Berikut Adalah Generasi Honda Vario Dari Tahun Ke Tahun
Generasi Pertama Honda Vario (2006-2013)
Honda vario generasi pertama merupakan
bentuk antisipasi dari Astra Honda Motor atas semakin populernya skuter
otomatis di Indonesia, dan merupakan skuter otomatis berpendingin cair
pertama yang beredar dalam pasar skuter matik Indonesia. vario beberapa
kali mengganti striping tetapi tidak melakukan perubahan pada body dan
mesin dan Honda Vario cukup diminati oleh masyarakat Indonesia.
Spesifikasi Dari Honda Vario
- Mesin 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
- Diameter dan langkah: 50 × 55 mm, kapasitas 108 cc
- Rasio kompresi 10,7 : 1
- Daya maksimum 8,99 PS @ 8.000 rpm
- Torsi maksimum 0,86 kgf.m @ 6.500 rpm
- Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
- Jarak sumbu roda: 1.273 mm
- Dimensi 1.897 x 680 x 1.083 mm
- Kapasitas tangki bensin 3,6 liter
- Berat kosong 99,3 kg
- Suspensi depan teleskopik dan suspensi tunggal dengan lengan ayun
- Rem depan 190 mm cakram hidrolik piston tunggal, belakang tromol
- Tipe busi NGK CR7EH-9 atau Denso U22FER9
- Karburator Keihin AVK22
- Sistem pengapian DC-CDI
- Transmisi otomatis Honda V-Matic
Generasi Kedua Honda Vario Techno 110 (2009-2013)
Honda Vario Techno 110, dengan tampilan
baru dan memperkenalkan sistem Combination Brake System disingkat
Combi-Brake System atau CBS. CBS adalah sistem pengereman bersamaan
dengan otomatis saat rem belakang diaktifkan, CBS tidak aktif saat
mengerem hanya dengan rem depan.
Spesifikasi Dari Honda Vario Techno 110
- Mesin 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
- Diameter dan langkah: 50 × 55 mm, kapasitas 108 cc
- Rasio kompresi 10,7 : 1
- Daya maksimum 8,99 PS @ 8.000 rpm
- Torsi maksimum 0,86 kgf.m @ 6.500 rpm
- Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
- Suspensi depan teleskopik dan suspensi tunggal dengan lengan ayun
- Rem depan 190 mm cakram hidrolik piston tunggal, belakang tromol. Dengan CBS
- Tipe busi NGK CR7EH-9 atau Denso U22FER9
- Karburator Keihin AVK22
- Sistem pengapian DC-CDI
- Transmisi otomatis Honda V-Matic
Generasi Ketiga Dari Honda Vario PGM 125 FI ( 2012 – 2014 )
Generasi ketiga Honda Vario menghadirkan
mesin dan tampilan yang berbeda dengan Honda Vario generasi sebelumnya.
Dilengkapi dengan mesin 125 cc dengan pendinginan cair, injeksi
Programmable-Fuel Injection (PGM-FI) dan fitur-fitur lainnya. Honda
Vario Techno 125 menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Honda
Vario Techno 125 hadir dalam varian CBS dan non-CBS
Tidak lama setelah diluncurkan, Astra
Honda Motor meluncurkan Honda Vario Techno 125 dengan Idling Stop System
(ISS), sistem yang diperuntukan untuk menghemat bahan bakar, mesin mati
secara otomatis setelah 3 detik berhenti. Honda Vario Techno 125 ISS
hanya tersedia dengan varian CBS, untuk saat ini varian non-CBS belum
tersedia. Honda Vario FI yang diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) DI
BULAN aPRIL 2014 memiliki banyak perbedaan dari pendahulunya, mulai dari
desain, dimensi, sasis hingga mesin. Khusus sektor mesin, Vario FI
disokong teknologi yang berbeda dari pendahulunya. Berbeda dengan Honda
Vario sebelumnya, Honda Vario FI tidak memiliki radiator sehingga mesin
Vario FI mirip dengan Scoopy FI dan BeAT FI yaitu menggunakan pendingin
udara.
Perbedaan dari pendahulunya yang signifikan dengan tidak adanya radiator, mesin
Spesifikasi Honda Vario PGM 125 FI
- Mesin: PGM-FI, 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
- Diameter dan langkah: 52,4 × 57,9 mm
- Kapasitas: 124,8 cc
- Rasio kompresi: 11 : 1
- Daya maksimum: 11,3 PS @ 8.500 rpm
- Torsi maksimum: 1,1 kgf.m @ 5.000 rpm
- Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
- Jarak sumbu roda: 1.281 mm
- Dimensi (p x l x t): 1.918 x 689 x 1.103 mm
- Kapasitas tangki bensin: 5,5 liter
- Berat kosong: 112 kg
- Suspensi depan: teleskopik
- Suspensi belakang: tunggal dengan lengan ayun
- Rem depan: 190 mm cakram hidrolik piston tunggal
- Rem belakang: tromol
- Tipe busi: NGK CPR9EA-9 atau Denso U27EPR-9
- Throttle Body: 24 mm
- Transmisi: otomatis Honda V-Matic
Kali ini honda memang benar-benar
mengubah mesin dari honda vario 110 karburatornya dengan Honda Vario 110
FI 2014 Terbaru yang telah menggunakan mesin injeksi dengan pendingin
udara. jika kita melihat sekilas, maka kita tidak akan menemukan banyak
perbedaan dari sisi desain dengan vario versi karburator, namun jika
kita melihat dari sisi mesin fiturnya maka akan banyak perubahan yang di
tawarkan oleh new honda di vario 110 FI ini.
fitur unggulan dari honda vario 110 F1
ini ialah telah di lengkapi dengan teknologi Answer Back System yang
merupakan aplikasi pertama yang ada pada motor di indonesia, teknologi
ini berfungsi untuk mempermudah pemilik dalam menemukan kendaraannya di
saat parker dengan menekan tombol remote control dan nanti honda vario
akan berbungi dan lampu menyala.
Generasi Ke Lima Dari Honda Vario 150 FI (2015 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar