Cara Menyetel Top Noken As Satria FU
|
top noken as Satria FU |
Cara menyetel top noken as Satria FU berbeda dibandingkan motor bebek
yang menganut 1 noken as. Pada Satria FU terdapat dua poros noken as
sehingga pemasangan top kedua noken tidak boleh salah. Jika salah fatal
akibatnya, karena DOHC ini lebih kompleks dibandingkan SOHC.
Pemasangannya cukup mudah kok. Hanya tinggal mengikuti panah penunjuk angka pada gir noken as. Sebelum menyetel gir tersebut,
klep harus sudah di setel terlebih dahulu kerenggangannya. Lanjut dengan mengikuti gambar di bawah ini.
|
top noken as Satria FU |
Keterangan :
- Jarak antara penunjuk 2 noken in dan penunjuk 1 noken ex adalah 18 mata
- Teknik pemasangan selain yg d bahas adalah seperti biasanya
- Semua posisi d atas adalah dalam posisi top
- Shim udah d setting terlebih dahulu (tips: IN 0.15 mm || EX 0.20 mm)
Tutorial Memasang Noken As IN IN (Double In) Satria FU
Pemasangan Noken As in in
konon akan membuat napas dan power motor anda bertambah. Namun kendala
yang sering dialami adalah bagaimana cara memasangnya. Berikut ini
adalah teknik pemasangannya:
|
posisi TOP noken Satria FU |
Gambar di atas adalah pasangan standar noken dimana pada gigi
timing
EX garis penunjuk angka 1 akan sejajar dengan blok, penunjuk angka 2
akan ke atas, dan jarak antara penunjuk angka 2 timing EX dan penunjuk
angka 3 pada gigi timing IN berjarak 16 mata.
|
standar noken IN EX Satria FU |
Setelah Noken Standar dipasang seperti gambar diatas, langkah
selanjutnya adalah dengan melepas noken EX dengan tidak merubah posisi
rantai
timing di noken IN. Kemudian pasang gigi timing ex yg baru (noken IN
yang untuk EX) dengan posisi gigi timing dan noken sebagai berikut:
(Ubahan ini menggunakan lobang aslinya jadi gak bikin lobang baru di
gigi timing)
|
pemasangan noken as IN untuk EX Satria FU |
Setelah terpasang gigi timing di noken IN dengan posisi seperti gambar
diatas, lalu pasang noken IN tersebut di posisi EX yang baru dengan
posisi seperti gambar dibawah ini:
|
noken IN IN Satria FU |
Keterangan :
- Jarak antara penunjuk 3 noken in dan penunjuk 1 noken ex adalah 18 mata
- Teknik pemasangan selain yg d bahas adalah seperti biasanya
- Semua posisi d atas adalah dalam posisi top
- Shim udah d setting terlebih dahulu (tips: IN 0.15 mm || EX 0.20 mm)
maaf ada akun fb apa pin bb gk saya pngen nmbah ilmu d dsini
BalasHapustinggal klik aja bro di tab "BENGKEL KAMI" He2...
BalasHapusMantap om mgkin ini ilmu'a bakal bermanfaat nih buat sy soal'a fu sy lg bongkar ganti keteng.. Om sy akan praktekan makasih om...
BalasHapusmaaf gan kalo ga 18 mata akibatnya apa ya ...soalnya aku pke 17 mata karena kalo 18 mata selalu gak hidup
BalasHapussip banget bagi bagi ilmunya
BalasHapusmantap banget bos ilmunya
BalasHapusOm saya pernah denger kalo sim nya ga boleh salah nyimpen... Nah kebetulan saya ga ngeuh jd sim nya kecampur... Minta solusinya dong om
BalasHapusMinta solusi dong om, sim nya saya lupa ditandain... Soalnya banyak yg bilang sim in juga ga boleh sampe ketuker... Makasih sebelumnya
BalasHapusOm numpang nanya dong klw mtr ane ko jdi brat ea tarikan ea. Solusi ea gmna om. Apa terlalu besar shim ea
BalasHapusMau nanya mas, motor satria fu saya udh pake piston scorpio os200, cuma wktu di ganti sama noken as merk AHRS,tarikan awalnya enteng, tapi pas di tengah kayak gak lepas, nahan motornya.
BalasHapusBisa minta solusinya gk?? Makasi mas..
mantap suhu,makin sukses
BalasHapusmantap suhu,sukses terus
BalasHapusBagus om ilmunya bermanfaat buat saya jadi bisa ganti ketengan sendiri
BalasHapus