"WHY45 MOTOR" MENERIMA : Ganti Oli - - Service Rutin - Service CVT - Service Full Injeksi - Turun Mesin - Diagnosa Injeksi - Kalibrasi Injeksi - Reset Injeksi - Modifikasi Dll. MEYEDIAKAN : Spare Part Genuine - Spare Part Lokal - Spare Part Racing - Assesories

Bedah teknologi V Ixion Pertama

Membedah teknologi Yamaha Vixion 

(part. 1) – Mesin Vixion



Yap, Mesin Vixion (FZ150i), R125 atau M/C 125 (Motorhispania MH7) diriset dan dibuat oleh Yamaha Indonesia, fakta ini terkuak sewaktu Juragan Bladeus mewawancarai Bapak Abidin, Manager Technical Support Division YMKI. Di acara Yamaha Couching Clinic with Detikoto di kantor redaksi Detik.

Acara yang dihadiri oleh Blogger, Komunitas Biker Yamaha dan pengunjung Detik.com ini membahas teknologi injeksi yang diaplikasikan oleh Yamaha Vixion. Mulai dari sejarah teknologi injeksi, perawatan motor injeksi, sampai perkenalan alat-alat untuk membersihkan/mensetting Injeksi. Beberapa pertanyaan dilontarkan oleh para bloggers dan anggota komunitas biker Yamaha.
Acara ini sangat menarik, karena bisa menambah pengetahuan masyarakat tentang teknologi injeksi yang diaplikasikan ke motor Yamaha Vixion. Bagaimana perawatan Yamaha Vixion dan masalah-masalah apa yang pernah dialami oleh pengguna Motor Vixion? tunggu artikel berikutnya :)

Membedah teknologi Yamaha Vixion 

(part. 2) – Prinsip Dasar Fuel Injection


1. MAQS (Module Air Quantity Sensor)

MAQS terdiri dari 3 sensor :
IAPS (Intake Air Pressure Sensor)
  • Bertugas mendeteksi tekanan disepanjang lubang masuk (Intake)
  • Bersama sensor yang lain, menentukan posisi TMA (Titik Mati Atas)
IATS (Intake Air Temperature Sensor)
  • Bertugas mendeteksi suhu udara yang masuk kedalam ruang bakar untuk mengatur densitas udara
TPS (Throttle Position Sensor)
  • Bertugas untuk mendeteksi suhu udara yang masuk ke ruang bakar
2. Crank Angle Sensor

adalah sebuah sensor yang mempunyai sebuah pick-up coil dan pick-up rotor yang berfungsi sebagai :
  • Mendeteksi posisi sudut crankshaft, dan juga posisi TMA (Titik Mati Atas) saat mesin baru saja dinyalakan
  • Mendeteksi putaran mesin
  • Menghasilkan energi listrik

3. Coolant Temperature Sensor

adalah sebuah sensor yang bertugas untuk mengukur suhu air coolant, input dari sensor ini berfungsi sebagai input ke ECU untuk
  • Menyalakan signal “hot” di panel speedometer
  • Menyalakan Fan Radiator
4. Lean Angle Sensor

Adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mematikan mesin pada saat motor dalam kondisi kemiringan 65 derajat
5. Injector

Berfungsi mensuplai bahan bakar dengan tekanan tinggi (guna pengabutan yang baik) ke ruang bakar sesuai dengan kebutuhan mesin.
Volume bahan bakar yang disuplai oleh Injector ditentukan oleh ECU yang sebelumnya telah menerima informasi kondisi mesin dari sensor.

Volume bahan bakar yang disemprotkan oleh Injector tergantung dari
  • Injection Duration
Lamanya waktu injection atau lamanya gate injection terbuka
  • Fuel Pressure
Tekanan bahan bakar dari fuel tank – fuel hose – dan kemudian injection
6. Ignition Coil

Berfungsi menghasilkan arus tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk menyalakan percikan api dari busi.
Ignition system yang dianut pada motor Vixion adalah TCI System (Transistorized Coil ignition)
Ignition Coil terdiri dari 3 bagian
  • Inti Besi
Biasanya terdiri dari 10 lembar besi
  • Primary Coil
Terdiri dari kawat tembaga dengan diameter 0,5 – 1 mm yang melilit diatas secondary coil sebanyak ratusan lilitan
  • Secondary Coil
Terdiri dari kawat tembaga dengan diameter 0,1 mm yan melilit sebanyak kurang lebih 10.000 lilitan
7. Fuel Pump

Secara umum, fungsi fuel pump ada dua :
  • Mensuplai bahan bakar dari fuel tank ke injector
  • Menjaga tekanan bahan bakar yang disuplai agar sesuai dengan yang dipersyaratkan

3CI fuel pump terdiri dari 3 bagian
  1. DC Motor
  2. Pressure Regulator
  3. Sender Unit
8. FID (Fast Idle Selenoid)

Aktuator yang berfungsi meningkatkan RPM mesin saat temperature mesin masih dalam keadaan dingin
fungsi FID pada FI sistem, hampir sama dengan fungsi Choke pada motor yang menganut carburetor sistem

9. Fan

Fungsi utama fan adalah membantu pelepasan panas pada fin radiator saat mesin mencapai temperatur tertentu
Kerja dari fan diatur oleh ECU


Membedah teknologi Yamaha Vixion 

(part. 3) – Alat-Alat Untuk Menservis Fuel Injection


Menservis kendaraan dengan Fuel Injection Yamaha Vixion memang mudah, tetapi harus dengan alat khusus, apakah alat-alat itu? :
1. Yamaha FI Diagnostic Tool

Alat ini berguna untuk mengecheck kesehatan Fuel Injection, mulai dari voltase accu, sensor-sensor ECU dll, selain itu dari alat ini kita bisa mengetahui sejarah/record dari motor Vixion tersebut, apakah sudah pernah jatuh/tidak. 1 lagi, FI Diag. Tool juga bisa untuk setting CO yang berguna untuk mensetting debit bensin
2. Yamaha Throttle Body Cleaner

Cairan ini berguna untuk membersihkan throttle body Vixion, alat ini hampir sama dengan carburator cleaner, tapi bahan dasar untuk Throttle Body Cleaner harus tidak memiliki dampak negatif terhadap sensor-sensor Fuel Injection System
3. Yamaha Injector Cleaner

Alat ini berguna untuk membersihkan injector yang diameter lubang injector hanya 0,1mm
4. Yamaha Injector Cleaner dan Tester

Alat terbaru dari Yamaha, selain untuk membersihkan Injector, alat ini berguna juga untuk mengetest tekanan & flow bensin yang disemprot injector
Alat-alat ini untuk sementara hanya ada di beberapa bengkel resmi Yamaha, dan secara bertahap akan disebar ke seluruh bengkel-bengkel yamaha diseluruh Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar