Penulis : Eka
Foto : GT
Dalam brosurnya, New
Honda Revo FI diklaim lebih irit BBM ketimbang Revo karburator. Malah,
peningkatan keiritan BBM yang ditawarkan bisa sentuh 23%. Jika Revo
karbu bermain di 1 liter : 50,7 km/liter, maka New Revo FI bisa 1 liter :
62,2 km/liter.
Begitu juga akselerasi atau performa yang
ditawarkan. Diklaim lebih cepat dari Revo karbu. Kecepatan puncak yang
diberikan bisa sentuh 102 km/jam. Sedang Absolute Revo, hanya 92 km/jam.
Banyak perubahan yang ditawarkan di Revo
injeksi ini. Tetapi, dari mana bisa dapatkan peningkatan itu ya? Sebab,
secara kontruksi engine, Revo FI juga usung spek bore x stroke yang sama
dengan generasi sebelumnya (bore 50 mm X stroke 55,6 mm. Yukz, kita
bedah!
Piston
Ini juga yang membuat rasio kompresi mesin
Revo FI menjadi 9,3 : 1. Ya, ada peningkatan rasio kompresi mesin
ketimbang Revo karbu yang hanya 9,1 : 1. Tujuannya, agar performa engine
turut meningkat.
Ubahan piston 50 mm ini ada dibagian kubah
atau dome. Dome di piston Revo FI lebih tinggi ketimbang Revo karbu
yang cekung. Di piston ini tak terdapat alur di dinding piston. (www.motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar