Dilakukan tiap 15.000 km atau 15 bulan sekali, tergantung ukuran mana yang tercapai lebih dulu.
Bagian mana saja yang harus dirawat berkala dan apa saja jenis perawatannya diuraikan melalui table di bawah ini.
Jenis Service
|
2 Tak
|
4 Tak
|
Matic (CVT)
|
||
SERVICE BESAR |
Check oli samping, tambah jika kurang
|
Check/ setel kerenggangan klep
|
Bersihkan filter van belt
|
||
Bersihkan head silinder
|
Periksa aliran oli
|
Check/ bersihkan selang kotorang gear
|
|||
Check/ setel kekencangan rantai
|
Periksa kondisi oli gear (ganti jika kotor/ ganti jika kurang)
|
||||
Check ketinggian air accu (tambahkan bila kurang)
|
|||||
Check jarak tempuh dan kekentalan oli (ganti juga sudah kotor)
|
|||||
Bersihkan karburator
|
|||||
Check gerak putar handle gas (semprot WD jika tidak lanca)
|
|||||
Bersihkan saringan udara
|
|||||
Check fisik busi (ganti jiga katoda tipis, setel kerenggan katoda)
|
|||||
Check/ bersihkan saluran selang bensin dari tangki ke karburator
|
|||||
Check dudukan shock brecker
|
|||||
Check kekencangan comstir
|
|||||
Check/ stel jarak tuas pengereman roda depan
|
|||||
Check/ stel jarak pedal/ tuas pengereman roda belakang
|
|||||
Check fungsi kelistrikan dan lampu (ganti jika mati)
|
|||||
Kencangkan baut-baut yang kendor
|
|||||
Untuk pelek jari-jari kencangkan jari-jari
|
|||||
Periksa tekanan ban (jika tidak sesuai ukuran tambah/ kurangi)
|
|||||
Bersihkan cylinder body
Check compresi
|
|||||
Bersihkan silencer knalpot
|
Check kompresi
|
||||
Check fisik dan fungsi kerja fan belt (ganti jika retak)
|
|||||
1. Cek Kompresi Seb Pembongkaran
2. Pembongkaran
3. Pembersihan
4. Pengukuran
5. Penggantian Part yang Rusak dan WAJIB Diganti
6. Skir Klep
7. Perakitan
8. Stel Klep
9. Cex Kompresi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar