Bedah Upgrade Mesin All New Suzuki Satria F150
Foto: SAlim
Jakarta - Selasa
(16/2) lalu di Sentul International Circuit merupakan hari peluncuran
generasi terbaru dari Satria, yaitu All New Suzuki Satria F150. Tak
hanya tampangnya yang baru, tapi mesinnya juga benar-benar baru, kini
sudah injeksi dan pakai radiator, serta banyak pula ubahan yang
bertujuan memaksimalkan performa. Apa saja?
Piston Lebih Pendek
Dari ruang bakar diameter piston masih sama dengan generasi sebelumnya yaitu 62 mm, namun ada perubahan profil. Pertama pakai pin 15 mm, lebih kecil 1 mm dari generasi sebelumnya yang semula 16 mm. Lalu piston dibikin lebih pendek, tinggi puncak piston ke pin dari 45 jadi 39 mm. Menurut Joseph Tan, Trainer 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) agar bobot piston lebih ringan 16% dari Satria karbu.
Dari ruang bakar diameter piston masih sama dengan generasi sebelumnya yaitu 62 mm, namun ada perubahan profil. Pertama pakai pin 15 mm, lebih kecil 1 mm dari generasi sebelumnya yang semula 16 mm. Lalu piston dibikin lebih pendek, tinggi puncak piston ke pin dari 45 jadi 39 mm. Menurut Joseph Tan, Trainer 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) agar bobot piston lebih ringan 16% dari Satria karbu.
Klep Makin Besar
Katup alias klep juga mengalami rombakan, terjadi pembekakan sebesar 2 mm, "Efisiensi volumetrik jadi lebih baik," terang Joseph. Katup in yang awalnya 22 mm menjadi 24 dan katup ex dari 19 mm sekarang jadi 21 mm. Agar saat overlap lebih aman, pembesaran dilakukan dengan merombak sudut klep, jika Satria lama sudut klep in dan ex sama 20°, maka di versi baru jadi 16° untuk in dan 17° untuk ex. Sedang batang klep sama 4,5 mm, namun ukurannya sedikit lebih panjang.
Katup alias klep juga mengalami rombakan, terjadi pembekakan sebesar 2 mm, "Efisiensi volumetrik jadi lebih baik," terang Joseph. Katup in yang awalnya 22 mm menjadi 24 dan katup ex dari 19 mm sekarang jadi 21 mm. Agar saat overlap lebih aman, pembesaran dilakukan dengan merombak sudut klep, jika Satria lama sudut klep in dan ex sama 20°, maka di versi baru jadi 16° untuk in dan 17° untuk ex. Sedang batang klep sama 4,5 mm, namun ukurannya sedikit lebih panjang.
Kompresi Tinggi
Desain ruang bakar juga dirombak, bertujuan menaikkan rasio kompresi jadi 11,5:1 meningkat dari Satria karbu yang hanya 10,2:1. "Jadi sebaiknya jangan pakai Premium, minimal Pertalite lah," saran Joseph.
Desain ruang bakar juga dirombak, bertujuan menaikkan rasio kompresi jadi 11,5:1 meningkat dari Satria karbu yang hanya 10,2:1. "Jadi sebaiknya jangan pakai Premium, minimal Pertalite lah," saran Joseph.
Radiator Paling Besar di Kelasnya
Dengan rasio kompresi lebih tinggi, otomatis panas yang dihasilkan juga makin besar, tapi gak perlu khawatir jadi mudah overheat, karena Suzuki membekali dengan sistem pendingin cairan pakai radiator dengan dimensi paling besar di kelasnya, kapasitas cairan mencapai 1.260 ml.
Dengan rasio kompresi lebih tinggi, otomatis panas yang dihasilkan juga makin besar, tapi gak perlu khawatir jadi mudah overheat, karena Suzuki membekali dengan sistem pendingin cairan pakai radiator dengan dimensi paling besar di kelasnya, kapasitas cairan mencapai 1.260 ml.
Tensioner Keteng Satu Arah
Bagian rantai mesin alias keteng juga mengalami upgrade, sekarang pakai keteng dengan tipe 4:3 dari 3:2 sehingga lebih kuat. Keteng ini mirip milik Suzuki FXR150. Tensionernya juga diganti model satu arah, seperti milik Shogun sehingga lebih kuat, bukan per spiral lagi.
Bagian rantai mesin alias keteng juga mengalami upgrade, sekarang pakai keteng dengan tipe 4:3 dari 3:2 sehingga lebih kuat. Keteng ini mirip milik Suzuki FXR150. Tensionernya juga diganti model satu arah, seperti milik Shogun sehingga lebih kuat, bukan per spiral lagi.
Sistem Kopling Outer Pull Baru
Pada generasi terbarunya ini terdapat perbedaan pada sistem kopling outer pull-nya, yaitu dengan jumlah gigi stut lebih sedikit. "Efeknya adalah feeling memainkan koplingnya menjadi lebih sporty dan sangat responsif, namun ada sisi negatif yaitu kopling menjadi berat, tapi gak perlu khawatir kita sudah mengatasinya agar tetap enteng dengan cara as stutnya dibuat tebal," lanjut ujar Joseph.
Pada generasi terbarunya ini terdapat perbedaan pada sistem kopling outer pull-nya, yaitu dengan jumlah gigi stut lebih sedikit. "Efeknya adalah feeling memainkan koplingnya menjadi lebih sporty dan sangat responsif, namun ada sisi negatif yaitu kopling menjadi berat, tapi gak perlu khawatir kita sudah mengatasinya agar tetap enteng dengan cara as stutnya dibuat tebal," lanjut ujar Joseph.
Masih banyak lagi perbedaan
pada Suzuki Satria F150 injeksi ini, seperti di rasio dan sistem injeksi
tentunya. Mau tau selengkapnya? Tunggu di artikel selanjutnya.
Penulis : Fariz, Aant
Data Spesifikasi Suzuki Satria F150 FI
Dimensi
P x L x T : 1.960 mm x 675 mm x 980 mm
Wheelbase : 1.280 mm
Tinggi jok : 765 mm
Ground Clearance : 150 mm
Berat kosong : 109 kg
Mesin
Jenis mesin : 4-tak, liquid cooled, DOHC, 4-valve
Jumlah silinder : 1
Bore x stroke : 62 mm x 48,8 mm
Kapasitas mesin 147,3 cc
Power maksimum : 18,2 dk/ 10.000 rpm
Torsi maksimum : 13,8 Nm / 8.500 rpm
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Sistem penggerak : Rantai
Transmisi : 6 percepatan
Rangka
Tipe rangka : Underbone
Panel instrumen : full digital
Kapasitas tangki bahan bakar : 4 liter
Jarak tempuh : 200 km
Standar emisi : EURO 3
Shutter key, oil lever lens, ruang penyimpanan : tersedia
Dimensi
P x L x T : 1.960 mm x 675 mm x 980 mm
Wheelbase : 1.280 mm
Tinggi jok : 765 mm
Ground Clearance : 150 mm
Berat kosong : 109 kg
Mesin
Jenis mesin : 4-tak, liquid cooled, DOHC, 4-valve
Jumlah silinder : 1
Bore x stroke : 62 mm x 48,8 mm
Kapasitas mesin 147,3 cc
Power maksimum : 18,2 dk/ 10.000 rpm
Torsi maksimum : 13,8 Nm / 8.500 rpm
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Sistem penggerak : Rantai
Transmisi : 6 percepatan
Rangka
Tipe rangka : Underbone
Panel instrumen : full digital
Kapasitas tangki bahan bakar : 4 liter
Jarak tempuh : 200 km
Standar emisi : EURO 3
Shutter key, oil lever lens, ruang penyimpanan : tersedia
Entek wis kangbro….habis sampai
ampas-ampasnya sebab kali ini IWB akan mengupas seluruh aspek perubahan
jerohan mesin, sasis, fitur hingga seluruh detil sang ayago terbaru
Suzuki Satria FU injeksi. Biarlah produk belum meluncur…namun khusus
untuk para pembaca Iwanbanaran.com serta IWBspeed….artikel akan
memberikan informasi total…bocoran teknis perubahan dan aspek lain. Ojo
lali siapin gedang goreng lan kopi atau teh biar bacanya angler.
Siapppp???. Ready goooooooooo!!!!!!! ….
Dari pengamatan IWB…Suzuki betul-betul
sekuat tenaga meracik new FU injeksi sesempurna mungkin. Segala sisi
dirombak mulai dari teknologi lampu, speedometer, ergonomi riding,
sasis, jok, engine (pasti) serta penambahan fitur. Semua akan IWB
jabarkan dalam bocoran gambar….screen by screen (suwun kangbro). Cekidot
pakde….
A. Dimensi dan sudut ergonomi riding
New Fu FI secara fisik ternyata lebih
panjang, lebar dan berat dibanding versi karbu. Jarak ketanahpun lebih
jangkung ditambah tinggi tempat duduk yang bertambah 1 mm. Namun karena
ada modifikasi pada bagian jok pabrikan mengklaim motor lebih memiliki
kenyamana lebih dibanding old gen….
B. New headlight LED dan hadirnya visor
C. New design main switch
Cara nutup kunci magnet cukup geser
tutup kunci magnet dekat tulisan “Shut’ dengan jari….dan membuka
menggunakan kunci kontak hanya ditekan saja…jadi nggak perlu diputer
D. Desain shroud baru
D. Revisi jok
Desain jok yang lebih tipis sehingga membuat rider menyatu. Namun keempukan busa tetap diperhatikan….
E. Desain gear dan rantai baru
Terdapat seal pada gear untuk menahan
pelumas di dalam pin-pin rantai. Kemungkinan harga lebih mahal. Namun
dipastikan kekuatan meningkat…
F. Desain rear fender easy plug
G. Bagasi depan
F. Easy start
G. New Frame
H. Perombakan kontruksi engine
I. Busi menggunakan tipe baru
J. Desain rantai cam berubah
Rantai cam chain dengan model 4-3. Suzuki mengklaim model ini seperti cam chain milik Shogun 110 lama, awet, tidak berisik, namun sepertinya juga lebih mahal dari model 3-2….
K. Panjang per klep berubah
L. Kampas kopling
Bentuk kampas kopling masih sama. Hanya jarak kampas dibuat lebih renggang jadi memungkinkan oli dapat masuk dan melumasi lebih baik. Dan dengan itu, keluhan konsumen tentang kopling FU yang agak keras nantinya bisa teratasi jadi lebih empuk….
Selebihnya….monggo intip wae lampiran
gambar dibawah ini. Soale uakehhh bener. IWB sudah bongkar dan suguhkan
sampai ampas-ampasnya buat sampeyan semua. Jadi pas peluncuran nanti
sampeyan hanya tinggal intip fisik desain….sreg atau tidak. Nah….Jika
ada yang kurang jelas…silahkan diskusikan via kolom komentar. Sing
penting diskusi sehat ora debat ngawur kangbro. Lek geger sawat sandal
swallow kene . So….new Satria FU??. Betul-betul berubah total. Tunggu saja tanggal rilisnya bulan ini…..(iwb)
Bedah total Suzuki all new Satria FU 150 injeksi……nih dia bukti power tembus 18,2HP !! December 23, 2015
Posted by iwanbanaran in : Otomotif , trackback
Bro dan sis sekalian…bocoran tentang new
Satria Fu 150 ini sebenarnya sudah IWB kekepin sejak semalam. Karena
perlu proses untuk melakukan editing….baru pagi ini akhirnya artikel
bedah total sukses IWB godok. Artikel pemanasan tadi pagi sebagai
pembuka dan inilah varsi lengkap dari bedah total sang ayago injeksi
Suzuki. Cekidottt kangbro….
IWB mampu menjabarkan diartikel
sebelumnya karena memang sudah ada data ditangan (suwun buat narasumber
IWB….juozzz gandozzzzzz sampeyan
). Seluruh bukti….mulai dari muntahan power hingga torsi dijabarkan
secara gamblang. Tak terkecuali fitur hingga garis besar sistem injeksi
sang ayago. Suzuki menggunakan Sonic 150 serta MX King sebagai benchmark
pengembangan….
Terbukti….beberapa penjabaran mengupas
komparasi ketiganya. Seperti power dan torsi, bagasi, kaliper dsb.
Bocoran juga mengumbar fitur yang ada pada speedometer….bagasi dan
pernik lain. Btw….seluruh penjabaran sudah IWB singgung diartikel
sebelumnya. So…kali ini biarlah gambar yang berbicara. Btw…apakah
banderol akan dipasang diangka 28 juta??. Jika ini dilakukan….Suzuki
sama saja menggali masalah sendiri sebab diangka tersebut banyak pilihan
yang akan mematikan siayago pelan-pelan. Secara pribadi IWB percaya SIS
tidak akan gegabah soal pricing. Kita tunggu saja. So….new FU
injeksi??. Jelas berubah total mzbro. Mantappp !!…(iwb)
Tanya ni Bang, per koplingnya sama nggak dengan satria karbu dan shogun FL
BalasHapusTanya ni Bang, per koplingnya sama nggak dengan satria karbu dan shogun FL
BalasHapusTanya ni Bang, per koplingnya sama nggak dengan satria karbu dan shogun FL
BalasHapus