1. Periksa Bearing Roda
2. Periksa Bosh Bearing Swing Arm
3. Periksa Karet Bushing Shock Absorber
Bearing Swing Arm
Gambar 1: Areal bunyi dan test dengan ayunan beban
Untuk mengetahui atau mengetest apakah bearing yang terdapat di
swing arm masih sehat atau harus sudah diganti kita bisa melakukan
ayunan dengan berat tubuh kita dengan duduk di jok. Saat mesin dalam
keadaan mati, tarik rem depan lalu (sambil tetap menarik rem depan) kita
ayunkan berat tubuh kita di jok agar lengan ayun (swing arm) dapat
bergerak sesuai irama ayunan tubuh kita. Di sini jika timbul bunyi
(tek-tek-tek) terlebih getarannya dapat dirasakan di kaki, ini
menandakan bahwa bearing/laher di poros lengan ayun (swing arm) kering
atau berkarat yang memang sudah harus diganti dengan yang baru.Bongkar swing arm dan semua komponen yang terkoneksi dengannya agar swing arm dapat terlepas bebas dari body motor (lihat gambar 2 dan 3).
Gambar 2: Swing Arm yang sudah terlepas dari motor
Gambar 3: Swing Arm New Vixion dan semua komponen yang terkoneksi
Periksa dan dapati bearing/laher di sebelah mana (ada dua buah
kiri dan kanan) yang kering (biasanya sudah berkarat) dan sudah tidak
dapat berputar lagi jika kita memutar busingnya dengan tangan. Setelah
kita ketahui bearing di sebelah mana yang rusak, kita harus
membongkarnya dengan terlebih dahulu melepas bushing porosnya (lihat
gambar 3).
Gambar 4: Bearing yang rusak karena karat (beberapa bantalan pelurunya sudah terlepas)
Gambar 5: Bushing poros swing arm dan bearing yang sudah berkarat/rusak
Dalam gambar 5 diperlihatkan bahwa bushing poros swing arm
sudah berkarat dan di sisi yang berkarat tersebut sudah tidak dapat
dipakai lagi walaupun nantinya dilakukan penggantian bearing yang juga
sudah berkarat dan rusak dengan yang baru. Namun untuk bushing poros New
Vixion ini terdapat dua bushing poros dengan masing-masing sisi
berdiameter sama ukurannya. Jadi kita tidak perlu mengganti bushing,
cukup dibalik saja dengan menggunakan sisi yang masih bagus untuk
dipasangkan ke dalam bearing/laher yang sudah diganti dengan yang baru
(lihat gambar 6 dan 7)
Gambar 6: Bushing poros swing arm yang bisa dibalik
Gambar 7: Dua bushing poros swing arm di New Vixion
Bandingkan dengan bushing poros swing arm untuk Yamaha Scorpio
yang berupa satu bushing panjang dengan diameter yang lebih besar hanya
di sisi kanan dan kiri saja. Dan ketika salah satu permukaan bushing
yang beradu dengan bearing sudah termakan karat, kita harus menggantinya
tanpa dapat ditawar lagi (lihat gambar 8).
Gambar 8: Satu bushing poros swing arm di Scorpio
Setelah bearing di sisi mana yang harus diganti terlepas dari
rumah bearing di swing arm, bersihkan rumah bearing tersebut dengan
cairan cleaner atau bensin dan lap kering hingga benar-benar bersih
(lihat gambar 9).
Gambar 9: Rumah bearing di swing arm
Bersihkan juga tutup/cover bearing (part no.4 di gambar 3 atau
lihat gambar 10) yang mempunyai seal karet, periksa seal karetnya jika
cacat perlu diganti juga namun jika masih bagus cukup dibersihkan saja.
Dari tutup/cover bearing inilah biasanya terjadi rembesan air saat
melintas di jalanan yang banjir atau saat mencuci motor yang dapat
menyebabkan karat apabila bearing sudah kering dari pelumas dan air yang
sudah terlanjur merembes masuk tidak dapat keluar lagi.
Gambar 10: Cover (tutup) bearing swing arm dengan seal karet
Setelah semua siap, lumuri rumah bearing (gambar 9) dengan
pelumas (grease/gemuk/vet) berkualitas bagus (jika kebetulan ada) dan
masukkan bearingnya disusul dengan melumuri kedua bearing (kiri dan
kanan) dengan pelumas (lihat gambar 11).
Gambar 11: Pelumasan pada bearing swing arm
Kemudian masukkan kedua bushing poros kanan dan kiri yang
sebelumnya juga sudah dilumuri dengan pelumas (gambar 12). Setelah dua
bushing poros masuk pada bearing cobalah untuk memutar dua bushing poros
tersebut dengan menggunakan jari. Pastikan bushing duduk dengan
sempurna pada bearing dan dapat diputar dengan jari tangan.
Gambar 12: Pelumasan pada bushing poros swing arm
Bersihkan sisi luar kanan dan kiri poros swing arm ini sebelum
menutupkan cover bearing (gambar 10). Olesi dengan pelumas secukupnya
sebelum menutupkannya. Rangkai kembali swing arm pada rangka motor
kemudian masukkan baut poros swing arm yang sebelumnya juga sudah
dilumuri pelumas secukupnya kemudian kencangkan.
Gambar 13: Grease/gemuk/vet mutu bagus
Setelah semua bagian saat membongkar swing arm ini sudah
terangkai periksa sekali lagi apakan ada baut yang kurang kencang, setel
rantai dan lainnya hingga motor siap untuk digunakan. Cobalah dengan
test beban dengan mengayunkan tubuh di atas jok motor seperti saat
pertama kali melakukan test untuk mengetahui komponen di poros swing arm
masih sehat atau harus diganti. Dipastikan bahwa suara yang mengganggu
sudah tidak ada lagi dan kita bisa ucapkan “good bye suara aneh”.Sebagian Sumber : bernardtherider225cc
makasih gab
BalasHapus