"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Ganti Kanvas dan Per Kopling Tiger



Mari lanjutkan ngotak-atik motornya…
Selanjutnya adalah aku pengen mongtornya lebih nendang apalagi mengaplikasi pelek dan ban Gambot tentu mengurangi power, maka di beli ini
Ini adalah kanvas kopling merk Daytona untuk Tiger, gambar dari google jadi gak begitu jelas… Lebih tebal dari orinya AHM, harga 150.000, di Bonjer…
Yang ini per kopling dari R9 untuk Tiger/Ninja… waktu itu aku tebus di toko yang sama seharga 150 rebu juga…
Sebenarnya pemasangannya gampang asal alatnya lengkap… kalo per aku masang sendiri tapi kampasnya aku nyerah karena masih setelannya AHASS kuat sekali alatnya sampai select karenanya..
Baik bagi yg ingin bongkar sendiri aku kasih caranya, COpast di forum Honda Tiger :
Peralatan yg diperlukan:
1/. Kunci ring 8 dan 10
2/. Obeng ketok berserta mata obengnya yg plus & min
3/. Wrench tool yg berkaki 4, ini bisa kita buat dari
kunci ring 22mm, entar gw japri gambarnya seperti apa.
4/. Palu
Part yg dibutuhkan:
1/. Kanvas kopling
2/. Gasket (biasanya dijual 1 set)
3/. Lem Gasket
4/. Oli mesin baru
Cara ngebuka part-nya:
1/. Kuras/buang Oli mesin

2/. copot/buka engkol starter
3/. copot juga penahan engkol starter (besi batangan yg ada bawah mesin)
4/. copot tali kopling dari pengangan pengaisnya
5/. copot cover mesin, buka bautnya (pakai kunci ring 8) bergantian silang yah, begitu juga pada saat pasangnya.

6/. Buka cover saringan oli (yg bautnya ada 3) pakai obeng ketok

7/. Buka corong saringan oli, pakai wrench tool berkaki empat, dan tahan gigi/GEAR mesin pakai mata obeng ketok (yg min)

8/. Buka penekan per kopling (yg bautnya ada 4), pakai kunci 10, bukanya nyilang yah, juga pas masangnya.trus buka mur pemegang rumah kopling, ketok pakai mata obeng ketok (yg min), per sisi yah (karena mur ini punya coakan empat sisi).

9/. copot rumah kopling, dan copot kampas kopling dan plat kompling. trus bersihin plat & rumah koplingnya dari arang kanvas kompling yg
tergarang panas oli (bisa pakai minyak tanah, trus dibilas pakai sabun supaya bersih).
10/.Jangan lupa bersihin juga saringan oli dari endapan oli yg mengeras
(bisa pakai minyak tanah, trus dibilas pakai sabun supaya bersih).
Endapan ini bisa ngga ada, bisa sedikit, bisa banyak, tergantung
kwalitas oli mesin yg elu pake.

11/.Cek, gasket cover mesinnya masih bisa dipakai apa ngga? kalau rusak pakai yg baru.
Cara masang part-nya:
1/. Setelah semuanya bersih, rangkai kanvas kopling ke rumah kopling
berselingan (kanvas, plat kopling, kanvas,…) jangan lupa, kanvas
dan plat koplingnya olesi dengan oli mesin.


2/. setelah terangkai di rumah kopling, pasang rumah tsb ke dudukan
bautnya, dan pasang murnya (jangan lupa pasang ringnya,
tulis ‘OUTSIDE’ harus menghadap keluar). sirip mur juga harus
menghadap keluar. ketok mur per-sisisupaya kencang, sampai kira-kira
sudah cukup kencang.
3/. pasang per koplingnya semua, dan pasang penekan kopling, kencangkan baut-bautnya pakai kunci 10 (harus bersilangan)

4/. trus pasang corong saringan oli (pakai wrench tool berkaki empat),
bersamaan itu juga tahan gear mesinnya pakai mata obeng.

5/. pasang tutup saringan oli, periksa gasketnya apa masih bagus atau
ngga, kalau rusak pakai yg baru. setelah ketiga baut tsb terpasang, ketok pakai obeng ketok sampai kekencangan cukup (posisi putar obeng ketok harus ke arah ‘mengencangkan’, bukan posisi ‘membuka’)
6/. pasang cover mesinnya, pasang baut-bautnya, kencangkan secara bersilangan (sebelum cover dipasang, gasketnya olesi dengan lem gasket, tipis ajah).

7/. pasang engkol starter
8/. pasang penahan engkol starter
9/. pasang tali kopling, sambungkan ke tuas pengaisnya
10/. Isikan mesin dengan oli mesin yg baru (jangan lupa tutup pembuangan olinya)

11/. setelah beres semua, nyalakan mesin motor anda, trus stel koplingnya (terlalu dalam atau cetek), biasanya karena kanvas baru, mur-mur yg di kable kopling (yg di dekat mesin) harus dimundurin.
12/. SELESAI
13/. Ngaso dulu sembari hisap sebatang rokok …(sruuup….ahhhhhhhhhh)
REMARKS:
1/. Alat diatas dipakai sebagai penganti peralatan std yg dipakai bengkel
AHASS (cuman die yg punya, susah cari di pasaran)
2/. Wrench tool berkaki empat (itu made in dewek + tukang bubut, pakai
mata kunci ring 22mm)
3/. Mur (yg bercoak empat sisi) itu dipakai di dudukan saringan oli &
dudukan rumah kopling itu sama
4/. Ati-ati pas ngebuka mur (yg bercoak empat sisi), jangan sampai tuh
palu ngenain dudukan rumah per kopling, soalnye itu rumah per dibuat
dari besi cor-an yg ringkih. kalau sampai patah beli ajah lagi, tapi
yg untuk GL100, sama kok, harganya cuma 20rb, yg aslinya untuk tiger 132rb (di AHASS).
5/. Waktu pengerjaan sekitar 3-4jam.
Untuk kanvas kopling Racing, platnya tidak di pasang semua,.. untuk kehati-hatian sebaiknya siapin kamera untuk memotret setiap langkah pembongkaran sehingga pemasngan tidak keliru…


difoto biar ga lupa
Dan yang ingin aku soroti dari modif kali ini adalah tentang handle kopling yang berat setelah penggantian per kopling dengan part racing, untuk mengakalinya maka pegangan pengais kopling disambung… cekidot


sambungan dari stainless jadi ga karat
Sambungan ini juga merupakan penemuan yang tidak sengaja, karena untuk membentuknya menyerupai Got sehingga bisa ditutupkan ke pengais kopling dan di baud, bukan hal mudah… ini bekas kursi stainless kalo ga salah… aku belah dan jadilah handle koplingku enteng….

 by Triyanto Banyumasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar