"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Setel PilotJet dan MainJet


    Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal:
Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.

Fungsi Pilot Jet dan Main Jet

Di dalam karburator, selain ada pelampung dan jarum nya  juga terdapat part yang namanya pilot dan main jet. Secara fungsi, baik main jet maupun pilot jet merupakan part jeroan yang dipakai untuk mendukung tugas utama dari karbu,
Pilot-jet berfungsi buat mensuplai bahan bakar di putaran rendah (stasioner) hingga 4.000 rpm. Suplai berangsur hilang dan beralih ke main-jet sesuai bukaan skep dan akhirnya digantikan secara penuh oleh main-jet untuk di putaran atas.

Lubang di holder main-jet berfungsi menambahkan udara agar bahan bakar bisa terdorong cepat ke atas. Jika lubang ini dibesarkan, membuat udara yang masuk jadi semakin banyak. Tentunya bikin campuran jadi miskin.

Setting Karbu
Karbu pny 2 spuyer :
Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :

  • Ukuran Venturi karbu
  • Jarum skep
  • Setelan angin
  • Power jet.
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB
2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :
Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.
Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.
Note:
Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.

Ciri Pilot Jet Kebesaran/Kekecilan

Kebesaran/Kekecilan - Untuk menentukan ukuran spuyer yang pas pada karburator perlu patokan. Jika spuyer terlampau besar, maka bahan bakar hanya terbuang percuma dan power mesin akan ngedrop. Begitu pula jika spuyer terlampau kecil, maka mesin akan cepat panas dan juga performa tidak optimal. Berikut ciri dari setting pilot jet pada karburator motor.
main jet (kiri)  & pilot jet (kanan)
Ciri Pilot Jet Kebesaran
  1. Mesin susah menyala
  2. Busi basah bensin
  3. Karburator dan intake manifold mengembun
  4. Knalpot berasap hitam
  5. Brebet ketika grip gas terbuka 0 - ½ putaran
  6. Angin-angin karburator terbuka penuh, mesin tidak mati
Ciri Pilot Jet kekecilan
  1. Mesin susah menyala
  2. Busi kering
  3. Mesin menyala saat starter menggunakan choke
  4. Stationer mesin tinggi walau skep tertutup rapat
  5. Angin-angin karburator tertutup penuh, rpm tinggi
  6. Knalpot meledak-ledak
Cara pengecekan & Solusi

  1. Putar angin-angin karburator.
    Apabila terbuka penuh masih timbul gejala brebet, ganti pilot jet yang lebih kecil. Apabila tertutup penuh mesin lebih teriak (rpm lebih tinggi), ganti pilot jet yang lebih besar.
  2. Cek elektroda busi
    Elektroda busi basah dan hitam kering menunjukkan bahwa pilot jet terlalu besar disertai angin-angin karburator yang belum disetting benar. Sebaliknya, elektroda busi putih kering menunjukkan bahwa pilot jet terlalu kecil disertai angin-angin karburator yang terlalu menutup.
  3. Cek bukaan skep
    Apabila brebet terjadi pada bukaan skep 0 - ½ putaran, maka benar ukuran pilot jet yang digunakan masih belum tepat. Apabila brebet terjadi pada bukaan skep ½ - 1 putaran, maka bukan pilot jet melainkan jarum skep maupun main jet yang mengalami trouble.
Ciri Pilot Jet sudah Pas
  1. Angin-angin karburator berada pada bukaan ½ - 2 putaran dari tertutup
  2. Mesin tidak mengalami gejala bandang (rpm tinggi walau skep menutup)
  3. Tidak ada ledakan di knalpot
  4. Elektroda busi samping berwarna merah bata/coklat
NB:
Kondisi di atas merupakan saat dimana mesin dalam kondisi sehat (tidak mengalami kebocoran klep, kompresi, induksi, dsb). Ciri di atas dapat digunakan ketika mengganti karburator maupun ubahan lainnya (knalpot, noken, dsb).

Ciri Main Jet Kebesaran/Kekecilan

main jet (kiri)  & pilot jet (kanan)
Untuk menentukan ukuran spuyer yang pas pada karburator perlu patokan. Jika spuyer terlampau besar, maka bahan bakar hanya terbuang percuma dan power mesin akan ngedrop. Begitu pula jika spuyer terlampau kecil, maka mesin akan cepat panas dan juga performa tidak optimal. Berikut ciri dari setting pilot jet pada karburator motor.
Ciri Main Jet Kebesaran
  1. Busi basah bensin
  2. Karburator dan intake manifold mengembun
  3. Knalpot berasap hitam
  4. Brebet ketika grip gas terbuka ½ - 1 putaran
  5. Akselerasi motor berat
Ciri Main Jet kekecilan
  1. Busi putih kering
  2. Akselerasi sangat lemah
  3. Timbul suara 'ngook' di karburator ketika akselerasi
  4. Knalpot meledak-ledak setelah motor berpacu
  5. Suhu mesin sangat tinggi
Cara pengecekan & Solusi

  1. Cek insulator busi
    Insulator busi basah dan hitam kering menunjukkan bahwa main jet terlalu besar. Sebaliknya, insulator busi putih kering menunjukkan bahwa main jet terlalu kecil.
  2. Cek bukaan skep
    Apabila brebet terjadi pada bukaan skep ½ - 1 putaran, maka benar ukuran main jet yang digunakan masih belum tepat. Apabila brebet terjadi pada bukaan skep 0 - ½ putaran, maka bukan main jet melainkan pilot jet maupun cutaway skep yang mengalami trouble.
Ciri Main Jet sudah Pas
  1. Suhu mesin ideal
  2. Tidak ada ledakan di knalpot
  3. Elektroda busi tengah dan insulator berwarna merah bata/coklat
NB:
Kondisi di atas merupakan saat dimana mesin dalam kondisi sehat (tidak mengalami kebocoran klep, kompresi, induksi, dsb). Ciri di atas dapat digunakan ketika mengganti karburator maupun ubahan lainnya (knalpot, noken, dsb).


Macam Spuyer (Main Jet dan Pilot Jet) Karburator Mikuni

spuyer mikuni
Berikut merupakan macam spuyer (main jet dan pilot jet) dari karburator Keihin yang beredar di Indonesia. Semoga membantu.
PILOT JET
1. M28/1001
Untuk karburator RX100, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40.
pilot jet RX100

2. VM22/210
Untuk karburator V80, RX King, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 10, 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40.
pilot jet V80, RX King, dsb.
3. VM28/486
Untuk karburator Jupiter, Satria FU, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 10, 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45, 47.5, 50, 52.5, 55, 60, 65.

pilot jet Jupiter, Satria FU, dsb.
MAIN JET
1. N100.604 Large Round
Untuk karburator Jupiter, Vega, Shogun, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 50, 52.5, 55, 57.5, 60, 62.5, 65, 67.5, 70, 72.5, 75, 77.5, 80, 82.5, 85, 87.5, 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 105, 107.5, 110, 112.5, 115, 117.5, 120, 122.5, 125, 127.5, 130, 132.5, 135, 137.5, 140, 142.5, 145, 147.5, 150, 152.5, 155, 157.5, 160, 162.5, 165, 167.5, 170, 172.5, 175, 177.5, 180, 182.5, 185, 187.5, 190, 192.5, 195, 200, 205, 210, 220, 230, 240.
main jet Jupiter, Shogun, dsb.
2. 4/042 Hex
Untuk karburator TM, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 50, 55, 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90, 95, 100, 105, 110, 115, 120, 125, 130, 135, 140, 145, 150, 155, 160, 165, 170, 175, 180, 185, 190, 195, 200, 210, 220, 230, 240, 250, 260, 270, 280, 290, 300, 310, 320, 33,0 340, 350, 360, 370, 380, 390, 400, 410, 420, 430, 440, 450, 460, 470, 480, 490, 500, 540, 560, 580, 600, 620, 640, 650, 660, 680, 700, 710, 720.
main jet TM

Macam Spuyer (Main Jet dan Pilot Jet) Karburator Keihin

spuyer keihin
Berikut merupakan macam spuyer (main jet dan pilot jet) dari karburator Keihin yang beredar di Indonesia. Semoga membantu.
PILOT JET
1. N424-21
Untuk karburator FCR-MX. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58, 60, 62, 65, 68, 70, 72, 75, 78, 80.
pilot jet FCR-MX.
2. N424-22
Untuk karburator Supra X 125, C-100 series, C70, dsb. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58, 60, 62, 65, 68, 70.
pilot jet Supra, Grand, dsb.
3. N424-24
Untuk karburator CR. Ukuran spuyer original keihin adalah: 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58.
pilot jet karburator CR

4. N424-25
Untuk karburator CV,CVK, FCR. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58, 60, 62, 65.
pilot jet CVK
5. N424-26
Untuk karburator Tiger, PE, GL-series, Vario, Beat, dsb. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50.
pilot jet Tiger, GL-series, dsb.
MAIN JET
1. Round 99101-393
Untuk karburator Tiger, PE, GL-series, Vario, Beat, dsb. Ukuran spuyer original keihin adalah: 60, 62, 65, 68, 70, 72, 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90, 92, 95, 98, 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128, 130, 132, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 158, 160, 162, 165, 168, 170, 172, 175, 178, 180, 182, 185, 188, 190, 192, 195, 198, 200.
main jet PE, GL-series, Tiger, dsb.
2. Hex 99101-357
Untuk karburator PJ, PWM, PWK, CR Special, FCR-MX. Ukuran spuyer original keihin adalah: 80, 82, 85, 88, 90, 92, 95, 98, 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128, 130, 132, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 158, 160, 162, 165, 168, 170, 172, 175, 178, 180, 182, 185, 188, 190, 192, 195, 198, 200, 205, 210, 215, 220, 225, 230.
main jet PJ, PWK, dsb.
2. 1001-806
Untuk karburator CS-1 dan CBR 150. Ukuran spuyer original keihin adalah: 90, 92, 95, 98, 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 125, 130, 135, 138, 140, 142, 145, 150, 155, 160, 162, 165, 170, 175, 180, 185.
main jet CS1 dan CBR 150

122 komentar:

  1. keren banget postingannnya lengkap coy mkasih yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ach...bisa adja ci teteh he2...Thank ya

      Hapus
    2. Mau tanya gais motor qu sg125 kalau jalan pelan lancar, tapi tancap gas mesin langsung merebet lalu mesin mau mati kaya kehabisan bensin, di engkol lagi 4/8 kali baru mau hidup, motor si nyala aja tapi gk nyaman kalau suda mau naik tanjakan ruma" merebet lagi. Solusi y gimana gais

      Hapus
    3. pilot naikin 1 step dah om.. dicoba habis itu sesuaikan main jet kayaknya minta naek juga deh..tap bertahap ya.. jangan lupa pake busi baru dulu sebelumnya

      Hapus
    4. masalah di atas sama persis seperti motor mio saya sekarang, kebetulan mio saya sekarang pake PE 28.. makasih banget solusinya

      Hapus
    5. Klo mio pake PE 28 enak pilot jet sama main jet uk brapa ?

      Hapus
    6. Motor sya jga punya msalh begitu fizr. Klw d pake pelan 20- 30kmh itu enak. Tapi klw naikan rpm 30-40 kmh brebet dan tenaganya drop. Itu terjadi setlah motr sya di overzise 50 dan sedikit pemortingan pada blok.mohon solusinya.

      Hapus
    7. Motor sya jga punya msalh begitu fizr. Klw d pake pelan 20- 30kmh itu enak. Tapi klw naikan rpm 30-40 kmh brebet dan tenaganya drop. Itu terjadi setlah motr sya di overzise 50 dan sedikit pemortingan pada blok.mohon solusinya.

      Hapus
  2. Mantep pisan postingna bray! Nuhun!

    BalasHapus
  3. Thank Bro...smoga bisa jadi referensi

    BalasHapus
  4. Setuju. Bener2 mencerahkan yg awam kyk sy. Tks bro

    BalasHapus
  5. Ini baru postingan bermanfaat.. Komplit & jelas

    BalasHapus
  6. thank all...sharing aja bro bro skalian. saling tuker info he2

    BalasHapus
  7. gan nuhun mau tanya montor RX 100
    karbu saya kan KW merk strong
    Pas pagi dipanasin tuh Gasnya tinggi Trus dibuat jalan bisa sampe 80km/jam trus selah berapa menit Gasnya Angop/tarikannya walau udh Mentok ttep jalannya kisaran 20-40 udh mntok , itu knapa ya pemula soalnya

    BalasHapus
  8. mohon pencerahan :
    Montor saya RX 100 Karbu Merk Strong KW
    Permasalahannya: Disaat pagi hari saat montor dipanasin kondisi mesin bagus gas tinggi dan di buat jalan bisa gas mentok 80-90an KMH itu kira" bang :v dan selang berapa menit Gas menurun padalan gas udh mentok(Maksain)
    kira-kira permasalahannya gimana ya?
    dan mohon solusinya bang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kegedean main jet bang..kalo gak klep intake udah kotor (apalagi kalo saringan karbu gak pernah di pasang)

      Hapus
  9. Masukkan komentar Anda... hallo brother
    mau konsultasi soal karbu tiger sy nih broo, masalahnya begini..
    saat kondisi mesin dingin motor bisa langsam dengan normal, tp setelah jalan kira2 20 kilo mesin sudah mulai panas, dan membuat mesin mendadak ngegerung/ rpm mendadak naik sangat tinggi..awalnya sy pikir kabel gas/cuk ada yg nyangkut/kejepit tp setelah sy cek tidak ada masalah, lalu sy coba mengecilkan putar setelan gas di karbu sampai sangat kecil tp mesin tetap ngegerung tinggi , dan saya coba kecilkan setingan spuyernya sampai terlepas dr karbu . lalu rpm mesin mulai turun, dan saat sy tes lubang spuyer itu dengan menutupnya menggunakan jari , seketika rpm itu mendadak tinggi lg broo...
    solusi untuk lubang spuyer itu bagaimana broo ??
    apa selain spuyer ada masalah lg di karbu tiger sy ??
    mohon solusinya broo, sudah beberapa kali ke bengkel tp tetap saja tidak ada perubahan,.
    trims
    dani - depok

    BalasHapus
  10. Begini bro klo detailnya PASTI harus sesuai pengetesan pembongkaran n pemeriksaan. Klo membaca dri TKP nya. ada beberapa kemungkinan :
    1. Sambungan Karet penyambung antara mesin ke karbu sudah di cex?
    # Ketika mesin sudah rute jauh pasti panas lumayan tinggi. Nah sering terjadi dibengkel kami dari karet tersebut retak kecil (ada bocor). dan kerusakan tersebut hanya terasa saat mesin panas dikarnakan prinsip bahan dari karet itu seiring panas pasti melar n lemas. nah disitulah bocor kecil terjadi. tp saat dingin FINE aja

    2. Bisa juga terjadi karena Skep
    3. Bisa Juga karna baut Air Screw yang O ring Karetnya tidak Ada atau rusak
    4. Jika semua part berada di kondisi normal. Bisa terjadi juga di area r bakar. klep yang bocor

    Fungsi Baut stelan statsioner itu untuk mengangkat skep jadi tidak ada pengaruh nya seharusnya. terkecuali baut stelan air screw / langsam angin

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kabel gas nyangkut gan, cb cek kabel gas apa masih flexibel atau udh seret, mgkn perlu kasih pelumas. atau ga kabel gas ketarik ama sesuatu sehingga membuka gas

      Hapus
    2. Dapet ilmu yg sangat berguna tanpa harus membayar mahal , smoga bermanfaat

      Hapus
  11. motor ane supra x 100 /supra lama. pada saat gas rendah tenaga lambat naik sambil brebet dan pada saat gas tinggi lancar ja tapi agak brebet sedikit. tenaga nya jugak berkurang dan bahan bakar boros gan. solusinya apa gan

    BalasHapus
  12. lakukan Point2 Service Berkala :
    Cex Filter Udara
    Cex Busi & Stel
    Stel Klep
    Cex Kebocoran Leher Angsa Karbu
    Bersihkan Karburator
    Stel Air screw D1 1 1/2 Put Balik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mau nanya motor ku kok rpm nya lambat turun y mas itu apanya padahal karbu masih baru manipol juga baru kabel gas udah saya kasih pelumah kok masih aja ya ms masalahnya mohon bantuan nya msπŸ™

      Hapus
    2. Mas aku mau tanya motorku kok rpm nya lambat turun ya padahal karbu masih baru,manipol baru,kabel gas udah saya kasih pelumas,stelan malah saya borosin tapi kok masih aja y ms masalah nya mohon bantuannya msπŸ™

      Hapus
  13. Minta email atau klo blh no phone.
    bustanularifin@y7mail.com . Mksh

    BalasHapus
  14. Mantap. Klo blh minta no phone. Ada kasus dg pilot jet blm nemu solusi.

    BalasHapus
  15. Minta email atau klo blh no phone.
    bustanularifin@y7mail.com . Mksh

    BalasHapus
  16. mantaapp. tanya bang? motor saya putaran bawah nya enak. atasnya juga ngisi, tapi puteran tengah nya ko mbrebet ya bang? apanya yg salah ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main jet kebesaran ganti yg lebih kecil

      Hapus
  17. aku pake thunder 125....piston size 75...karbu pake PE 28,,dibawa pelan mrebet...malah suka matimati sendiri di lampu merah...bensin boros bgt jarum skep di tengah atau garis 3.....mohon pencerahan nya MJ PJ ukuran brp yg pas di PE 28 utk motor thunder 125 size piston 0.75....terima kasih

    BalasHapus
  18. gan ane pake megapro,motor kalo pagi gk pake choke stater lgsung hidup,tp boroz bnget bensinya,kira apanya gan

    BalasHapus
  19. gan motor ane megapro,kalo pagi distatr lngsung nyala,& gk pake choke,tp.. BB boros bngt gan.kira" ada prmaslahan pada settingan angin" ato gmn gan. pilot jet mainjet msih bwaan mtor .pilotjet 38 .mainjet 105

    BalasHapus
  20. pertama cex. liat dari businya
    Periksa kerja cuknya apa bener? jangan2 ngecuk terus !
    Periksa Jarum skepnya. stelannya
    periksa putaran air screwnya
    periksa lubang pilot sama main jetnya bro. banyak juga standar tp sudah ada yg rojok tuh jd kebesaran

    BalasHapus
  21. Om...megapro monoku gini ceritanya
    Awalnya rojok MJ sikit, malah enak atasnya
    Trus penasara jd y rojok Pj dikit, pikir ane viar bawahnya full power..malah ndut2an, rpm nyangkut,
    Karna naluri PJ n MJ udah rojokan, jd y jarum skep tak amplas, sekaligus lilitin kawat kabel ke Pj n MJ, efek ndut ndutan ilang, tp rpm masih nyangkut, lalu motor maunya di bejek, ngga mau di ajak pelan, pasti nggerung2 RPMnya..
    Nah sekarang udah ganti repairkit ke ukuran standard megapro mono(PJ,MJ,jarum skep)..malah bawahnya jadi mbrebet, trus kalo habis kenceng lepas gas, kadang nembak...dor dor...dr hasil itu apa yg kudu ane rubah...trims

    BalasHapus
  22. Motor saya jupiter z klu pagi dihidupakan gas langsung tinggi..ditunggu berapa saat baru turun..dan klu di bawa jln pada rpm rendah jlnya ndut2an tapi klu rpm tinggi gak ndutan tembus 110 km apa masalahnya ya..saya bingung

    BalasHapus
  23. Bang karbu ane pe28 motor satria fu pengerjaan porting polish papas head, cocoknya pakai mj pj brpa? Gue pakai 152/42 tarikan bawah lumayan tapi atasnya lemah bang

    BalasHapus
  24. Bro mnta pin bb nya dong. Mau nanya2 soal motor nih hehehe

    BalasHapus
  25. Bro mnta pin bb nya dong. Mau nanya2 soal motor nih hehehe

    BalasHapus
  26. Om curhat dong haha,

    Jadi gini KLX 150 ane baru ganti PWK 28 Sudco. Mesin STD Cuman Knalpot Racing aja. nah gejalanya gini , mesin susah hidup , di RPM Bawah lama turunya padahal thorttle dah nutup. Knalpot Ngebul item dan ada netes bensin. Kalo setengah gas suka loss gitu ( Pake Gas kontan Ori KX 85 ). itu kenapa ya oom ? mohon solusi , mau jetting ulang soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turunin Pilot jetnya...cek lagi...itu ngembun apa bensin yg netes

      Hapus
  27. sebenarnya lengkap hanya cara penulisannya khas anak motor coba lengkapi grafik biar saintis lebih ngeh gitu

    BalasHapus
  28. ane baru ganti karbu, tpi pas skep kebuka lebar, langsung brebet. itu kira" knapa?

    BalasHapus
  29. Bang ,ane mau tanya .. Denger* buat motor jupiter z new main sama pilot jet nya itu bisa d gedein .. Maksudnya gimana tuh

    BalasHapus
  30. Apa dengan menggunakan felling seperti yang ngepost ini motor aman?? Atau yang dengan perhitungan orang orang fisika?

    BalasHapus
  31. mau tnya min. motor ane gl sudah rubahan daleman full mp. karbunya series tarikan berat buat kenceng agak di pompa gas nya baru bisa teriak motornya. tapi klo di buat panjang tiba" motor serasa berat di gigi 5 . kurang nya di apa min yah. makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak punya ane bang... coba set ulang mj pj biasanya kegedean

      Hapus
  32. mau tnya min. motor ane gl sudah rubahan daleman full mp. karbunya series tarikan berat buat kenceng agak di pompa gas nya baru bisa teriak motornya. tapi klo di buat panjang tiba" motor serasa berat di gigi 5 . kurang nya di apa min yah. makasihh

    BalasHapus
  33. wah bisa jebol ne dompet kalok mesti bli PJ/MJ satu box...adeh jadi geri pengen maen mtr

    BalasHapus
  34. mau minta saran..klo di top gear kok karbunya angop gitu..kaya ga nambah tenaganya..sama suara karbunya kenceng banget..kira2 apanya ya ? makasih

    BalasHapus
  35. Boleh minta saran nggak gan... motor ane shogun sp 125 new.. mau pake karbu pe 28.. itu PJ dan MJ yg sesuai apa yaa supaya nggak ngadat" jalan nya?? Mohon bantuan nya yaa.. makasih

    BalasHapus
  36. Boleh minta saran nggak gan... motor ane shogun sp 125 new.. mau pake karbu pe 28.. itu PJ dan MJ yg sesuai apa yaa supaya nggak ngadat" jalan nya?? Mohon bantuan nya yaa.. makasih

    BalasHapus
  37. Gan karno ngadatnya seperti apa gan.motor standar apa kohar.karbu pE kw apa ori.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak tarikan lambat naik pas gas full malah turun rpm nya... karbu pe kw super gan..

      Hapus
  38. Gan karno ngadatnya gimana? Motor standar apa kohar.PE kw apa ori.nanti saya coba bantu gan.

    BalasHapus
  39. Mohon petunjuknya gan
    Motor saya byson, kendala yang saya alami slama ini adalah ketika mtor diajak lari d rpm atas, sesekali power atau tenaga tiba2 turun sesaat lalu kembali stabil lagi
    Itu kira2 knpa ya?
    Catt: udh ganti karbu jd PE28
    Trimakasih gan

    BalasHapus
  40. Mohon pencerahan nya gan...
    Motr and mx2012 sudah pke blok set 1pa+noken as nya,krbu pe28 punya RIDEIT,cuma pas gas ¹/² agak ngepos tarikan atas ga joss masih agak bahan,akselerasi jg agak berat...
    Mj100 n pj42 gmna solusinya gan...?

    Mohon di bantu gan...!

    BalasHapus
  41. Mau tanya mas, motor saya mx new standart pakai karbu PE28, putaran bawah enak bro,tp atas karbunya bungi ngoookkkk sama mundur sepedanya,sama pagi harus di chuk baru nyala..
    Mihin saran nya..
    Makasih bro

    BalasHapus
  42. Mohon pencerahaannya kang mtr saya mio 155cc pake karbu pe28
    Gara gara pake knalpot dengan ukuran pipa lebih besar, putaran bawah itu berebet putaran tengah sampe atasnya berat
    Solusinya gmna yah,
    PJ naik/turun brp step?
    MJ naik/turun brp step?
    Posisi klip jarum skep di tengah
    Kondisi mesin dipastikan sehat

    Mohon solusinya
    Nuhun!

    BalasHapus
  43. Gan mau tanya saya punya motor grand karbu honda win, saya pake setelan standar karbunya tarikan motor di awal bagus tapi di putran atas motor brebet kelingan tengga apalagi dijln tanjakan.
    Terus pernah saya turunin skepnya jadinya diawal brebet motornya tarikan putran atas bagus.
    Apa masalahnya dan bagaimna solusinya biar motor saya nyaman dibawa kemna2 gan. Trimsakasih.

    BalasHapus
  44. Gan misi mau nanya. Motor aye astrea star yg kata org iritnya naudzubillah padahal mah boros bgt nih, kenapa yah bisa boros bgt? Asep knalpot item, elektroda busi item kering, terus kayanya karburator suka berembun gitu gan, terus hehehe ga pake filter udaha karna tampolan udah dimodif jadi sedikt klasik tapi kurang asik. Biar balik lagi kaya kata org2 tadi alias irit gimana yah gan, engap juga jalan cuma 25km kurang lah abis seliter lebih pertamax isi 10rb. Kata orang mah boros bgt, biar balik irit lagi gimana yah gan? Makasih gan..

    BalasHapus
  45. Ukuran pilot jet dan main jet untuk pe reamer 31 brapa ya?

    BalasHapus
  46. Pj dan mj pe28 yg pas untuk tiger os 300 brp ? Thx

    BalasHapus
  47. Gan mau tanya kalau motor ane kan Alfa 2tak kalau digas ngebut tarikan nya kaya nge rung dan berat, ga kaya Honda ,, itu harus settings apanya gan,, please jawab gan

    BalasHapus
  48. lur kalo karbu ane ga ngisep bensin gmna..
    di mangkok nya masuk tapi ga naik ke ruang bakar..

    BalasHapus
  49. Salam why45motor.
    Langsung aja ya..
    Saya punya macan besi revo tahun 2011
    Blom lama sih belinya dr teman
    Tapi setelah saya pake..sepertinya ada yg kurang
    Karna klo dipagi hari atau mesin posisi dingin,ngidupinnya hrs di chuck
    Trus klo di kecepatan rpm 0 s/d 5000 oke oke saja
    Tp klo uda kecepatan rpm 5000 s/d 6500,mesin suka batuk,suaranya ktuss ktuss ktusss mirip gitulah di gigi 4,5,6
    Tapi klo saya geber terus,,,,ilang batuknya...turunin gas batuk lagi,seperti itulah..tapi klo di geber mesin panas bgt dan agak berisik gemilitik
    Mohon masukannya,,,trimakasih

    BalasHapus
  50. Salam Why45 motor

    Saya mau tanya nih
    Saya punya tiger revo 2011
    Blom lama pake sih..karna beli dr temen
    Msh ori smua cm saringan udara doang di copot sama ban uda di ganti ukuran 140/70 belakang
    100/70 depan

    Tapi ada yg gak beres menurut saya

    1. Klo pagi atau posisi mesin dingin ngidupinnya hrs di chuck

    2.rpm 5000 s/d 6500 di gigi 4,5,6..mesin suka kaya batuk,,ktuss ktuss ktusss gitu suaranya..bkn dr knalpot

    3.klo di geber teruss, batuknya ilang tp di saat gas turun,,batuk lagi dan mesin panas bgt dan berisik gemilitik

    Mohon masukannya..trimakasih
    Salam

    BalasHapus
  51. Salam Why45 motor

    Saya mau tanya nih
    Saya punya tiger revo 2011
    Blom lama pake sih..karna beli dr temen
    Msh ori smua cm saringan udara doang di copot sama ban uda di ganti ukuran 140/70 belakang
    100/70 depan

    Tapi ada yg gak beres menurut saya

    1. Klo pagi atau posisi mesin dingin ngidupinnya hrs di chuck

    2.rpm 5000 s/d 6500 di gigi 4,5,6..mesin suka kaya batuk,,ktuss ktuss ktusss gitu suaranya..bkn dr knalpot

    3.klo di geber teruss, batuknya ilang tp di saat gas turun,,batuk lagi dan mesin panas bgt dan berisik gemilitik

    Mohon masukannya..trimakasih
    Salam

    BalasHapus
  52. Kalau besarin ukuran pilot jet buat supra kira kira pake ukuran berapa kalau karbu satandart

    BalasHapus
  53. Kalau besarin ukuran pilot jet buat supra kira kira pake ukuran berapa kalau karbu satandart

    BalasHapus
  54. Mohon pencerahan....
    Motor klx S mesin standar cuma knalpot sj yg diganti racing
    Karbu ganti punya PWK 28 kx85 pj38 mj138 saat digeber putaran atas berebet gk lari....
    Yg cocok pake mj n pj brapa gan...
    Thank b4

    BalasHapus
  55. Mohon bantuannya om
    ninja rr pj sama mj yg pas brp,untuk knalpot racing mesin masih standart..
    Klo di putaran bawah sama atas udah enak dibawanya,tapi setelah di geber dan balik lagi di rpm rendah jadi kayak ngempos+skep nutup rpm masih tinggi(kondisi suhu tinggi).
    Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  56. Gan saya punya motor mio pakek pe28rideit nah pas putaran rendah ada mbrebet"nya pas 0-40km nah pas putaran atas mentok hanya sampek 80 naek lagi rasanya berat motor rasanya ada mundur"nya
    Mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  57. Misi numpang tanya motor ane mio seher udah naik jadi 54mm ane pake karburator rx king. Kira kira ukuran pj dan mj yang cocok pake berapa yaa? Thanks agan agaan

    BalasHapus
  58. Sangat berguna sekali panduannya..
    Terima kasih..

    BalasHapus
  59. Mohon inpo nya bagi yg tahu . Motor ane rx king Oz 175, kulit jeruk dah di alusin . Karbu ori bawaan motor. motor brebet putaran bawah maupun atas. Padahal stelan angin sudah 3 putaran penuh (kaya kegedean pj mj nya) tapi pas jalan kira kira 3-4 kilo meter buringnya panas, gas ngempos putaran bawahnya. Kaya telat bengsin . Kira kira apanya ?
    Atou pj mj nya ukuran berapa ?

    BalasHapus
  60. mas mau nnya mtor saya mx standar knalpot nobi saya pke krbu pe28 pj42mj120 itu klo di gas2 ngok mas klo ngak diturunin gas nya mati mas dan klo suara msin normal klo di gas2 agak berkurang ngok nya mad. Msalah nya apa ya???

    BalasHapus
  61. Numpang nanya suhu...mj dan pj yang tepat untuk rx king os 175 berapa ya gan.. Thanks

    BalasHapus
  62. Numpang nanya suhu...mj dan pj yang tepat untuk rx king os 175 berapa ya gan.. Thanks

    BalasHapus
  63. Gan, motor ane jupe standart pake karbu karisma (udah dapat dari beli motornya), ngempos gak bertenaga, kalo pertama dihidupin susah, itu ganti spuyer ukuran berapa ya?

    BalasHapus
  64. Bang karbu saya pe 28 enaknya dikasih spuyer apa ya supaya imbang mesin saya sudah bore up

    BalasHapus
  65. Misi mas mau tnyak mtr mio saya pakek karbu pe 28 tp kok boros dan knalpot keluar asap. Tp tarikannya lemot banget mulai putaran bawah dn putaran atas, dan kalau di lampu merah sering mati mesinnya, saya, mohon infonya yg cocok di kasik pilot jet jkuran brapa dan main jetnya ukuran brapa ya.??? Makasih mas

    BalasHapus
  66. Ukuran Mainjet dan pilotjet apa yg cocok untuk honda new blade dengan knalpot racing R9

    BalasHapus
  67. Bang bertanya mohon di jawab ..
    untuk karbu vakum jupiter mx new 5 speed .. speknya standar .. cuma ganti knalpot racing Proliner TR-1 .. tarikan agak loyo .. kira" Pj dan Mj yg pas ukuran berapa ya ?? biar pass gitu .. terimah kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atur Ulang Pilot Jet n main Jetnya 1 tingkat per 1 tingkat biasa naik di 2 tingkat tetapi tergantung juga jenis n bahan knalpotnya

      Hapus
  68. Gan karbu pe24 yang RX-KING masuknya kemana ya ?

    BalasHapus
  69. Kalo pake karbu lippo,mj,PJ ideal berapa?soalnya tarikan motor berasa ngeden(gak bisa los),Dan kalo gas di buka 0-1/2 brebet,kalo gas 1/2-1 Bari mau lari,motor gl series

    BalasHapus
  70. Bang mau nanya nih, gua punya motor mio sporty, sjak dari kemaren pas lagi jalan suara dari knalpot tiba2 berubah jdi makin keras dan kasar, brsamaan itu uga tiba2 tenaga brkurang, serta suara knalpotny nembak pada gas di tutup. Itu knapa ya bang, mohon infonya bang, soalny dah kbanyakan habis duit sayany bang bawa bengkel trus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Mohon Maaf" Jarang OL berhubung kesibukan bengkel. Detainya tetap harus diperiksa langsung, mulai dari busi. yangsering terjadi di mio System Choke ketarik atau pun macet, salah type busi, kerak di Leher knalpot, Kotornya filter udara dll

      Hapus
  71. Maksih brother atas ilmunya semoga bermanfaat..
    Saya punya motor byson langsam normal tapi kalo di gas pas putaran atas mesin berebet. Terua kalo tiap nemu yang macet pas di gas lagi langsung ngempos.??
    Kaya abis bensin. Mohon pencerahannya brother.
    Terimakasih

    BalasHapus
  72. Maksih brother atas ilmunya semoga bermanfaat..
    Saya punya motor byson langsam normal tapi kalo di gas pas putaran atas mesin berebet. Terua kalo tiap nemu yang macet pas di gas lagi langsung ngempos.??
    Kaya abis bensin. Mohon pencerahannya brother.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Mohon Maaf" Jarang OL berhubung kesibukan bengkel. Detailnya harus dicek semua kemungkinan bisa terjadi dari Karet vacum karbu sudah melar/ bocor.stelan air screw tidak pas. busi. pilot jet n main jet.Tps dll

      Hapus
  73. Numpang nanya nih, motor ane Jupiter MX udah pake karbu vm26 NSR, kalo digas awalnya brebet trus langsam ga normal lama2 mesin mati, itu knapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Mohon Maaf" Jarang OL berhubung kesibukan bengkel. Detailnya harus diperiksa semuanya terlebih dahulu. bisa ada kebocoran saluran intake, bisa dari kekurangan suplay BBM dari kurang pasnya pilot jen n main jet, bisa dari vacum BBM sudah kotor dll

      Hapus
  74. gan mau tannya....byson saya pake pe28 mj,pj 110/42 kl pagi susah langsam tp kl mesin dh panas baru dapet langsam,warna busi elektrodannya merah bata,trus kadang carbu juga batuk.....mohon solusinya kiranya buat ngilangin batuk sama dapet langsam kl pas pagi hari gimana carannya....πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Mohon Maaf" Jarang OL berhubung kesibukan bengkel.Pagi hari mesin dingin, standar penghidupan awal saat temperatur mesin dingin adalah harus dibarengin dengan tarik tuas cuk. (Temperatur dingin membutuhkan suplay BBM yang lebih Basah)

      Hapus
  75. gan mau nanya motor ane mio karbu..kalo di sehabis ngelewatin poldur suka ngempos beberapa detik baru enak lagi itu apanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Mohon Maaf" Jarang OL berhubung kesibukan bengkel. Periksa di kabel pengapian jika kabel2 ok. yang sering terjadi di mio itu tertariknya system choke. trims

      Hapus
  76. Gan, mau nanya kalo untk rx king os 250,pas nya pke ukuran brpa? Mj sma pj nya???

    BalasHapus
  77. Mas kalau ane jupiter mx new bore up pake keihin pe 28 kan baru beli,tpi brebet di gas atas itu kekecilan main jet nya apa gimana?tolong solusinya mas.thx

    BalasHapus
  78. "Mohon Maaf" Jarang OL berhubung kesibukan bengkel. untuk masalah seperti itu detailnya harus diperiksa langsung terlebih dahulu realnya berbagai kemungkinan penyebab bisa terjadi, misal dari Type busi tidak sesuai, bisa dari terlalu basah or terlalu kering suplay BBM nya n bisa dicek dari warna busi tsb dan juga gas atas yang dimaksud itu setiap orang berbeda kebiasaan nya, bisa juga telat oper gigi sehingga berebet berada di limiter CDI. Trims

    BalasHapus
  79. maaf numpang nanya,, karbu pwk 28 kog , kalo dari stasioner gas di betot di lelepin langsung mati, tapi kalo gas di lepas stasioner lagi,,,, terkadang dari stasioner gas di betot di lelepin seperti ada jeda dan ngacir lagi,, prmaslahan ada di pj, mj, jarum skep, apa power jet, jarum dh di ganti tiger di amplas ujungnya, pj 40, mj gk tau ukuranya karena dah hilang nomernya, mesin klx os 58,5, trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar saran,
      Jarum skepnya coba tetep pakai bawaan pwk nya gan, mainjet pakai ukuran 120 or 125, pilotnya pakai 42 or 45. Setting bukaan angin 2 sampai 2¹/² putaran dan cek juga intek karburator ada kebocoran atau tidak, dan coba juga copot karet filter itu jika memang masih pakai karet filternya.terima kasih.

      Hapus
  80. Mau nanya bro?
    Sya punya beat karbu
    Kalo di gass di rpm dari 1/2 ke atas kayak ada jeda (ngosong)
    Tapi kalo motor udah panas baru rasa menonjol (ngosong).
    Kalo dingin blum terasa ngosongnya
    Pdhl udh sya tes karbu sya ke mtor tmen.. hasil normal
    Kebalikannya:
    Tapi kalo karbu tmen ke motor sya
    Gitu lagi
    Padahal karbu sya dan tmen sama2 karbunya bawaan asli dari pabriknya.
    Minta solusi dong?

    BalasHapus
  81. Mau nanya bro?
    Sya punya beat karbu
    Kalo di gass di rpm dari 1/2 ke atas kayak ada jeda (ngosong)
    Tapi kalo motor udah panas baru rasa menonjol (ngosong).
    Kalo dingin blum terasa ngosongnya
    Pdhl udh sya tes karbu sya ke mtor tmen.. hasil normal
    Kebalikannya:
    Tapi kalo karbu tmen ke motor sya
    Gitu lagi
    Padahal karbu sya dan tmen sama2 karbunya bawaan asli dari pabriknya.
    Minta solusi dong?

    BalasHapus
  82. Kalo pas motor tidak dinaikin motor terasa pas gaada beban
    Begitu buat start terasa rpm begitu buka gas motor langsung brebet, turun gas dia mau jalan, begitu rpm naik brebet lagi. Mohon pencerahan para suhu
    Btw saya pake karbu sudco 34 ukuran kompresi 11:1
    Terimakasih

    BalasHapus
  83. Min mau kalo karbu satria 2 tak posisi jarum skep posisi di tengah di bawa ngebut tenaga ada begitu di bawa pelan kaya telat bensin jadi mau mogok
    Tapi kalo diborosin posisi jarum skep ketiga paling bawah putaran atas nahan brebet dan gak mogok kalo udah di bawa pelan itu apanya yak
    Spek satria 2 tak saya
    OS 25
    Karbu standar
    pj 17.5
    Mj 90

    BalasHapus
  84. Om,mtr smash saya mnggunakan karbu rx 100 kw merk sheng wey.busi ny mati2 an,tnda hitam pekat.put bwah brebet.tenaga nya pun hilang.motor udh pake piston thunder 125.mhon pencerahan ny om.mkasi

    BalasHapus
  85. Postingan yg sangat bermanfaat terima kasih mas Wahyu.

    BalasHapus
  86. Mantabbb... Thanks ilmu nya,, sangat bermanfaat... Semoga sampeyan dilancarkan rejekinya,, aamiin

    BalasHapus
  87. Mas bro saya mau tanya ,saya punya fu pake karbu pak 40kalo gas pulang ngok terus ,minta solusinya dong

    BalasHapus
  88. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor Tutorial mengenai Cara seting PJ MJ karburator

    BalasHapus
  89. Bang montor saya revo absolute pakai piston kaze ov 0 pakai pe 26 kalo rpm rendah berebet" Cocoknya pakai pj mj berapa bangπŸ™

    BalasHapus
  90. Montor saya revo pakai piston kase ov 0 pakai pe 26 pada rpm rendah berebet cocoknya pakai pj mj berapa bangπŸ™

    BalasHapus
  91. Posisi klip jarum skep yg pas di nomer berapa mas?

    BalasHapus
  92. Bro.. ane pake klx bore up piston 63mm
    stroke 60.4mm
    noken as brt
    cdi ijo brt
    koil standar
    karbu pwk 30 uma racing
    pj 38 mj 120
    puteran bwh msh brebet/ndut2an..
    Puteran atas ngacir..
    solusi biar puteran bwh nya ga brebet/ndut2an gmn bro?
    btw, postingannya sangat bermanfaat buat amatir kek gw gini..haha
    thanks masbroo :)

    BalasHapus
  93. Bng maw nanya, untuk satria fu 150cc thn 2010 pakek karbu pe28 keihin.
    Kok jadi ngempos , kayak kurang tenaga pas mau jalan ditambah lagi suka brebet motor nya, Tapi kalo udah gas tinggi nggak ada masalah tu enak2 aja.
    Itu apa ya penyebab nya!??πŸ˜”πŸ˜”

    BalasHapus
  94. mas rx king 0s 175 pj dan mj nya ea ideal brapa ea ..?? mohon di bls masπŸ™πŸ™πŸ™I'm

    BalasHapus
  95. mas rx king 0s 175 pj dan mj nya ea ideal brapa ea ..?? mohon di bls masπŸ™πŸ™πŸ™I'm

    BalasHapus