Penulis : Panji
Foto : Boyo
Jadi yang terdepan di
balap malam, Spongebob Racing Team (SRT) selalu punya trik. Kali ini,
Yamaha Mio untuk kelas 58-an klep standar, andalkan piston kepunyaan
Yamaha Byson oversize 0,50. “Piston diseting mengejar karakter mesin
yang lemot di rpm bawah dan melesat di putaran tengah,” bilang Doddy
Firmansyah selaku pemilik motor.
Piston Byson oversize 50, itu artinya Mio
ini dijejali seher diameter 58,5 mm. Dikawal stroke yang sudah dinaikkan
6 mm. “Stroke up ditempuh dengan cara geser big end. Geser big end
pakai sistem tambal sulam bahan las argon,” papar Doddy. Hasilnya,
kapasitas silinder jadi 171,6 cc. Dibulatkan jadi 172 cc.
Tanpa butuhkan endurance engine, mendem
piston dibikin 0,3 mm dari bibir silinder. Posisi ini, membuat
perbandingan kompresi jadi 11 : 1. Lho kok rendah? Iya, itu karena Doddy
aplikasi paking silinder blok tebal 2 mm.
Namun meski kompresi rendah, ‘minum’ Mio
ini tetap dijejali bensol. Maka itu, karburator standar dijejali main
jet 125 dan pilot jet 55. Lalu, campuran bahan bakar disalurkan ke katup
in 22 mm dan sisa pembakaran dikeluarkan lewat klep ex 19 mm. Buka
tutup klep in-ex, diatur lewat kem durasi 260 derajat. Lalu,
disempurnakan dengan knalpot standar bobok.
Kombinasi engine sudah mantap. Giliran
rekontruksi penyalur daya dari mesin. Di bagian komponen CVT, semua
sudah diupgrade pakai merek RGS. “Per CVT pakai 2.000 rpm. Dan roller
dibikin 7 gram rata,” papar pria yang doyan karakter SpongeBob ini.
Hasil garapan Doddy yang dikasih nama
“Nafica Bulee #11” dibesut dua joki. “Karakter Nafica Bulee #11 ini,
saat gas dibetot memeng terasa lemot. Tapi, saat masuk ke 50 meter ke
atas, motor melesat kenceng,” serempak Boris dan Dendi Sempak ngomong
begitu. (www.motorplus-online.com)
Ini lho… Rupa Cylinder Mio Setelah di Boring Pakai Piston Byson
Posted by aripitstopDulu kang ari pernah nulis artikel ” Paket Hemat Bore Up MIO. ” , artikel itu mengulas buat kang bro yang mau bore up sederhana motor matic yamaha dari motor nouvo sampai fino. Trik bore up ini sangat sederhana dan dibilang paling aman karena masih pakai sparepart asli yaitu piston byson.
Sebenarnya di artikel yang dulu sudah jelas segala rinciannya,tapi karena masih banyak pertanyaan tentang contoh boringan dan kondisi pistonnya maka sekarang kang ari kasih gambar2nya yang semoga bisa membantu kang bro yang mau naikin kapasitas motor maticnya menjadi 150cc. Diameter piston mio 50mm sedangkan byson 58mm.Sparepart utama yang di perlukan :
1.Piston byson ukuran standar (0) Rp.69ribu
2.Ring piston byson ukuran standar (0) Rp.80ribu
3.Pin piston byson Rp.10ribu
Selain kang bro perlu menyiapkan piston,ring piston dan pin piston,kang bro perlu bawa cylinder ke bengkel bubut untuk ganti boringan yang bertujuan untuk menyesuaikan besarnya diameter piston byson.Begitu juga menyesuaikan kondisi piston sedikit dicoak agar tidak mentok dengan klep dan cylinder head-nya di squish 7” untuk menyesuaikan diameter piston agar piston tidak mentok ke head dan mengurangi sedikit tekanan kompresi agar tidak terlalu padat.
Nich gambarnya …..
Kalo tanpa di sequish headnya tp dipakai packing double bisa ga om boss? Hasilnya gimana? Soalnya mau beneran bore up irit. Hhe
BalasHapusSquis (Dasar Bulat Semakin Keatas Semakin Kecil Bulatannya) disini bertujuan supaya aman dan ruang bakar tidak terlalu besar. Jika yang menjadi pertimbangan si bro disitu ke irit malah Justru lebih Besar n lebih boros diganjal paking 2 lembar kalie bro he2...Coba saja Hitung volume tabung Vs Volume Kerucut Tq
BalasHapusmasih aman bikin squish klo buat harian. klo gak di squish cepet kelar idup motor lu bro..
BalasHapus