"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Honda beAT gagal di starter & ngeloss saat di kick starter

by : Warung DOHC

3 tahun  sedari  baru dengan  pemakaian  normal ringan  adalah  masa masa dimana  matic  pada  umumnya  mulai  mengeluarkan  penyakit  menjengkelkan  seperti yang  dialami  si  genduk biru beAT  saya  ini  ,  tiba tiba di sms  ,   diomelin  istri  karena  saat  sedang  belanja  tiba tiba motor  ga  mau di starter  ,   di  standart tengah  dibantu orang  pun  di  slah  kic  starter  malah  ngeloss  !  :mrgreen:

IMG_7756
nah  jika  kejadian  tersebut  terjadi  berulang ulang  jelas  membuat  para  istri  minta  motor  baru :mrgreen:   ,   penyebabnya  bisa  dijelaskan  seperti  ini  ,   root  cause nya  adalah kotor  &  mulai  berkerak  &  banyak  endapan  karat  di  area  starting  CVT
IMG_7760
starting  cluth  yang  suaranya  Blethakkkkk  cezzz  greng  itu  bekerja  maju  mundur  saat tombol  starter  di pencet ,  sementara  kalau  unit  spring rack  kick  starter  ngadat  /  nyangkut  karena  mekanisme  kering  kotor  &  springnya  nyangkut  ,  selain  di  slah  ngeloss  adalah  saat  di  starter electric  motornya  ga  kuat  menggerakkan  pulley primer  ,  akhirnya  hanya  muncul  suara  jegrakkk  jgrekk  menyeramkan  yang  menimbulkan  kepanikan minta  ganti  motor  baru  bagi  para  istri !  aghihihi  :mrgreen:
IMG_7763
penanganannya  simple  &  gampang!  ,  bongkar  cover  CVT  dengan  melepas  semua  baut pengikat  dengan  kunci  shoc no 8
IMG_7765
pada  gambar  diatas  ^
no  1  adalah  housing  starter  cluth
no 2  adalah  starter  cluth  atau  gear  penghantar  putaran  motor  starter
no 3  adalah  helical gear  mekanisme   kick  starter
part  part  tersebut  perlu  di  check   di  bersihkan  dan  dilumasi  dengan  grease   atau  gemuk  istilahnya agar  mekanisme  pergerakannya  lancar  & tidak  tersendat
IMG_7768
^  gambar  diatas  bersihkan area   cover  CVT  dan  mekanisme  rack  gear  yang  penuh  kotoran
IMG_7780^  gambar  diatas   setelah  dibersihkan  dengan  menyemprot  udara  bertekanan  dari  kompressor  ke semua  sela  sela  cover  &  mekanisme  starter  ,  maka  dari  balik  rack  gear  terdapat  spring  pembalik  kick  starter  semprot  dengan  penetrant  anti  karat  agar  terlumasi  ,  dan  berikan  grease  pada  rack  gear  &  helical  gear
IMG_7784
lumasi  dengan  grease  juga  pada  cluth  motor starter,   kembalikan  semua  part yang telah  dibongkar  dengan  berkebalikan proses  saat  membongkar  perhatikan  jika  ada  plat    ring  washer  jangan  sampai  hilang  &  terbalik  pemasangannya  tutup  semua  cover  &  Matic  pun  siap  menjelajah !   :wink:
Notice  :  perawatan  CVT  ini  sama persis  untuk type  beAT Fi – scoopy-spacy,  &  mirip  untuk  matic  cc  kecil  lainnya
Warning :  penyakit  seperti  ini  bisa  menjangkit  semua  jenis &  merk  matic CC  kecil   dengan    system  kick starter  &  motor  starter  yang  menggerakkan  mesin  via  pulley  sering  kejadian  juga  di  Mio ,  waspadalah  waspadalah  !   :mrgreen:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar