Adopsi Setang Piston GL Buat FU 155 CC, Stang Scorpio Buat FU Bebasan
ManiakMotor - Setang asli Suzuki FU dianggap letoy buat balap, khususnya drag bike. Padahal motor ini menjadi favorit kebut lurus 201 meter. “Setang seher standar kelewat kurus batangnya, rawan bengkok digebuk kompresi tinggi,” ujar Supriyono, alias Upik pemilik Upik Jaya Motor (UJM) di Jln. Parangtritis KM.9, Gabusan, Bantul, Yogyakarta.
Setang piston GLSolusinya? “Pakai saja setang seher Honda GL, diameter pen atas dan bawah sama. Cuma GL lebih panjang sedikit dibanding aslinya,” ujar pemilik motor FU rangka standar yang nyaris tak pernah kalah di event drag bike resmi itu.
FU standar panjangnya 102,3 mm, sedangkan GL 103,5 mm. Soal ngepasin pada puncak piston sama bibir silinder, itu sih gampang buat mekanik. Tinggal bubut-bubut bereslah. Kelebihan conrod GL, memiliki tiang setang jauh lebih gendut, kokoh menahan kompresi FU drag yang rata-rata diset 14:1 pakai avgas.
Buat motor drag bebasan atau liaran dengan kapasitas silinder 200cc ke atas, Upik pun mau berbagi ilmu. Katanya, elmu jangan disimpan, nanti malah nggak berkembang dan Tuhan tak memberi lagi buat yang pelit ilmu. Tapi kalau ilmu diamalkan, pasti akan datang terus, hehe.
“Pakai punya Scorpio, jauh lebih besar dan lebih pendek dari aslinya,” tutup Upik. Betul, pendekar, pendek dan kekar. Apalagi setang GL dan Scorpio KW1 juga tergolong murah, sekitar Rp 150ribu. Sedangkan original FU sentuh harga Rp 300 ribu. Kyai Pradah
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar