Beberapa hari lalu pada tanggal 11 Desember 2014, Honda meluncurkan Honda BeAT terbaru dengan teknologi eSP yang dinamakan dengan Honda BeAT eSP. Pada kesempatan itu juga banyak dari anda yang belum jelas apa itu teknologi eSP.
PT AHM sendiri telah berkomitmen bahwa di tahun 2015 seluruh matik Honda akan menggunakan teknologi eSP jadi di kesempatan ini kami pikir baik untuk kita bahas sedikit teknologi eSP ini.
Berikut penjelasan teknologi eSP
1. Pengertian Teknologi eSP
Teknolgi eSP adalah kepanjangan dari “Enhanced Smart Power”. Teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda.Teknologi eSP ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.
2. Komponen-Komponen Yang Terdapat Pada Teknologi eSP
Berikut adalah Komponen-komponen yang terdapat pada teknologi eSP:- ACG Starter
Teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System). - Offset Cylinder
Berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft. - Roller Type Rocker Arm
Menggunakan Shell type Needle Bearing sebagai sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup. - Spinny Sleeve
Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya. - Squish
Berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat. - Tumble
Berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik.
3. Teknologi Pendukung Mesin eSP
Berikut adalah teknologi pendukung pada mesin eSP :- Teknologi PGM-FIYaitu sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.
- Teknologi CBS
Yaitu dengan menarik tuas rem kiri maka rem belakang dan depan dapat berfungsi dengan optimal dan bersamaan. - Teknologi ISS
Yaitu teknologi yang dirancang untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam. ISS akan mematikan secara otomatis dan menyalakan mesin kembali hanya dengan memutar sedikit tuas gas.
4. Keunggulan- keunggulan Teknologi eSP
10 keunggulan teknologi eSP, disimak baik baik, okrek…!!
1. ACG starter dan ISS,
starter di buat
menyatu dengan alternator. Karena tidak ada motor starter dan susunan
gigi starter maka suara saat menyalakan motor jadi sangat sunyi.
Komponen ini klop disandingkan dengan idling stop system (ISS). ISS
adalah teknologi yang memungkinkan mesin mati pada kondisi langsam lebih
dari 3 detik. Sangat berguna menghemat bahan bakar ketika berhenti di
lampu merah.
pada skutik Honda memiliki semprotan bahan bakarnya paling halus diantara kompetitornya. “Kami juga sudah patenkan komponen ini,” yakin Wedijanto.
3. Roller Rocker Arm,
sudah tidak asing lagi namun pada skutik Honda disempurnakan dengan laher bambu pada as rocker arm dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannya berkurang. Komponen yang didesain khusus oleh Honda ini pun sudah dipatenkan.
4. Compact Combustion Chamber
pada ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Kalau umumnya terdapat sudut yang bisa menghambat aliran kabut bahan bakar, kini dibuat lebih lancar.
5. Offset Cyclinder & Spiny Sleeves,
Ini adalah dua hal yang berbeda. Offset cylinder adalah posisi piston
dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan
posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau kompresi,
gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan
setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder
secara berlebih.
Sedang spiny sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di
balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat.
Teknologi ini juga dipakai pada blok silinder Honda CBR 250R.6. Light Weight Piston & Crankshaft,
sesuai namanya piston yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan komponen terdahulu. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Sedang kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran, caranya dengan menggunakan bearing kruk as yang lebih besar.
7. Breather Passage.
Di balik blok silinder, selain ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas di dalam mesin ke luar. Pada model sebelumnya panas hanya dibuang lewat jalur rantai keteng. Kalau sekarang ada dua jadi lebih dingin dan mesin lebih ringan bekerja.
8. Built in Liquid Cooling System
adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang diklaim lebih baik. Kini jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada di balik dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat lebih banyak.
9. V-Matic,
transmisi otomatis pada eSP engine memiliki rasionya
lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang
tinggi. Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.
memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran.
Berikut adalah 3 keunggulan utama dari teknologi eSP :
- Lebih hemat bahan bakar.
- Performa tinggi.
- Lebih ramah lingkungan.
Kutipan AHM & Astramotor
Nice Blog.. Sukses teruss Bro...
BalasHapus