"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Bedah Teknologi New Yamaha Mio M3 125 Blue Core

mio mt 125 blue core 5

Sepertinya selentingan kabar berita tentang Launching New Yamaha Mio 125 Blue Core  bukan isapan jempol belaka. Sejak kemarin tanggal 5 November 2014 Yamaha Indonesia (YIMM) sepertinya sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan perilisan Yamaha Mio Blue core ini. Hal yang paling terlihat adalah situs Yamaha Indonesia sendiri, setelah diintip – intip ternyata nama lengkap dari Mio Blue Core ini adalah “Yamaha Mio M3 125″ yang menggunakan mesin dengan teknologi Blue Core. Mengenai desain warna New Yamaha Mio M3 125 tersedia dalam corak warna merah, putih, magenta, hitam, coklat, dan kuning :

mio mt 125 blue core red mio mt 125 blue core putih mio mt 125 blue core magenta mio mt 125 blue core hitam mio mt 125 blue core coklatmio mt 125 blue core kuning

Jika dilihat dari desain dan warna sepertinya Yamaha Mio M3 125 ditujukan khusus untuk remaja :



Selain menggunakan mesin baru dengan teknologi Blue Core yang digadang – gadang lebih superior dibanding pendahulunya Mio karburator dan Mio YMJet Fi fitur dan desainnya pun terlihat baru :
mio mt 125 blue core 4 mio mt 125 blue core 6

Untuk Spesifikasi lengkap Yamaha Mio M3 125 Bro & Sis bisa lihat data dibawah ini :
spesifikasi mio mt 125 blue core

BTW tanpa disangka – sangka Yamaha Indonesia (YIMM) merilis New Mio M3 125 blue core hari Jumat kemarin di Mall of Indonesia (MOI) dan hari Sabtu sekarang adalah launching untuk konsumen sekalian test ride di Sirkuit Sentul. Untuk harga sementara ini untuk versi CW 13,98 juta dan untuk versi SW 13,08 juta. Last untuk penampakan New Mio M3 125 blue core di MOI Bro & Sis lirik – lirik dulu photo – photonya dibawah…biggrin
new mio mt 125 blue core 5 new mio mt 125 blue core 4 new mio mt 125 blue core 3 new mio mt 125 blue core 2 new mio mt 125 blue core`
`
`

Bedah Teknologi Mio M3 125 Part 1, Sistem Pengisian, Motor Bisa Hidup Tanpa Aki

Posted by aripitstop 
Sebenarnya sich bloger2 kondang sudah bahas ini tapi saya coba bahas dengan sisi agak beda dikit lach hehehe… Mio M3 125 sekarang sudah tidak mengandalkan lagi tenologi YMJET FI namun kini berganti dengan blue core yang merupakan gabungan teknologi dari motor matic sebelumnya sehingga menghasilkan motor yang efisien, handal dan bertenaga.
Saya akan bedah teknologi yang ada di MIO M3 125, kali ini saya akan bahas sistem pengisian ke aki. Mio M3 menganut sistem pengisian 1 Phase terbuka sebenarnya sama dengan Mio j yang lama namun untuk  Mio M3 125 besaran out put-nya lebih besar dari mio Mio j yaitu sebesar 14,0v, 150w@5000 rpm dibandingkan dengan Mio j cuma 125w@5000 rpm ( lihat tabel dibawah). Stator Mio 3 memiliki 12 kutub sedangkan di magnetnya ada 11 pitch, bisa menghasilkan daya out put yang besar dan stabil untuk kebutuhan kelistrikan fi, battery, lampu dll.

MIO M33
Pengisian alias setrum aki memakai sistem pengisian 1 phase terbuka, cara kerjanya ketika motor dihidupkan maka stator akan akan menghasikan tegangan listrik yang tinggi ber arus AC, tegangan listrik ini akan di salurkan ke rectifier & regulator alias kiprok untuk dirubah menjadi arus DC untuk di salurkan ke aki, nach pada saat sistem penyetruman ke aki berlangsung arus terus berjalan sampai mengisi penuh ke aki, jika pengisian alias penyetruman ke aki sudah penuh maka pengisian akan terhenti, inilah sistem kerja pengisian 1 phase terbuka dimana setrum aki akan berhenti jika aki sudah penuh sehingga kinerja stator bisa lebih ringan sehingga mengurangi beban mesin karena generator berhenti mensuplai arus listrik. Beda dengan sistem pengisian 1 phase tertutup seperti di Mio lama atau mio sporty jika pengisian ke aki sudah penuh maka sistem charging tetap berjalan arusnya dibuang ke massa sehingga generator ( strtor dan magnet) tetap bekerja terus.
MIO M32
Selain itu Mio M3 125 juga sudah dilengkapi dengan kapasitor bank letaknya jadi satu dengan kiprok jadi motor akan tetap hidup meski aki dalam kondisi soak bahkan tanpai aki motor juga tetap bisa hidup. Tapi kapasitor bank ini hanya sebagai cadangan saja loch… jika aki sudah soak ya secepatnya diganti karena jika suplay arus ke siatem injeksi tidak stabil akan mengakibatkan kinerja sistem injeksi tidak bekerja maksimal. Nach untuk membuktikan Mio M3 125 bisa hidup tanpa aki

Kompresi Tinggi Tembus 60 km/liter lebih dingin 21 November 2014

Posted by ipanase in bbm, info otomotif, injeksi, motor matic, opini, otomotif, pertamax7, pertamax7.com, skutik, yamaha, YZF-R15, YZF-R25.
Tags: , , , , ,
trackback

pertamax7.com, mau bahas ini berhari-hari lalu keluapaan, yuk bedah mesin blue core yamaha 125 cc air cooled…..
Blue Core Engine Scooter 125 cc Yamaha 1
setidaknya ada 4 kelebihan yang ditawarkan yamaha pada mesin blue corenya yakni
1. irit bahan bakar ( 60 km/liter )
2. efisien dengan kompresi besar
3. lebih dingin
4. lebih bertenaga..
yuk dibahas…
yamaha Mio M3 125 Blue Core Engine explanation 9
teknologi terbaru yamaha ini menganut tagline smart technology for smart life yang mengedukasi penggunanya agar menggunakan teknologi pintar untuk kehidupan pintar..

blue core engine memaksimalkan port in dan out

yamaha Mio M3 125 Blue Core Engine explanation 0
tujuannya supaya campuran bahan bakar dan udara lebih lancar, sementara untuk out supaya buang juga lebih lancar.. hal ini menbuat mesi efisien..

kompresi besar

yamaha Mio M3 125 Blue Core Engine explanation 1
yamaha blue core engine 125 menggunakan kompresi yang besar untuk kelas matic yakni 11:1 , pertamax only ( minimal ron 92 ) hal ini bertujuan supaya pembakaran optimal, tenaga optimal, lantas jika pake premium ron 88? tidak seoptimal rom 92…

tenaga kuda lebih besar

yamaha Mio M3 125 Blue Core Engine explanation 2
tentu dengan kubikasi 125 cc, tenaga yang dikail si blue core akan lebih tinggi ketimbang matic yamaha sebelumnya yang cuma 115 cc ( tepatnya 113 an )

bensin lebih irit

yamaha Mio M3 125 Blue Core Engine explanation 3
cc lebih besar bukannya tambah boros? belum tentu, dengam kubikasi 125 cc yamaha mengklaim si blue core tembus 60 km/liter ( menggunakan high octane ) .. lebih irit juga dengan blue core technology

lebih dinginyamaha Mio M3 125 Blue Core Engine explanation 4

meisn jadi lebih dingin dengan blue core technlogi karena mengunakan kipas berbaling-baling banyak…
yamaha Mio M3 125 Blue Core Engine explanation 5
sudutnya juga telah dihitung supaya angin yang masuk meniup kisi-kisi mesin lebih banyk, lebih deras, mesin lebih dingin.. hal ini didukung dengan piranti lain yakni oil injector ( kalau nggak salah sebut ) guna menyemprotkan oli mesin ke piston saat bekerja
yamaha Mio M3 125 Blue Core Engine explanation 6
tak hanya oli, juga yamaha blue core engine mengunakan Offset Crankshaft untuk mengurangi friksi aka gesekan Piston dengan Liner / boring..
dengan teknologi diatas, yamaha Mio M3 125 blue core engine bakalan wah nih…
yamaha Mio M3 125 Blue Core Engine explanation 8
nih videonya..
pertanyaannya…
Sosialisasi Blue Core Inovasi Terbaru Yamaha di event Final Yamaha Cup Race 2014
60 Km/liter 50%  lebih irit dari versi lama ( mio J 113 mungkin ), lantas mio J 113 tembus berapa km/liter?

27 komentar:

  1. Kekurangannnya dari segi desain sayap (tebeng) yang runcing ke belakang. Beberapa kali membentur tulang kering.

    BalasHapus
  2. Kekurangannnya dari segi desain sayap (tebeng) yang runcing ke belakang. Beberapa kali membentur tulang kering.

    BalasHapus
  3. Ban kecil ,coba blk 90/90 fpn 80/90
    Makin laku tuh motor.terus m3 ada varian racing,comuter dan touring...mantap

    BalasHapus
  4. Setelah ditanyakan ke Customer Service Yamaha, jawabannya enteng sekali, design sayap seperti itu untuk aerodinamis yang lebih baik (GLEK !!!). Coba pikir, demi penampilan dan aerodinamis sebuah motor, designer berani mengorbankan kenyamanan pemakai. Fakta lain ruang pijak menjadi lebih sempit karena ulah sayap tersebut. Bawa barang di depan? Jangan mimpi bawa koper, gakan muat, kantong kresek saja.

    Mesin? digeber bagaimanapun motor gres ini ga mau nyampe 100 km/jam. Ada apa dgn blue core??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabel body mio m3 sama nya sma apah yah.

      Hapus
    2. Kabel body mio m3 sama nya sma apah yah.

      Hapus
    3. Motor lu ga nyampe 120km saat top speed . jalanan daerah rumah lu jelek kali :v mio m3 gua nyampe 120 hahaha :v
      Kaki lu aja kegedean, siapa juga yg naek motor mau bawa koper ketololan :v

      Hapus
    4. Hahaha... Kata siapa g nyampe 100km/jam .. kalo lu mau bawa koper pake truk ajah...hahaha

      Hapus
  5. Maw ikutan mengulas tentang Mio M3 Blue Core
    Dari awal Saya tertarik untuk membeli Mio M3 Blue Core karena keiritannya.Mulai awal pemakaian juga selalu pake RON 92(Recomended), tp kenyataannya gk sampe 60 Km/Liter seperti yang diiklankan, paling sering kena di angka 42 ato 44 Km/Liter, Speedometer rata rata di angka 50-60 Km/Jam.
    Gimana tuh ...kok gak real. Dapat 60Km/Liter dari mana ea ?

    Dari segi pemakaian saya rasa kurang nyaman dengan kondisi ban yang kekecilan,terutama untuk ban Belakang 80/90-14 dipake jalan Speed 80Km/jam motor seakan mau terbang,setelah ban belakang saya ganti(di KM 2.100) dengan ukuran 90/80-14 baru motor terasa balance.(Masukan:Lebih baik Lagi kalo Ban depan & belakang mengunakan ban jenis Tubeless) pastinya lebih mantap.

    Dari segi bagasi , bagasi utama Lumayan Lega , tapi coba tengok bagasi depan(cantolan) di bawah kemudi,lentur sekali.Untuk beban dibatasi Max 1 kg.Tapi untuk bawa gula 1 Kg aja uda keliatan maw lepas/patah......??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cantolan lemes banget

      Hapus
  6. 1 Konsumsi pemakaian bbm Vs Jarak harus sama kondisinya bro. Faktor yang harus sama adalah 1 berat pengemudi. 2 kondisi jalan turunan tanjakan lurus dll. 3 cara bawa motor.

    2 Biasanya atmp menggunakan spek segitu menyesuaikan kebanyakan kondisi di indonesia. mungkin juga dirasa kurang pas di pemakai beda berat badan, kondisi jalan n cara bawa motor

    3 Mungkin sama seperti no 2 tadi spek rata2 jarang dipake buat berat kalie. bisa juga klo terlalu berat bisa mengganggu aerodinamis kemudi he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali
      Itu yg bawa koper orang kaya nih kali ya :v apa teroris bawa bom :v
      Mio m3 gua kalo sendiri kebut full bisa nyampe 120+ :v pas mau ampe 125 goyang" , mio m3 gua tetep irit 1 liter bisa 55an

      Hapus
    2. Sama bro, si pinky gw(mio m3 125), tembus 120 km/h,tu katanya yang gak bisa bawa koper, lah lu goblok apa tolol, koper segede gaban ya mana bisa bawa pake motor tolol

      Hapus
  7. Punya gwe pke dag 1th,masih tembus 115km berdua sm bini,oli pke yg supermatik sm bensin g pernah putus dr petalite sm pertamax,service perawatan g pernah telat

    BalasHapus
  8. Misi numpang koment juga,
    Ini pengalaman pahit saya pake mio m3. Sewaktu saya mencoba motor saya nyampek 125CC atau nggak...
    Speedometer-nya menunjukkan ke-110, dan pada saat itu pula ada jalan yang sedikit menjulang, motor saya terbang dan hampir mencium mobil avanza milik tetangga.
    Bukan berniat mengungkap kejelekan dari mio m3 agar tidak laku akan tetapi alangkah lebih baiknya jika hasil sewaktu di test itu di ungkapkan dengan sebagaimana kebenarannya.

    BalasHapus
  9. Yg kritik biasanya cuma katanya, dan mungkin kompetitor yg iri, atau para haters, punya ane aj test drive tembus 125km/h.. pokoknya yamaha semakin didepan deh

    BalasHapus
  10. Ane mao review ahh
    Ane make mio m3 baru turun dealer selang satu minggu ane bawa kepuncak (make plat palsu, itung2 inreyen) dari raden inten - rindu alam. Total 35rb bensin premium buat PP total keseluruhan jarak 81km x2= 162km. Jadi perbandingan hanya 30:1 (arti= 1Liter=30km) ngebawa rata rata 80kpj on speedo.

    Irit tidak ya? Diiklan 60:1? Masa sih? Menurut ane ya bener kalo emang dipanteng kalo sensor eco nyala, ane ngerasain iritnya kalo sensor eco nyala , ane pantengin dri jln dermaga raya- monas(patung kuda) isi bensin 10rb ga turun segaris.
    Thanks yg udah baca reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener gan ,trgntung ECO , klo ECO nyala y pasti irit bngt , y klo bawa ngebut y boros atuh ,

      Hapus
    2. Irit lah, ente kan bawanya ngebut 80 km sedangkan batasan lampu ECO di 60 km

      Hapus
  11. ada yang tau arus maksimal yang di hasilkan oleh spull mio berapa??

    BalasHapus
  12. Tiap kendaraan pasti ada kurang lebihnya.....semua tergantung pemakai ..kiranya nyaman pakai kendaraan apa model apa....itu tergantung asumsi dr kenyamanan mereka....jd usah dibikin repot..motormu motormu nikamat kau pakai kau juga yg rasakan...hanya saling curhat saja jd bila individu lain bilang motor ini itu tidak nyamana dll itu juga hak mereka karena dia yg merasakan.....mau dibela tau dihina produk motor ini itu toh kalian juga beli...yg untung kn mereka bukan kita....jd pakai saja kendaraan yg kita punya selagi masih bermanfaat....

    BalasHapus
  13. Tiap kendaraan pasti ada kurang lebihnya.....semua tergantung pemakai ..kiranya nyaman pakai kendaraan apa model apa....itu tergantung asumsi dr kenyamanan mereka....jd usah dibikin repot..motormu motormu nikamat kau pakai kau juga yg rasakan...hanya saling curhat saja jd bila individu lain bilang motor ini itu tidak nyamana dll itu juga hak mereka karena dia yg merasakan.....mau dibela tau dihina produk motor ini itu toh kalian juga beli...yg untung kn mereka bukan kita....jd pakai saja kendaraan yg kita punya selagi masih bermanfaat....

    BalasHapus
  14. Mas. Apa semua Yamaha seri blue core, kelistrikan nya sudah semi DC atau full DC? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya untuk lampu belakang full DC, depan semi DC..

      Hapus
  15. Ikutan doonk ngerumpi.
    aku sudah pkai mio m3 4 th.nyaman nyaman aja ngak mikirin soal gituan .yg aku pikirin gimana isi pul bbm tiap mingunya heeee

    BalasHapus
  16. pemakaian bahan bakar sampai 60km/liter bisa dicapai dengan menggunakan motor tetap di eco mode, kalo makainya ngebut2 sudah pasti lebih boros, tidak perlu melebih2kan top speed motor ini pada kondisi standart sampai 105km/jam, yanh bilang bisa tembus 120km/jam dengan mesin standar(tidak boreup) silahkan di buktikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk ngerakit bagian cvt kemungkinan tembus mas, soalnya ane main bagian cvt tembus 122km/jam
      Entah kalo di bore up terus main pengapian mungkin lebih enak

      Hapus