- Porting Tambal Hi- Velocity Porting
- Datang
juga kesempatan bagi kita untuk menambah ilmu. Ketika seorang sahabat
merekomendasikan kepada temannya tentang bengel kami, ternyata dia
tertarik untuk melakukan port-polished pada mesin motornya. Namun, kali
ini tidak seperti porting Graham Bell, atau kebanyakan porting pada
umumnya. Desain lubang pemasukan bahan-bakar kali ini diolah menganut
paham Motoman tentang hi-velocity porting, karena kebetulan lubang
porting motor kawan kita ini mirip dan memungkinkan untuk diaplikasi.
Yamaha
Vixion adalah motorsport Injeksi pertama di Indonesia, dan bisa
dibilang ini adalah motor paling kereeeennn yang pernah ada
Konfigurasi empat klep untuk melayani satu silinder dan posisi busi
centered adalah desain mesin dengan efisiensi volumetris ideal.
Beettzzz.. kita kebet lagi kitab Hi-Velocity Porting ala MotoTune USA,
nah to… mirip. Satu lubang porting melayani dua buah klep, Mangstab!
Sebenernya dulu pernah kita paksakan dipraktekin pada Jupiter Z, kita
sih melakukannya nothing to loose alias coba-coba aja, eh ternyata atas
ijin Allah SWT bisa nembus 19 DK padahal portingnya kita persempit,
heran juga sih.
- PORTING KASAR + TAMBAL ARALDITE
Ok,
kembali ke modifikasi mesin ringan untuk motor Yamaha Vixion kawan
kita satu ini. Kita bongkar habis mesin vixion ini, kita pereteli
satu-persatu komponennya, radiator dan sistem injeksi kita simpan. Kita
buka cylinder headnya… Waladahlah… Kok portingnya masuk berjelaga
hitam, wah kompresinya bocor ini, klep inlet sudah tidak optimal dalam
menyekat kompresi. Hmmm… Piston juga sudah berkerak seperti satu abad
tidak pernah dibongkar ni mesin. Wkwkwkwkwk
- Porting baru… BLACK PORTING hehehehe
- Cylinder Head Black Series Hekekekkeke :p
Baiklah, kita kuras tangki yuk…
Permisi mas kita minta bensinnya ya buat bersihin mesin.. Gpp kan :p
Weh,, ternyata pertamax isine… ra popo tambah resik mengko.. Walah baru
diambil sebotol kok tumpes… heheheh. Sorry ya mas, bensin sampean ini
termasuk kehilangan di bengkel, begitu juga tarikan lemot, top speed
kurang, biarlah jadi kehilangan di bengkel juga, sehingga ketika keluar
bengkel motor jadi maknyuss..
- RAT MOTORSPORT CYLINDER HEAD PORTING
Kemudian
kita lakukan inspeksi menyeluruh, dan melakukan basic ported-polished
head. Kita bentuk diameter porting luar dan disamping bushing klep
sesuai velocity di 9.000 RPM. Sekat pemisah kita tipiskan seperti
kampak. Di tengah area porting kita bentuk ulang sehingga tidak lagi
membulat melainkan ouval. Setelah itu finishing kita kasarin dengan
grit alias kertas ampelas kasar. Seettt… lhoalah, lem nya yang buat
nambal porting mana!? Glodhag.. lupa belum beli ternyata. Cklek nyalain
laptop buat ngecek merk lemnya aku lupa. Walahdalah lem epoxy merk JB
WELD yang dipakai oleh motoman harganya ratusan ribu bok.. belum lama
pengiriman ke Indonesia, halah-halah… Jadi ga cocok ama prinsip kita
dong, modifikasi murah meriah kencang
Akhirnya,
timbangane kesuwen
kita starter Vespa perjuangan ku tersayang bruuummm… zuuunngg… gas
polll…!! Setelah muter-muter akhirnya nemu juga lem epoxy yang lumayan
bisa dipakai buat nambal porting, merknya Araldite, meski bukan sponsor
tetep kita sebutin merk-nya supaya kalian bisa beli juga kalo mau
ketularan gila coba-coba bikin hi-velocity porting
- Kembali ke masa kanak-kanak
Kita
komposisikan araldite sebagai penambal ruang porting dengan
perbandingan epoxy 1 : 1 terhadap resin. Sebelumnya area seating klep
kita lindungi dengan Malam, mainan anak-anak jaman TK itu lo… mosok ga
ngerti rek. Kita ketawa melihat tingkah kita sendiri, Ya Allah, dulu
waktu kecil pengennya cepet dewasa, sekarang udah tua malah mainan malam
kayak anak-anak… Katrok katrok.. Wkwkwkw…
Proses selanjutnya
lalu kita tuangkan epoxy ke dalam area porting. Surrr… Surr… Surr… Kita
ratakan. Bentuk yang tebal sekalian guys, kan nanti masih diporting
lagi. Karena menurut motoman ideal tinggi tambalan adalah 25 – 30 %
dari tinggi porting sebelum bos klep. Ribet ya prosesnya.. Heehehe… gpp
asyik aja. Akhirnya kita nyalakan dulu sebatang rokok, 2 batang, 3
batang… kok lem nya belum kering-kering?! Halah… Ditinggal tidur aja
dulu besok baru diporting.
- Lem araldite tumpah ruah
Tak
liat-liat fotoku kok gak kayak web nya Motoman ya, wkwkwkw… Ah gpp,
mungkin dia nyewa foto studio dan pakai kamera SLR yang canggih ini,
lha sedangkan ini kamera Hp Samsung katrok seadanya, kalo beli yang
mahal takutnya tar kebanting-banting, kesiram bensin, sayang kan…
Wkkwkwkw..
Lanjut, sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan
korek harian motor MX ataupun Vixion. Salah satu kunci penentu juga
adalah Bore Up. Yap, Yamaha Vixion dan Jupiter MX yang kita bore Up
hingga 165 cc pun tetap menganut Hi-Velocity porting. Kemudian apakah
relevan dengan kapasitas yang sudah membengkak, porting justru
dikecilkan? Kita tidak bisa menjawab dengan teori kali ini, namun
menurut pengalaman bahkan bore up yang lebih dari 50 % dan lubang
porting kita persempit memiliki putaran atas yang lebih garang. Don’t
know why…
- PAKET BORE UP YAMAHA VIXION / JUPITER MX 165 CC TINGGAL LEEBBB
Dikombinasi
dengan camshaft racing juga bisa, tapi jangan lupa coakan klep agak
diperdalam untuk mencegah klep berciuman mesra dengan piston. Akibatnya
bisa mrotoli dewe-dewe mesinnya tar hehehe..
- Piston Vixion Custom
Kukuurruuyuukkk…
Dongeng sudah berganti hari, maka hari ini kita melakukan head
porting. Bongkar dus bor tuner FOREDOM USA nih buat nge tune. Btw, kok
dongeng kali ini kita banyak menyebut USA.. USA.. terus ya. Wah nanti
kalian mengira kita NeoLiberalisme, Hehhehehe… Tidak kita adalah orang
SBY yang demokratis dan berbudi :p halah kampanye.
Zuuunngggg…
bor tuner menyala kencang, dengan lembut kita sapu permukaan tambalan
porting sehingga terukur kenaikan lantai porting 30 % dari standardnya,
dibentuk landai pada bibir porting, dan menukik tajam ke lubang klep
mengisyaratkan udara akan mengalir deras ke dalam silinder.
- R.A.T Motorsport HEAD WORK
- R.A.T motorsport Exhaust Porting
- R.A.T motorsport Hi-Velocity Porting
Well,
akhirnya purna juga tugas kita. Sekarang waktunya merakit motor. Sudah
dikejar garis mati nih, kalo ga dibayar nanti bisa gawat hehehehehe…
Dan disini kita berbagi untuk kalian semua. Selamat menikmati.
Tetap Sehat, Tetap Semangat! Biar bisa modifikasi mesin tiap hari.
- RED DEVIL VIXION
- YAMAHA VIXION IN ACTION
- post by : R.A.T motorsport
Tidak ada komentar:
Posting Komentar