"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Rantai INDOPART

KOMPARASI PRODUK 

 

 

Komparasi Rantai - Diuji Tarik

Rugi deh kalau nggak baca tulisan ini. MOTOR Plus Membuktikan nggak selamanya harga bicara. Mau bukti? Tengok perbandingan rantai yang diuji di laboratorium Destructive Test (DT), Center For Materials Processing And Failure Analisys, Jurusan Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.
Ditest enam merek rantai. NCN, Speed, Indopart, Aspira, Honda Geniune Part, Yamaha Genuine Part, dan Kawasaki Genuine Parts. NCN, Speed, dan Indopart dijual dikisaran harga nggak lebih dari Rp. 30.000. Rantai yang direkomendasi pabrikan lebih dari 40.000.
Pengujian di DT buat melacak kekuatan rantai yang ditarik. Tentu menggunakan uji tarik. Semakin cepat putus berarti rantai nggak tahan beban. Artinya rantai gampang mulur dan nggak tahan lama.
"Standar internasional pengujian rantai di 2000 kg. Benda yang di test pasif. Umpama di motor saat tarikan mesin," ungkap Nuddin S. Instruktur laboratorium DT.
Nuddin jelasin puncak kekuatan rantai di sekitar 2.000 kg. Secara umum rantai akan putus. Tapi, rantai yang memenuhi syarat putusnya dibagian pelat. "Kalau putus pada sambungan atau pin berarti sistem produksinya nggak bagus, "beber warga Depok ini.



ALAT UJI
Dalam menguji tarik kekuatan rantai harus menggunakan alat ukur presisi. Alat yang dipakai Servopulser buatan Shimadzu Jepang. Kapasitas kekuatan sampai dengan 20 ton. Sepuluh kali lipat kekuatan rantai.
Alat ini dapat digunakan untuk menguji empat mam tes. Uji tarik, tekan, relaksasi dan fatigue atau kelelahan. Untuk uji tarik. Sesuai dengan waktu yang ada.

METODE PENGUJIAN
Sampel rantai yang diambil acak dari toko di Kebon Jeruk III, Kota, Jakarta Barat. Juga sebagian didapat dari daerah Depok. Dicari yang benar-benar asli dan tidak palsu. Sehingga didapat hasil valid.
Tiap merek rantai yang diuji tarik, dibagi dua tahap. Pertama, bagian yang utuh tanpa sambungan. Tahap kedua, bagian yang ada sambungan. Posisi sambungan tepat ditengah. Bagian yang ditarik hanya 5 mata.
Pengujian pertama dites yang tanpa sambungan. Dipasang mesin servo pulser. Setelah patah akan didapat angka kekuatannya. Bahkan grafiknya bisa dilihat dihasil printer.
Pengujian kedua yaitu rantai yang ada sambungan. Posisi sambungan pas di tengah. Kalau lima mata yang ditarik, berarti posisi sambungan di nomor 3.

HASIL TEST KEKUATAN RANTAI 428



NCN = 1.720 kg putus di pen (gak lulus)

FSCM = 1.860 kg putus di pelat

AHM = 1.900 kg putus di pelat

YGP = 1.920 kg putus di pelat

KGP = 1.960 kg putus di pelat

Aspira = 1.960 kg putus di pelat

Speed= 2.000 kg putus di pelat

Indopart= 2.090 kg putus di pelat




NCN = 1.760 kg putus di sambungan

FSCM = 1.860 kg putus di pelat

Aspira = 1.870kg putus di pelat bagian sambungan

AHM = 1.900 kg putus di pelat

YGP = 1.920 kg putus di pelat

KGP = 1.960 kg putus di pelat

Speed= 1.980 kg putus di pelat



Indopart= 2.040 kg putus di pelat
Kesimpulan:
1. Rantai yang putus di pen berarti enggak lulus. Rantai yang memenuhi syarat putus pelat.
2. Rantai yang paling kuat yatu buatan indopart.


Sumber : http://indoparts-online.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar