1. Knalpot
Nembak
Knalpot nembak
merupakan masalah pertama yang sering dialami oleh motor matik, termasuk juga
Honda BeAT. Permasalahan knalpot nembak
pada Honda BeAT terjadi karena system pemasokan udaranya yang terganggu
karena kotor maupun setelan karburatornya yang kurang pas.
Jika dinilai keduanya
sudah benar, maka masalah ada pada komponen yang bernama SASS (Secobdary Air Supply System). SASS sendiri adalah komponen
yang berfungsi menyalurkan gas bersih ke aliran sisa gas buang agar lebih ramah
lingkungan. Untuk mengatasi masalah tersebut cukup sumbat selang berwarna hitam
yang berasal dari silinder head menuju ke SASS. Bingung mencari sesuatu yang
digunakan untuk menyumbatnya? Cukup menggunakan busi bekas saja gan…:D
biker penyemplak Honda BeAT, sering merasa dongkol ketika riding dan mendengar tembakan. Tapi, bukan suara tembakan antara Korea Selatan dan Korea Utara yang sempat booming.
Tapi, suara tembakan ini berasal dari knalpot Honda BeAT miliknya. “Suaranya enggak begitu nyaring sih, seperti cas cis cus gitu deh,” kata Hariman.
Banyak indikasi yang bisa menyebabkan hal itu. Seperti setelan angin di karburator kurang pas, busi yang tidak sehat dan lain-lain. Tapi, saat dicek, semua bagian ini masih terbilang bagus.
Nah loh, darimana donk? “Padahal saya ke bengkel ingin hilangkan suara nembak tadi. Tapi, setelah ke bengkel masih tetep saja nembak,” paparnya.
Akhirnya, Hariman dirujuk oleh temannya ke bengkel Simbah Jaya Motor (SJM) di Jl. Cigalendah Karamatmulya, Kuningan, Jawa Barat. Saat dilakukan pengecekan.
“Masalah nembak ini berasal dari SASS atau Secondary Air Supply System yang sudah mulai rusak,” papar Ismail, mekanik yang tenar dipanggil Mbah Mail dan bukan saudara Mbah Marijan.
Simplenya, SASS berfungsi menginjeksi udara bersih ke aliran sisa gas buang, agar karbondioksida-nya tidak terlalu pekat. Bila SASS sudah mulai rusak, akhirnya flow udara terganggu dan akibatkan suara seperti tembakan.
“Untuk atasi gejala ini, sumbat selang berwarna hitam dari silinder head menuju ke rumah SASS pakai busi. Suara tembakan dijamin hilang,” aku Mbah Mail.
biker penyemplak Honda BeAT, sering merasa dongkol ketika riding dan mendengar tembakan. Tapi, bukan suara tembakan antara Korea Selatan dan Korea Utara yang sempat booming.
Tapi, suara tembakan ini berasal dari knalpot Honda BeAT miliknya. “Suaranya enggak begitu nyaring sih, seperti cas cis cus gitu deh,” kata Hariman.
Banyak indikasi yang bisa menyebabkan hal itu. Seperti setelan angin di karburator kurang pas, busi yang tidak sehat dan lain-lain. Tapi, saat dicek, semua bagian ini masih terbilang bagus.
Nah loh, darimana donk? “Padahal saya ke bengkel ingin hilangkan suara nembak tadi. Tapi, setelah ke bengkel masih tetep saja nembak,” paparnya.
Akhirnya, Hariman dirujuk oleh temannya ke bengkel Simbah Jaya Motor (SJM) di Jl. Cigalendah Karamatmulya, Kuningan, Jawa Barat. Saat dilakukan pengecekan.
“Masalah nembak ini berasal dari SASS atau Secondary Air Supply System yang sudah mulai rusak,” papar Ismail, mekanik yang tenar dipanggil Mbah Mail dan bukan saudara Mbah Marijan.
Simplenya, SASS berfungsi menginjeksi udara bersih ke aliran sisa gas buang, agar karbondioksida-nya tidak terlalu pekat. Bila SASS sudah mulai rusak, akhirnya flow udara terganggu dan akibatkan suara seperti tembakan.
“Untuk atasi gejala ini, sumbat selang berwarna hitam dari silinder head menuju ke rumah SASS pakai busi. Suara tembakan dijamin hilang,” aku Mbah Mail.
2. Tarikan
Awal Mbrebet / Tersendat
Hal ini merupakan
pengalaman pribadi ane. Ya, walaupun ane gak punya Honda BeAT namun ane sering
mengendarai Honda BeAT punya Pakde ane. Permasalahan yang terjadi adalah ketika
berakselerasi di putaran rendah, motor terasa mbrebet atau seperti kekurangan
suplay bensin. Awalnya ane mengira terjadi karena setelan karburatornya yang
kurang pas. Setelah ane setel ulang berkali-kali ternyata kok masih sama dan
belum ada perubahan yang berarti.
karet karburator diagfragma atau karburator vakum |
Setelah cek dan cek ke
dalam bagian karburatornya, owalah ternyata karetnya sudah tidak lentur dan
sudah mulai mengeras. Karet vakum yang sudah mengeras menyebabkan suplay bahan
bakarnya kurang maksimal, sehingga terjadi mbrebet. Solusi satu-satunya adalah
dengan mengganti karet vakumnya. Disarankan untuk membeli yang original yang
gan. Namun jika anda merupakan orang yang kurang puas, anda dapat mengganti
karburator vakum Honda BeAT dengan karburator konvensional, misalnya Keihin
PE24… hehehehe…
3. Busi
Sering Mati
Bagi yang sering
berkunjung ke blog ane ini pasti tidak asing dengan artikel mengenai Suara Ngorok Berisik pada Honda Vario 125.
Ya, di artikel tersebut banyak sharing yang membahas tentang cara mengatasi busi Vario 125 yang sering mati... hehehe… Kalau hal tersebut sering terjadi pada Honda BeAT anda,
kemungkinan masalah terjadi pada setelan karburatornya yang kurang pas karena.
Biasanya setelan karburatornya terlalu irit. Cara mengatasinya sudah pasti
setel ulang karburator Honda BeAT anda dengan setelan yang pas, tapi sebelumnya
coba bersihkan dulu ya gan…:)
Setelah membaca
ketiga masalah tersebut, setidaknya anda dapat membuat kesimpulan sendiri. Intinya
semua kendaraan bermotor pastinya membutuhkan perawatan berkala. Ketiga masalah
di atas boleh dikatakan merupakan masalah yang sering di alami oleh para
pengguna Honda BeAT. Semoga artikel tentang Cara Mengatasi Masalah pada Honda BeAT ini dapat memberikan
pencerahan bagi para pemilik motor Honda BeAT… O ya jangan lupa pencet tombol
like dan beri komentarnya ya gan…:)
(motorplus-online.com)
(motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar