Jakarta -
Biasanya orang-orang yang mengganti kampas kopling standar dengan
produk aftermarket, doyan memacu adrenalin di atas tunggangannya
Kampas
kopling standar, biasanya dijadikan salah satu tersangka kurangnya
akselerasi motor baik tipe bebek maupun sport. Dengan dalih seperti itu,
maka banyak pemilik motor tersebut yang menggantinya dengan produk
aftermarket.
“Biasanya
orang-orang yang mengganti kampas kopling standar ini doyan memacu
adrenalin di atas tunggangannya,” kata Hashim Sonedi, salah satu mekanik
balap Tanah Air.
Makin
hari seedgoers semakin banyak ini memicu munculnya produk-produk kampas
kopling aftermarket. Enggak hanya dari mereknya yang beragam, produsen
juga menawarkan beberapa ragam bahan kampas kopling bikinan mereka. Mau
tahu apa saja bahan kampas kopling yang beredar di pasaran? • (otomotifnet.com)
Kevlar
Jenis
ini paling banyak pilihan merek, dari yang buatan lokal samapai dengan
impor. Produk buatan lokal, diantaranya CLD, AHRS, KAWAHARA dan WRX.
Daytona dan TDR, bisa dikategorikan merek impor.Kelebihannya lebih awet
dan enggak gampang gosong. Terutama bila pemakaian seperti diajang
balap atau kalau dipakaikan pada Kawasaki KLX150S untuk adventure.
“Namun pakai kampas kopling Kevlar, bikin oli mesin cepat berwarna hitam,” kata Surhartanto ‘Kupret’, mekanik balap nasional.
Harga belinya, tergantung tipe motor. Ada yang sampai Rp 500 ribu dan ada juga yang masuk dikisaran Rp 250 ribu saja.
Keramik
Produsen
brand internasional seperti TDR dan brand lokal AHRS, memiliki produk
kampas kopling berbahan keramik. Tentu bukan full keramik, pasalnya akan
licin kalau diaplikasikan di mesin.
Dengan
bahan campuran tertentu, bahan keramik mampu menghasilkan gaya gesek
maksimal pada permukaan kampas kopling sehingga mengoptimalkan
akselerasi spontan. Keramik juga diangggap tangguh pada suhu yang
tinggi.
“Kelebihan
yang dihasilkan kampas kopling jenis ini, memang cocok buat motor yang
harus kerja keras atau performa tinggi. Tapi akan lain cerita bila
dipakaikan pada motor-motor standar,” ungkap Hashim.Untuk menebus kampas
kopling berbahan keramik, enggak semahal Kevlar. Range hargaya Rp
150-300 ribu.
Rockwoll
Secara
kasat mata, memang enggak terlihat jelas perbedaan bahan kampas kopling
yang satu ini dengan. Ketebalannya juga sama dengan kampas kopling
berbahan lain.
Namun
Jessy Liga Siswanto memastikan bahwa bahn Rockwoll pada kampas kopling
Kawahara lebih tahan terhadap suhu panas yang ada di mesin balap dan
bahan ini juga lebih tahan terhadap gesekan saat mesin dipaksa bekerja
lebih keras dari biasanya. Memiliki pengaruh pada mesin balap, bisa jadi
kurang nendang buat motor harian bro. Banderolnya antara Rp 165-200
ribu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar