Tipe | Vario 150 eSP Exclusive Type | Vario 150 eSP Sporty Type | |
Harga | Rp20.050.000 | Rp19.900.000 | |
Dimensi | |||
Panjang X Lebar X Tinggi | 1.921 x 683 x 1.096 mm | 1.921 x 683 x 1.096 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.280 mm | 1.280 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 135 mm | 135 mm | |
Berat kosong | 109 Kg | 109 Kg | |
Kapasitas tangki bahan bakar | 5,5 liter bahan bakar | 5,5 liter bahan bakar | |
Rangka | |||
rangka | Tulang punggung | Tulang punggung | |
Tipe suspensi depan | Teleskopik | Teleskopik | |
Tipe suspensi belakang | Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal | Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal | |
Ukuran Ban Depan | 80/90 - 14 M/C 40P (tanpa ban dalam) | 80/90 - 14 M/C 40P (tanpa ban dalam) | |
Ukuran Ban Belakang | 90/90 - 14 M/C 46P (tanpa ban dalam) | 90/90 - 14 M/C 46P (tanpa ban dalam) | |
Rem Depan | Cakram hidrolik, dengan piston tunggal | Cakram hidrolik, dengan piston tunggal | |
Rem Belakang | Tromol - sistem pengereman CBS | Tromol - sistem pengereman CBS | |
Mesin | |||
mesin | 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP | 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP | |
Kelas | 150 | 150 | |
Volume Langkah | 150 cc | 150 cc | |
Diameter X Langkah | 57,3 x 57,9 mm | 57,3 x 57,9 mm | |
Perbandingan Kompresi | 10,6 :1 | 10,6 :1 | |
Daya Maksimum | 9,3 kW / 8.500 rpm | 9,3 kW / 8.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 12,8 N.m / 5.000 rpm | 12,8 N.m / 5.000 rpm | |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 0,8 liter pada penggantian periodik | 0,8 liter pada penggantian periodik | |
Tipe Kopling | Otomatis, sentrifugal, tipe kering | Otomatis, sentrifugal, tipe kering | |
Tipe Transmsi | Otomatis, V-Matic | Otomatis, V-Matic | |
Pola Pengoperan Gigi | Otomatis | Otomatis | |
Tipe Starter | Pedal dan elektrik | Pedal dan elektrik | |
Kelistrikan | |||
Tipe Battery | Battery 12V-5Ah, tipe MF | Battery 12V-5Ah, tipe MF | |
Busi | ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9 | ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9 | |
Pengapian | Full Transisterized, Baterai | Full Transisterized, Baterai |
Beda Mesin Honda Vario 150 eSP Dengan Honda Vario 125 eSP, Banyak Juga!
Jakarta - Meskipun secara tampilan All New Honda Vario 150 eSP dan All New Honda Vario 125 eSP tapi ternyata banyak juga loh perbedaan dari kedua skutik teranyar Honda. Dan pastinya tidak hanya soal kapasitas mesinnya saja. Ini nih bedanya All New Honda Vario 150 eSP dengan All New Honda Vario 125 eSP. cekidot!
Mesin
Sudah jelas kalau masalah kapasitas mesin berbeda, Keduanya mengusung mesin 4 langkah dengan piston tunggal SOHC 2 katup dengan teknologi PGM-F1. Tapi All New Vario 150 eSP memiliki kapasitas ruang bakar lebih besar yakni 149,3cc sementara All New Honda Vario 125 eSP 124,8cc.
Perbedaan pada piston juga bisa dilihat pada ukuran lubang pin pistonnya juga beda, selisih 1,2mm lebih besar kepunyaan Vario 150 yang terukur 14,2mm. Selain itu bentuk atas piston juga berbeda, bisa dilihat pada gambar di atas.
Diameter payung klepnya otomatis berbeda, untuk All New Honda Vario 150 eSP diameter payung klep in 29mm dan ex 23mm sementara All New Vario 125 eSP lebih kecil yakni 27mm untuk diameter klep ini dan 22mm ex. Lubang small end conrod Vario 150 juga lebih besar 1mm dibandingkan dengan Vario 125 yang punya lubang small end conrod 13,01mm.
Sistem Injeksi Bahan Bakar
Sekilas throttle body kedua skutik ini bagai pinang dibelah dua alias mirip. Tapi jangan salah sob! Meski keliatannya sama tapi diameternya berbeda. Punya All New Honda Vario 150 eSP throttle bodynya lebih besar 2mm dari kepunyaan All New Honda Vario 125 eSP yang berdiameter 24mm. Dan pastinya injektornya berbeda menyesuaikan kapasitas mesin.
Sekarang ke sistem pendinginnya, dari luar covernya terlihat berbeda meski ternyata punya dudukan baut yang sama. Bisa tukeran engga ya? Hehe..Yang membedakan adalah mekanisme tutup radiatornya sob. Vario 150 punya ulir dan terbuat dari plastik yang kuat dan tahan lama, sedang yang 125 masih model lama dengan material besi. "Tutup radiatornya Vario 150 ada ulirnya. Kalau mau dibuka harus pakai kunci ukuran 10," imbuh Sarwono Edhi.
Beda kapasitas mesin maka final gear keduanya juga sangat berbeda. Reduksi akhir All New Vario 150 eSP 9,966(53/18x44/13) sementara All New Honda Vario 125 eSP 10,552(53/17x44/13).
Rasio gear yang berbeda otomatis rollernya beda juga. All New Honda Vario 125 eSP punya roller berbobot total 108 gram yang masing-masing roller punya berat 18 gram. Kalau roller kepunyaan Vario 150 sedikit lebih ringan dengan berat total 93 gram yang masing-masing punya berat 15,5 gram.
Untuk drive belt keduanya sudah mengusung dual cog belt. Namun lebarnya berbeda, ternyata ukuran belt Vario 125 lebih lebar 1,1mm dari kepunyaan Vario 150 yang punya lebar belt 21,7mm. (motor.otomotifnet.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar