"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Vario 150 eSP

http://www.astra-honda.com/files/cache/f39ea0db65c4759226aa394b4ec2094c_f1897.jpg 





Responsive image Responsive image
Tipe Vario 150 eSP Exclusive Type Vario 150 eSP Sporty Type
Harga Rp20.050.000 Rp19.900.000
Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.921 x 683 x 1.096 mm 1.921 x 683 x 1.096 mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 mm 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm 135 mm
Berat kosong 109 Kg 109 Kg
Kapasitas tangki bahan bakar 5,5 liter bahan bakar 5,5 liter bahan bakar
Rangka
rangka Tulang punggung Tulang punggung
Tipe suspensi depan Teleskopik Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 - 14 M/C 40P (tanpa ban dalam) 80/90 - 14 M/C 40P (tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang 90/90 - 14 M/C 46P (tanpa ban dalam) 90/90 - 14 M/C 46P (tanpa ban dalam)
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan piston tunggal Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang Tromol - sistem pengereman CBS Tromol - sistem pengereman CBS
Mesin
mesin 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP
Kelas 150 150
Volume Langkah 150 cc 150 cc
Diameter X Langkah 57,3 x 57,9 mm 57,3 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 10,6 :1 10,6 :1
Daya Maksimum 9,3 kW / 8.500 rpm 9,3 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 12,8 N.m / 5.000 rpm 12,8 N.m / 5.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,8 liter pada penggantian periodik 0,8 liter pada penggantian periodik
Tipe Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe Transmsi Otomatis, V-Matic Otomatis, V-Matic
Pola Pengoperan Gigi Otomatis Otomatis
Tipe Starter Pedal dan elektrik Pedal dan elektrik
Kelistrikan
Tipe Battery Battery 12V-5Ah, tipe MF Battery 12V-5Ah, tipe MF
Busi ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9 ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9
Pengapian Full Transisterized, Baterai Full Transisterized, Baterai

Beda Mesin Honda Vario 150 eSP Dengan Honda Vario 125 eSP, Banyak Juga!



Jakarta - Meskipun secara tampilan All New Honda Vario 150 eSP dan All New Honda Vario 125 eSP tapi ternyata banyak juga loh perbedaan dari kedua skutik teranyar Honda. Dan pastinya tidak hanya soal kapasitas mesinnya saja. Ini nih bedanya All New Honda Vario 150 eSP dengan All New Honda Vario 125 eSP. cekidot!

Mesin
Sudah jelas kalau masalah kapasitas mesin berbeda, Keduanya mengusung mesin 4 langkah dengan piston tunggal SOHC 2 katup dengan teknologi PGM-F1. Tapi All New Vario 150 eSP memiliki kapasitas ruang bakar lebih besar yakni 149,3cc sementara All New Honda Vario 125 eSP 124,8cc.
Perbedaaan kapasitas ruang bakar ini dikarenakan ukuran diameter piston All New Vario 150 eSP lebih besar yakni 57,27mm sementara All New Honda Vario 125 eSP punya diameter piston sebesar 52,27mm. Sedang stroke-nya sama saja.

Perbedaan pada piston juga bisa dilihat pada ukuran lubang pin pistonnya juga beda, selisih 1,2mm lebih besar kepunyaan Vario 150 yang terukur 14,2mm. Selain itu bentuk atas piston juga berbeda, bisa dilihat pada gambar di atas.


Diameter payung klepnya otomatis berbeda, untuk All New Honda Vario 150 eSP diameter payung klep in 29mm dan ex 23mm sementara All New Vario 125 eSP lebih kecil yakni 27mm untuk diameter klep ini dan 22mm ex. Lubang small end conrod Vario 150 juga lebih besar 1mm dibandingkan dengan Vario 125 yang punya lubang small end conrod 13,01mm.


Sistem Injeksi Bahan Bakar
Sekilas throttle body kedua skutik ini bagai pinang dibelah dua alias mirip. Tapi jangan salah sob! Meski keliatannya sama tapi diameternya berbeda. Punya All New Honda Vario 150 eSP throttle bodynya lebih besar 2mm dari kepunyaan All New Honda Vario 125 eSP yang berdiameter 24mm. Dan pastinya injektornya berbeda menyesuaikan kapasitas mesin.
"Kelihatannya sama tapi diameternya beda. Punya Vario 150 lebih besar sedikit karena kapasitas mesinnya lebih besar kan, jadi butuh asupan bensin lebih deras." tukas Sarwono Edhi, Service Training Manager Astra Honda Training Center.
Sistem Pendingin
Sekarang ke sistem pendinginnya, dari luar covernya terlihat berbeda meski ternyata punya dudukan baut yang sama. Bisa tukeran engga ya? Hehe..Yang membedakan adalah mekanisme tutup radiatornya sob. Vario 150 punya ulir dan terbuat dari plastik yang kuat dan tahan lama, sedang yang 125 masih model lama dengan material besi. "Tutup radiatornya Vario 150 ada ulirnya. Kalau mau dibuka harus pakai kunci ukuran 10," imbuh Sarwono Edhi.

Transmisi
Beda kapasitas mesin maka final gear keduanya juga sangat berbeda. Reduksi akhir All New Vario 150 eSP 9,966(53/18x44/13) sementara All New Honda Vario 125 eSP 10,552(53/17x44/13).

Rasio gear yang berbeda otomatis rollernya beda juga. All New Honda Vario 125 eSP punya roller berbobot total 108 gram yang masing-masing roller punya berat 18 gram. Kalau roller kepunyaan Vario 150 sedikit lebih ringan dengan  berat total 93 gram yang masing-masing punya berat 15,5 gram.
Nah kekuatan per kopling kedua skutik ini juga beda. Kekuatan renggang per All New Honda Vario 125 eSP 2900 rpm sementara All New Vario 150 eSP 3100 rpm. Panjang per CVT juga berbeda, kepunyaan Vario 150 lebih panjang 12mm dari kepunyaan Vario 125 yang memiliki panjang 133mm.

Untuk drive belt keduanya sudah mengusung dual cog belt. Namun lebarnya berbeda, ternyata ukuran belt Vario 125 lebih lebar 1,1mm dari kepunyaan Vario 150 yang punya lebar belt 21,7mm. (motor.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar