Lubang pernafasan pindah dari depan ke belakang
Jakarta - Saat awal kemunculan Honda CB150R
StreetFire ada beberapa keluhan, pertama soal suara klotok-klotok dari
area cylinder head. Setelah penggantian kem dan pemegangnya, masalah ini
teratasi.
Ternyata ada masalah lain yang hingga kini masih dikeluhkan, salah satunya mogok akibat adanya air di tangki.
“Iya nih tiba-tiba mesin mati, diengkol enggak bisa terpaksa dorong ke AHASS, setelah dicek ternyata ada air 1,5 liter,” curhat Erdian, seorang pengguna motor 150 cc ini. Air masuk kemungkinan saat hujan atau kala dicuci.
“Jika air masuk saat tersedot pompa pasti motor mogok, efek lain kabel positif pompa lama-lama berkarat bisa putus,” terang seorang mekanik AHASS yang enggan disebut namanya, mungkin takut dijewer atasan, hehehee… Kalau didiamkan lama-lama tangki juga bisa keropos, seperti yang sering dijumpai di Tiger.
Walah bagaimana mencegah dan mengatasinya? Masih dari sumber yang enggan terkenal, ternyata PT Astra Honda Motor secara diam-diam melakukan penggantian tutup tangki.
“Model lama lubang pernafasan di depan, yang baru di belakang,” ujarnya. Penggantian ini kabarnya gratis!
Menurut sang mekanik, kalau mau lebih aman lebih baik tiap 6 bulan sekali dikuras, “Biar enggak bikin karat,” imbuhnya.
Satu lagi saat mencuci lebih baik bagian tutup tangki jangan disemprot pakai air bertekanan. Kalau masih belum mantap, banyak yang menyarankan ganti karet tutup tangkinya pakai milik Vespa yang lebih tebal. (motor.otomotifnet.com)
Ternyata ada masalah lain yang hingga kini masih dikeluhkan, salah satunya mogok akibat adanya air di tangki.
“Iya nih tiba-tiba mesin mati, diengkol enggak bisa terpaksa dorong ke AHASS, setelah dicek ternyata ada air 1,5 liter,” curhat Erdian, seorang pengguna motor 150 cc ini. Air masuk kemungkinan saat hujan atau kala dicuci.
“Jika air masuk saat tersedot pompa pasti motor mogok, efek lain kabel positif pompa lama-lama berkarat bisa putus,” terang seorang mekanik AHASS yang enggan disebut namanya, mungkin takut dijewer atasan, hehehee… Kalau didiamkan lama-lama tangki juga bisa keropos, seperti yang sering dijumpai di Tiger.
Walah bagaimana mencegah dan mengatasinya? Masih dari sumber yang enggan terkenal, ternyata PT Astra Honda Motor secara diam-diam melakukan penggantian tutup tangki.
“Model lama lubang pernafasan di depan, yang baru di belakang,” ujarnya. Penggantian ini kabarnya gratis!
Menurut sang mekanik, kalau mau lebih aman lebih baik tiap 6 bulan sekali dikuras, “Biar enggak bikin karat,” imbuhnya.
Satu lagi saat mencuci lebih baik bagian tutup tangki jangan disemprot pakai air bertekanan. Kalau masih belum mantap, banyak yang menyarankan ganti karet tutup tangkinya pakai milik Vespa yang lebih tebal. (motor.otomotifnet.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar