"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Menyetel Kopling Otomatis pada Motor Bebek

Biasanya saat persneling sepeda di rasa sudah tidak enak kita akan terburu - buru mengganti kampas kopling.
Normalnya umur kampas kopling ini 24.000 km. Agar menghemat biaya sekitar 60.000, alangkah baiknya kita tahu cara menyetel nya agar pas. Untuk motor Yamaha letaknya da di kiri, untuk Honda dan Suzuki, dll. ada di kanan.
Berikut tips menyetel kopling pada motor bebek.
Peralatan:
1. Kunci 10-14 (karena tiap merek ada yg berbeda)
2. obeng + atau Obeng -
Langkah penyetelan:
1. Kendorkan Mur pengunci baut setelan kopling dengan kunci ring ke arah kiri hingga kendor.

2. Putar baut penyetel kearah kanan (searah jarum jam) hingga terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kearah kiri hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti.
3. Putar kembali baut penyetel kearah kanan sebanyak 1/4 – 1/8 putaran.
4. Kencangkan Mur pengunci kearah kanan hingga baut penyetel terkunci.
5. Periksa hasil penyetelan, dengan cara: 
  • Hidupkan mesin, 
  • Masukkan persneling pada gigi 1 dan tahan pedal persneling 
  • Putar gas hingga seperempat putaran atau kurang lebih 1000-2000 RPM 
  • Perhatikan roda belakang, apabila diam atau bebas, artinya penyetelan berhasil, apabila terus berputar, berarti penyetelan belum tepat, maka harus diulang langkah diatas.
Sumber

1 komentar:

  1. Kalo misalkan sdh ikuti langkah di atas tp ttp saja pas di coba masukkan gigi tahan kopling ttp saja berputar bgmana ya. Padahal stelan kopling sdh mentok atau habis

    BalasHapus