Jakarta - Suhendi punya sebuah pengalaman
dengan Honda Vario versi pertama miliknya. Dimana lampu tanda overheat
secara tiba-tiba menyala dan ini tentunya menandakan ada hawa panas yang
berlebihan di mesin skutiknya."Setelah melewati banjir sebatas betis,
selang jarak 10 meter, tanda overheat di panel indikator nyala.
Sampai rumah saya lihat tidak ada kebocoran di radiator, kenapa yah?" tanyanya.Kalau kata Andi P. dari bengkel AHASS Meruya, itu karena sensor pembaca suhu mesin terendam air terlalu lama. Soket dari sensor suhu mesin terhubung dengan waterpump, sensor ini yang memberi sinyal melalui lampu di dasbor jika terjadi panas.
"Kotor karena debu dan lumpur juga bisa jadi pemicunya.
Sedangkan air bisa masuk dari sela-sela soket, makanya lampu tanda
overheat jadi hidup, sebaiknya diperiksa dan di-reset ulang kalau ngaco
setiap 3 sampai 6 bulan sekali," ucapnya. Nah, udah mengerti kan
sekarang.
Umumnya, orang pasti menghakimi kalau radiator itu bocor, karena air di dalamnya habis sehingga membuat mesin jadi panas. "Kalau kipas radiator patah karena umur bisa juga merusak dinding radiator mengakibatkan radiator bocor, besar kemungkinan juga bisa," bilang Hasan dari bengkel Hasan Motor, di daerah Pos Pengumben, Jakbar.
Penyebab lain karena karet tutup radiator getas sehingga terjadi
kebocoran melalui lubang pengisian. Jadi ada tiga kemungkinan penyebab
mesin overheat. •(otomotifnet.com)
1. Di sini nih lokasinya sensor suhu, harus sering diperhatikan
2. Karet penutup radiator ikut andil bila mesin overheat
3. Selalu cek ketinggian air radiator seminggu atau dua minggu sekali
4. Kisi-kisi radiator rusak menghambat pendinginan
Sampai rumah saya lihat tidak ada kebocoran di radiator, kenapa yah?" tanyanya.Kalau kata Andi P. dari bengkel AHASS Meruya, itu karena sensor pembaca suhu mesin terendam air terlalu lama. Soket dari sensor suhu mesin terhubung dengan waterpump, sensor ini yang memberi sinyal melalui lampu di dasbor jika terjadi panas.
Umumnya, orang pasti menghakimi kalau radiator itu bocor, karena air di dalamnya habis sehingga membuat mesin jadi panas. "Kalau kipas radiator patah karena umur bisa juga merusak dinding radiator mengakibatkan radiator bocor, besar kemungkinan juga bisa," bilang Hasan dari bengkel Hasan Motor, di daerah Pos Pengumben, Jakbar.
1. Di sini nih lokasinya sensor suhu, harus sering diperhatikan
2. Karet penutup radiator ikut andil bila mesin overheat
3. Selalu cek ketinggian air radiator seminggu atau dua minggu sekali
4. Kisi-kisi radiator rusak menghambat pendinginan
By : otomotifnet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar