"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Waspada, Korosi Bikin Kunci Jok Honda BeAT Macet


Endro Suryono mat Kodak MOTOR Plus kerap dibikin kesal oleh jok Honda BeAT miliknya. Pasalnya pengunci jok tersebut terkadang ngambek enggak mau ngunci.

“Kayak penyakit kambuhan. Kadang mau dikunci, eh abis isi bensin pengunci joknya enggak mau nyangkut. Sudah ditekan berkali-kali ujung joknya tetap enggak ngaruh,” jelasnya.

Setelah coba ditelusuri, rupanya masalah jok ogah ngunci lantaran mekanisme penguncinya kena kotoran. Jadi, pengunci yang mengandalkan susunan pelat besi ini terdapat kotoran yang menyebabkan tidak bekerja sempurna.

Kondisi areal itu juga kering dan tidak terlumasi. Alhasil meski jok ditutup, pengunci tak bekerja mengaitkan pengunci jok.

Selain itu, begitu diamati rupanya ada pengait yang bermasalah. Jadi, saat anak kunci diputar untuk mengunci tidak menggerakkan tuas perantara yang langsung menggerakkan pelat pengunci.

Sebetulnya agar pengunci ini bisa bekerja normal kembali, solusinya sederhana. Bisa dikerjakan di rumah. Biar proses pengerjaan lebih mudah, lepas dulu behel dengan kunci T 12. Berikutnya copot lampu belakang pakai kunci T 10 dan obeng kembang.

Selanjutnya mekanisme anak kunci ini harus di bebaskan dari korosi terlebih dahulu dengan disemprot cairan penetran. Setelah itu anak kunci diputar-putar untuk memastikan kerja mekanisme kunci jok kembali normal.

Eit belum selesai, agar korosi tak mudah terjadi, lumasi mekanisme anak kunci dengan oli atau gemuk. Setelah pastikan seluruhnya bekerja sempurna. (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar