"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Bedah Teknologi Honda ESP (Enhanced Smart Power)







Beberapa hari lalu pada tanggal 11 Desember 2014, Honda meluncurkan Honda BeAT terbaru dengan teknologi eSP yang dinamakan dengan Honda BeAT eSP. Pada kesempatan itu juga banyak dari anda yang belum jelas apa itu teknologi eSP.
PT AHM sendiri telah berkomitmen bahwa di tahun 2015 seluruh matik Honda akan menggunakan teknologi eSP jadi di kesempatan ini kami pikir baik untuk kita bahas sedikit teknologi eSP ini.
Berikut penjelasan teknologi eSP

1. Pengertian Teknologi eSP

Teknolgi eSP adalah kepanjangan dari “Enhanced Smart Power”. Teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda.
Teknologi eSP ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.

2. Komponen-Komponen Yang Terdapat Pada Teknologi eSP

Berikut adalah Komponen-komponen yang terdapat pada teknologi eSP:
  1. ACG Starter
    Teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System).
  2. Offset Cylinder
    Berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.
  3. Roller Type Rocker Arm
    Menggunakan Shell type Needle Bearing sebagai sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.
  4. Spinny Sleeve
    Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.
  5. Squish
    Berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.
  6. Tumble
    Berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik.

3. Teknologi Pendukung Mesin eSP

Berikut adalah teknologi pendukung pada mesin eSP :
  • Teknologi PGM-FIYaitu sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.
  • Teknologi CBS
    Yaitu dengan menarik tuas rem kiri maka rem belakang dan depan dapat berfungsi dengan optimal dan bersamaan.
  • Teknologi ISS
    Yaitu teknologi yang dirancang untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam. ISS akan mematikan secara otomatis dan menyalakan mesin kembali hanya dengan memutar  sedikit tuas gas.

4. Keunggulan- keunggulan Teknologi eSP


10 keunggulan teknologi eSP, disimak baik baik, okrek…!!

1. ACG starter dan ISS, 
starter di buat menyatu dengan alternator. Karena tidak ada motor starter dan susunan gigi starter maka suara saat menyalakan motor jadi sangat sunyi. Komponen ini klop disandingkan dengan idling stop system (ISS). ISS adalah teknologi yang memungkinkan mesin mati pada kondisi langsam lebih dari 3 detik. Sangat berguna menghemat bahan bakar ketika berhenti di lampu merah.
 keunggulan teknologi eSP

2. Fuel Injector, 
pada skutik Honda memiliki semprotan bahan bakarnya paling halus diantara kompetitornya. “Kami juga sudah patenkan komponen ini,” yakin Wedijanto.


3. Roller Rocker Arm,
sudah tidak asing lagi namun pada skutik Honda disempurnakan dengan laher bambu pada as rocker arm dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannya berkurang. Komponen yang didesain khusus oleh Honda ini pun sudah dipatenkan.
 bedah mesin eSP

4. Compact Combustion Chamber 
pada ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Kalau umumnya terdapat sudut yang bisa menghambat aliran kabut bahan bakar, kini dibuat lebih lancar.
 keunggulan Honda BeAT eSP

5. Offset Cyclinder & Spiny Sleeves, 
 Ini adalah dua hal yang berbeda. Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara berlebih.
Sedang spiny sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat. Teknologi ini juga dipakai pada blok silinder Honda CBR 250R.
 keunggulan teknologi eSP

6. Light Weight Piston & Crankshaft, 
sesuai namanya piston yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan komponen terdahulu. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Sedang kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran, caranya dengan menggunakan bearing kruk as yang lebih besar.
 teknologi eSP adalah

7. Breather Passage.
Di balik blok silinder, selain ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas di dalam mesin ke luar. Pada model sebelumnya panas hanya dibuang lewat jalur rantai keteng. Kalau sekarang ada dua jadi lebih dingin dan mesin lebih ringan bekerja.

8. Built in Liquid Cooling System

adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang diklaim lebih baik. Kini jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada di balik dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat lebih banyak.


9. V-Matic, 
transmisi otomatis pada eSP engine memiliki rasionya lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi. Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.
 pengertian teknologi eSP

10. Transmission 
memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran.
 keunggulan mesin eSP Honda BeAT 2015
Berikut adalah 3 keunggulan utama dari teknologi eSP :
  • Lebih hemat bahan bakar.
  • Performa tinggi.
  • Lebih ramah lingkungan.
Dengan banyaknya keuntungan yang anda dapatkan pada teknologi eSP, kini saatnya anda membuktikannya sendiri.

Kutipan AHM & Astramotor

1 komentar: