"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Service besar

Berjalanya km pemakaian motor yang terus menerus maka ada titik tolak ukur untuk dilakukan service besar, Supaya motor kita terjaga performa-nya dan keawetan spare part-nya maka harus dengan service besar secara berkala. Rata2 dikisaran 40.000km sekali atau 2 Tahunan tetapi dengan acual di buku manualnya dikarenakan setiap motor berbeda beda biasanya

Point Service Besar :
PEMBERSIHAN
1. Pembersihan Piston
2. Pembersihan Ruang Bakar
3. Pembersihan Saluran Intake Maniful & Exhaust Manifull
4. Pembersihan Injeksi
5. Kuras Tangki Bahan Bakar

PEMERIKSAAN
1. Celah Piston & Keausan-nya
2. Celah Ring Piston & Keausannya

3. Kondisi Rantai Sintrik & Keausanya
4. Kondisi Seal Klep & Kebocoranya
5. Panjang Per Klep & Tekananya
6. Kompresi


PENGGANTIAN PART
1. Gasket / Paking
2. Seal & O Ring
3. Oli Mesin
4. Oli Transmisi
5. Filter Oli


PENYETELAN / KALIBRASI
1. Top Piston
2. Celah klep
3. Timing Pengapian



Persiapan service



1. Cek semua part yg dibutuhkan
sudah tersedia. 

2. Service dapat dilakukan dalam
(maxsimal) 1 hari, pagi masuk
sore dah kita bisa ambil dengan
asumsi semua part sudah
tersedia. Bila harus menginap
kendaraan kita, minta penganti kendaraan lain bila tidak ada
jangan service besar di tempat
itu, cari tempat lain selama itu
bengkel resmi. 

3. Siapakan oli mesin. 

4. Bila ingin menganti kampas
kopling sebaiknya kampas
koplingnya direndam oli dahulu
minimal 24 jam untuk hasil yg
maksimal. 

5. Bila manifold/leher angsa belum
dihaluskan silakan dihaluskan
untuk pembakaran yg lebih
lancar, jangan lupa lubang yg
dari leher angsa ke runang
pembakaran yg di blok head dihaluskan juga ingat jangan
terlalu halus. 

6. Jangan lupa siapkan duitnya. So, mungkin pada dasarnya
Services Besar/Over Houl adalah
mengembalikan lagi kondisi motor
minimal seperti pabrikan awal
lagi….



Estimasi Servis Besar Honda , Maksimal Tiap 40.000 km


Setelah pemakaian lebih dari 2 tahun atau odometer sudah menunjukan angka lebih dari 40.000 km, idealnya dapur pacu diservis besar. Tujuannya untuk mengembalikan kondisi performa mesin seperti sediakala. Bahkan konsumsi bensin bisa lebih efisien dari sebelumnya.

“Angka itu hanya patokan. Semua tergantung cara pakai, perawatan rutin dan penggunaan bensin. Dari pengalaman, pakai bensin oktan rendah lebih cepat servis besar karena proses pembakaran kurang sempurna. Makanya batas servis bisa di bawah angka patokan,” ujar Abdul Syukur alias Adung, kepala mekanik Honda AHASS Andalas.

Sebaliknya jika tunggangan pakai bensin yang sesuai anjuran pabrik. Menurut Adung, ruang bakar masih terlihat bersih saat dibongkar. Sehingga tempo servis atau penggantian komponen bisa lebih lama dari batas waktu servis besar.

Servis besar sendiri meliputi peme-riksaan komponen di bagian atas mesin. Contohnya cek kondisi ruang bakar apakah sudah ditimbuni kerak karbon. Dimana timbunan kerak juga berdampak pada kompresi, hasil pembakaran juga kerusakan pada komponen.

“Selain dapur pacu, pengecekan batang dan payung serta sil klep wajib dilakukan. Jika diabaikan, mesin bukan cuma bocor kompresi tapi oli juga dapat masuk ke ruang bakar. Efeknya ke performa juga,” imbuh mekanik di Jl. Raya Meruya Selatan, Jakarta Barat.

Namun untuk memastikan klep masih bisa dipakai atau harus diganti, lihat saja kondisinya. Kalau payung klep sudah lancip dan material sil klep sudah keras, mending diganti baru lalu skir klep agar tidak terjadi kebocoran kompresi.
 Skir klep wajib dilakukan saat ganti klep baru. Cukup ganti ring jika seher dan liner masih bagus
Servis besar juga mengarah pada kondisi ring, seher serta liner silinder. Jika permukaan seher dan liner belum terlihat baret, agar kompresi tetap bagus cukup ganti ring seher agar gap ring seher kembali seperti semula.

Komponen lain yang wajib diperiksa saat servis besar adalah lidah atau roll tensioner juga rantai keteng. Indikatornya dapat dilacak dengan merasakan tenaga-nya juga suara di mesin. “Kalau tenaganya agak ngedrop, sulit langsam dan berisik, tensioner dan rantai keteng wajib diganti,” imbuhnya.

Nah, untuk mengetahui biaya servis besar, Adung kasih panduan estimasinya. Contoh ongkos kerja servis besar Honda Karisma di bengkel resmi Honda meliputi pengecekan komponen, pemasangan dan termasuk ongkos skir klep sekitar Rp 100 ribu. Prosesnya pun bisa ditunggu kalau memang tidak terlalu ramai.

Sedang ongkos pembelian komponen jika harus diganti, untuk satu set klep in-out dan sil klep biasanya dijual sekitar 150 ribu. Lalu pembelian ring seher tanpa ganti piston, komponen ini dijual sekitar Rp 100 ribu. Bahkan harga lidah tensioner dipasaran harganya kurang-lebih Rp 200 ribu, juga harga rantai keteng sekitar Rp 90 ribuan.

“Oh iya, pemilik juga harus beli paking top set sekitar Rp 150 ribu. Selain itu juga wajib ganti oli yang direkomendasikan pabrik,” ingat Adung.

Seb Post By : Motorplus n google


Tidak ada komentar:

Posting Komentar