Point Service CVT Mio
Service cvt motor matic disarankan maksimal setiap 6 bulan atau 6ribu kilometer,tujuannya agar kondisi komponen part bagian cvt tidak cepat uas dan akselerasi motor tetap terjaga juga mengetahui jika ada komponen part yang sudah aus bisa diganti agar tidak mrembet ke part yang lain.
Lalu bagaimana jika kang bro mau bongkar sendiri cvt motor matic,langsung saja silahkan disimak ,maaf jika terlalu buanyak gambarnya,tujuannya biar lebih jelas dan paham cara bongkar pasangnya.langsung saja dech nggak usah banyak cuap2 .
Untuk motor mio series harus buka cover paling bawah tujuannya untuk melepas foot step sebelah kiri,lepas saja baut 3 pcs pakai obeng plus lancip.
Setelah cover terbuka kemudian lepas foot step kiri pakai kunci ring 12 ada 2 baut ukuran 12 disitu.
setelah foot step dilepas lalu buka cover tutup cvt paling atas untuk mio series,jika motor matic injeksi beda bentuknya tapi sama mesti buka tutup cover filter cvtnya dulu.jika di mio pakai kunci sok 8 sedangkan motor injeksi pakai sok 10.
Jika sudah kelepas,maka terlihat filter cvt yang sudah kotor banyak debunya.
Kemudian lepas cover atas cvt pakai sok 8 ada 4 baut disitu,
Dibagian ujung cover cvt ada baut plus,cukup dikendorkan saja,lihat gambar dibawah ini,
Jika sudah dikendorkan kemudian lepas cover yang diujung depan cover filter cvt,lihat gambar dibawah,lepas baut ukuran 8 pakai kunci sok 8,cuma ada satu baut.
Kemudian lepas cover cvt paling belakang yang ada tulisan yamaha,disitu ada 2 baut plus dan 1 baut ukuran 8.
Semua sudah dilepas sisa satu cover utama lepas semua baut ukuran 8 pakai kunci sok8,lepas semua baut disekeliling cover cvt dan satu baut di tengah2 cover.
sekarang terlihat dech jeroan cvt-nya,
Kemudian lepas mur as cvt depan pakai sok 17 ,jika kang bro punya impact dan ada kompresor maka lebih mudah untuk membukanya tapi jika tidak ada maka harus manual.
Untuk cara manual harus pakai kunci traker seperti gambar berikut,
Jangan sekali2 menahan kipas cvt pada kisi2nya karena tidak akan kuat dan pasti akan patah,lihat gambar dibawah contoh cara bongkar yang salah.
Jika bagian depan sudah terlepas maka rumah roller bisa dilepas dan cek kondisi roller apakah sudah aus atau masih bulet,jika sudah aus/peang sisarankan untuk diganti agar performa motor tetap terjaga.
Lanjut lepas bagian rumah kopling pakai kunci sok 24 ,
Jika manual caranya pakai traker lalu ditahan seperti gambar dibawah,
Rumah kopling sudah terlepas maka v-belt sudah bisa diambil,lanjut melepas kampas kopling dari dudukannya,caranya pakai traker khusus matic seperti gambar dibawah ini,
Jika mur kopling sudah kendor taruh kampas kopling assy dibawah/lantai agar proses melepas mur lebih mudah,hati2 saat melepas mur kampas kopling sambil ditahan karena jika tidak ditahan kampas kopling akan terbang karena didorong oleh per kampas kopling.
Lanjut lepas tutup sift camnya(seat scondary spring),congkel dengan obeng men jika sudah naik sedikit tinggal diputar sambil diputar pakai tangan.
Kemudian lepas pin guide(pin) ada 3 pcs,ambil pakai obeng lancip.
Semua rangkaian part cvt sudah dibongkar lanjut bersihkan pakai bensin semua part cvt,kecuai kampas kopling,v-belt dan rumah kopling,part ini jangan di cuci pakai bensin karena akan berakibat selip jika kena bensin.
Jika sudah dicuci bersih dan dikeringkan
dengan udara bertekanan atau kompresor jika tidak ada kompresor setelah
dicuci dilap agar bersih dan kering.
kampas
kopling diamplas pada ketiga sisi sepatu koplingnya,cukup diamplas
tipis saja.begitu juga bagian rumah kopling juga diamplas pada sisi
dalam yang bersinggungan dengan kampas kopling sampai kelihatan
bersih.kemudian cek kondisi v-belt apakah masih layak pakai atau tidak
caranya jika v-belt kelihatan tidak ada retak2nya maka v-belt masih bisa
dipakai,kalo di beres ada alat khusus untuk ngecek kondisi v-belt
apakah masih tebal atau layak pakai,lihat gambar dibawah.
lanjut cek kondisi roller apakah sudah aus atau tidak jika sudah aus atau peang lebih baik diganti.
Kemudian siapkan greas cvt atau gemuk khusus cvt,di yamaha tersedia pelumas untuk part cvt.greas
tersebut ada 2 macam dalam satu kemasan,yaitu greas primary sheave
untuk melumasi part cvt nagian depan atau rumah roller,yang kedua greas
scondary sheave untuk melumasi part bagian belakang atau dudukan kampas
kopling.
Berikut part yang dilumasi greas primary sheave,
dan berikut part bagian belakang yang dilumasi pakai greas scondary sheave,
Langsung saja lumasi part rumah
rollernya,ambil gemuk sedikit saja jangan terlalu banyak(secukupnya
saja) karena jika terlalu banyak greas akan keluar dan loncat ke v-belt
dan berakibat selip.
Jika sudah dilumasi lanjut masukkan
bos,setelah bos rumah roller dimasukkan pada ujung bos akan ada sisa
greas dan lanjut dibersihkan,lihat gambar dibawah.
Lanjut pasang roller,dimotor kang ari ini
pakai roller TDR 7gram 3 pcs dan roller NOUVO 3 pcs.pasangnya
disilang,jika pakai roller standar langsung pasang saja.lanjut pasang
tutup rollernya.
Lanjut rakit bagian belakang,pasang scondary
sliding pada primary sliding(as dudukan kampas kopling),kemudian pasang
ketiga pin guide.
Kemudian dudukan pin guide dikasih greas secukupnya saja,
Lalu pasang tutupnya(seta scondary
spring),jika tutup pin guide sudah aus maka wajib ganti karena akan
menyebabkan greas keluar dari dudukan pin guide,lihat gambar.
Lalu pasang tutupnya,kemudian pasang per kampas kopling.langkah selanjutnya pasang kampas kopling.
Untuk pemasangan kampas kopling agak susah
sedikit,siapkan mur kampas koplingnya lalu kampas kopling ditekan pakai
kedua tangan kearah bawah kemudian ditahan pakai kaki kanan dan tangan
kanan ambil murnya lalu dipasang dech.
Jika mur sudah kepasang lalu pasang kencangkan pakai traker,sistem cara pengencangannya sama seperti saat waktu melepas.
Berikut ada sedikit video di copy dari
youtube,tp jgn di contoh pemakaian greasenya krn bukan greas yg
direkomendasikan,yg penting cara bongkar pasangnya.
Kemudian siapkan alkohol,fungsinya untuk
membersihkan permukaan part agar kesat sehingga v-belt tidak selip saat
berputar.bersihkan part cvt yang bersinggungan langsung dengan
pergerakan v-belt saat v-belt berputar,lihat gambar.
Caranya alkohol dituang ke lap bersih
kemudian lap yang basah dengan alkohol tersebut dioleskan ke part2
cvt,lihat gambar yang dikasih tanda panah itulah bagian yang di
bersihkan pakai alkohol.
Lanjut pasang rumah roller assy ke as primary (kruk-as),jangan lupa ada ring tipis,
Lanjut pasang kipas cvtnya,lalu ring bintangnya jangan ketinggalan ya…
lanjut pasang mur kick starternya,
lalu ring as dan lanjut mur 17 nya,
Lanjut kencangkan mur 17 pakai impact atau manual,
Lanjut pasang v-belt,untuk pasang v-belt
caranya pasangkan kampas dan rumah kopling pada as cvt belakang lalu
masukkan v-belt dudukannya sambil dudukan v-belt ditarik kearah
kebelakang sambil kedua jempol menekan v-belt agar masuk kedalam,lihat
gambar dibawah,
Kemudian kampas kopling assy dikeluarkan
dari as-nya tapi v-belt jangan sampai terlepas lalu v-belt di cangkolkan
ke as krukas(rumah roller),kemudian sambil ditarik kebelakang pasangkan
kampas kopling assy ke bagian as belakang.
Biar lebih jelas,lihat video berikut
Lanjut pasang rumah koplingnya,lalu kencangkan mur 24 nya.
Jika sudah dikencangkan mur 24 jangan lupa pasang oring kecilnya.
Selesai sudah semua part cvt telah selesai dipasang.
Lanjut pasang cover cvt-nya,sebelum dipasang dibersihkan dulu,
setelah sudah bersih Lanjut pasang
covernya,lalu cover yang kecil urutannya seperti saat proses pelepasan
tinggal dibalik saja,he3….
Karena saat proses lepas tutup filter cvt busanya terlihat kotor maka sebelum dipasang dibersihkan dulu,
Caranya dicelupkan kedalam bensin lalu
diremas2 sampai bersih dan disemprot pakai angin bertekanan ,jika sudah
sudah bersih lanjut… busa filter cvt dilumasi sedikit oli lalu diremas
agar oli merata.lihat videonya.
Kemudian tutup cover tutup filter cvt-nya,lalu pasang foot step dan cover lowernya.Dan selesai sudah.
Puanjang banget ya tulisannya jlimet dan banyak gambarnya,tapi sangat bermanfaatkan ???
Tidak ada komentar:
Posting Komentar