davidson yang pertama. Setahun kemudian mereka
mulai memproduksi sepeda motor untuk di jual. Tahun 1909 Harley-Davidson
mengenalkan mesin V-Twin yang pertama, yang memiliki dua silinder
dengan konfigurasi seperti huruf “V”. Mesin tersebut memiliki suara yang
besar, bergemuruh dan terkesan jantan, tak lama mesin tersebut menjadi
mesin Amerika klasik.
Selama tahun 1914, bentuk dasar dari
sepeda motor modern mulai terbentuk.Bentuk tersebut meliputi peletakan
mesin di antara roda depan dan belakang dan sebuah rantai untuk
mentransger tenaga dari mesin ke roda belakang.
Selama PD I (1914-1918), sepeda motor
terbukti sebagai sarana transportasi yang tangguh bagi militer Amerika
dan Eropa, mampu mengurangi beban jalan raya dan mampu membawa alat
komunikasi jauh lebih ke depan garis pertempuran. Sesudah perang,
penggunaan sepeda motor menyebar luas ke Eropa dan Amerika.
Sampai tahun 1950-an, kebanyakan sepeda
motor di Amerika utara di produksi oleh Harley-Davidson atau oleh
perusahaan Inggris seperti Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton,
dan Triumph.
Periode 1960 dan 1970, perusahaan Jepang
seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, mulai memperkenalkan
sepeda motor dengan pengembangan pada mesin dan suspensi
dan mereka mampu bersaing dengan produsen motor yang sudak lebih dulu
ada. Kelak, sepeda motor dengan mesin 4 langkah 750 sampai 1200 cc yang
bertenaga besar produksi mereka akan mendominasi pasar sepeda motor
jalan raya, sementara mesin 2 langkah yang ber-cc 250 sampai 500 akan
menguasai pasar sepeda motor off-road.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar